Senin, 21 November 2011

Dicari: Peserta Bimbingan Belajar Mozilla dari Indonesia

Mozilla mengundang para inovator bisnis Internet di Indonesia untuk program 'bimbingan belajar', atau mentorship. Mereka membuka pendaftaran bagi ide-ide terbaik yang nantinya dipandu sejumlah mentor dari Mozilla.

Program itu bernama WebFWD (Web Forward), yang diluncurkan secara global oleh Mozilla. Pekan lalu, program ini disebut lagi oleh Diane Bisgeier, program manager WebFWD, yang datang ke acara kopi darat Komunitas Mozilla Indonesia di Jakarta, Selasa (15/11). "Proyek ini berjalan tanpa batasan waktu, kapan pun dan untuk siapa pun," kata dia.

Bagi mereka yang terpilih, perkembangan usahanya akan dipantau oleh mentor-mentor Mozilla selama enam bulan. Mereka juga berkesempatan untuk mengikuti pelatihan selama empat pekan. Sejak diluncurkan Agustus lalu, WebFWD secara global telah menghasilkan lima proyek yang sudah diberikan pelatihan.

Setelah masa pelatihan berakhir, para pengembang bisa melanjutkan usahanya secara komersial. "Selama program mentorship, peserta tidak dikenakan biaya. Mozilla pun tidak mematok syarat seperti kepemilikan usaha. Semua gratis bagi yang punya ide terbaik," kata Benny Chandra, salah satu regional leader Mozilla dari Surabaya.

Bila tertarik, aplikasi bisa diajukan di sini.

Di Indonesia, produk Mozilla yang paling dikenal adalah mesin peramban Firefox. Menurut Community Manager id-Mozilla Viking Karwur, tingkat keterpakaian Firefox hampir mencapai 75 persen pengguna Internet Indonesia. Nah, "Anggota komunitas Mozilla Indonesia adalah semua orang yang memakai browser Mozilla Firefox," kata dia.

Maka itulah, untuk mengurusi komunitas di Indonesia, Viking ditemani sejumlah regional leaders lain. Antara lain, selain Benny di Surabaya, juga ada Irayani Queencyputri untuk Makassar. Keduanya lebih dulu dikenal sebagai blogger yang juga aktif di sejumlah komunitas.

Ke depannya, menurut Viking, id-Mozilla akan mengajak sejumlah petinggi dan ahli dari Mozilla untuk mengunjungi beberapa kampus di Indonesia. Tunggu saja!

Untuk mengikuti aktivitas mereka, kamu bisa mengunjungi situs komunitas id-Mozilla.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya