Selasa, 03 Januari 2012

Rokok Sumbang Kemiskinan di Aceh

BANDA ACEH - Rokok ternyata menjadi salah satu penyumbang besar terhadap meningkatnya garis kemiskinan di Aceh. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, Syech Suhaimi, saat menggelar rilis berita resmi bulanan BPS Aceh, Senin (2/1).

Ia mengatakan besar kecilnya jumlah penduduk miskin sangat dipengaruhi oleh Garis Kemiskinan (GK). Selama periode Maret sampai September 2011, GK naik sebesar 5,04 persen, yaitu dari Rp 303.692 per kapita per bulan menjadi Rp 318.987 per kapita per bulan.

“Dengan memperhatikan komponen GK yang terdiri dari GK Makanan dan GK bukan Makanan, peran komoditas makanan lebih besar dibandingkan komoditas bukan makanan. Komoditi yang paling penting agi penduduk miskin adalah beras. Pada September 2011 sumbangan pengeluaran beras terhadap GKM sebesar 33,12 persen di perkotaan dan 36,93 persen di perdesaan,” sebut Syech Suhaimi.

Sedangkan untuk komoditi bukan makanan, biaya pakaian jadi mempunyai peranan yang cukup besar dengan total 28,85 persen di perkotaan dan 28,63 persen di pedesaan. “Komoditi makanan lain yang menyumbangkan GK di Aceh lainnya adalah  ikan tongkol, gula pasir, telur ayam ras, dan cabe merah. Sedang untuk komoditi bukan makanan yaitu pakaian jadi, bensin dan listrik,” sebut Syech.(ami)

Editor : bakri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya