Selasa, 20 Desember 2011

Sudah Pakai Behel Namun Gigi Tetap Bercelah?

SERAMBINEWS.COM, MAKASSAR - Anda sekarang sedang memakai kawat gigi? Pernahkah Anda merasa, meski telah memakai kawat gigi atau behel namun gigi masih tetap berjarak? Bisa jadi gigi yang berjarak itu diakibatkan karena adanyanya gigi yang terbenam di antara gigi tersebut.
Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (Unhas) yang juga dokter gigi spesialis orthodonti drg Eka Erwansyah MKes SpOrt mengatakan, standar sebelum melakukan perawatan ortodonti  harus dilakukan analisis ronsen foto. Sehingga masalah-masalah yang tidak terlihat langsung di dalam mulut bisa cepat terdeteksi dan menjadi bagian rencana perawatan. Hal ini menghemat waktu perawatan.

"Jadi tidak setelah 2 tahun perawatan trus ada masalah, baru dianalisis," ujarnya di Makassar, Selasa (20/12/2011).

Eka mengatakan, apabila ada gigi yang terbenam maka gigi tersebut mesti dipandu keluar secara normal (secara ortodonti). "Atau bila tidak bisa dipandu maka perlu dicabut saja," ujarnya.

Gigi yang terbenam tersebut apabila dibiarkan dapat memicu terjadi kista. Dan dalam kasus ini sudah pasti gigi terbenam menimbulkan celah antar gigi.

Editor : mufti
Sumber : Tribunnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya