Selasa, 19 Juni 2012

8 Tips Merawat Sapeda Onthel



Sepeda Onthel
PRLM - Kendati sepeda onthel tergolong kendaraan boséh yang berusia uzur, ketangguhannya jangan dipandang sebelah mata. Keberadaannya selama puluhan tahun di jalanan kota adalah salah satu bukti. 

Untuk menjaga agar sapédah baheula tetap nyaman dan berfungsi secara baik, tentu perlu pengorbanan untuk merawatnya. Banyak cara yang bisa dilakukan agar performa kereta angin ini agar tetap dalam kondisi terbaik, di antaranya:
1. Jika sepeda dipakai saat cuaca hujan, sadel berbahan kulit lebih baik dibungkus sementara dengan plastik atau bahan lain yang tidak tembus air. 
2. Sebelum disimpan di garasi, sepeda yang basah karena air hujan cuci dahulu hingga bersih sampai bagian-bagian terkecilnya. Hal ini dilakukan guna menghilangkan kotoran pada bagian tertentu yang mungkin akan menghambat laju sepeda.
3. Setelah dibersihkan, gunakan kain/lap halus untuk mengeringkannya.
4. Teteskan oli/pelumas seperlunya pada bagian-bagian tertentu seperti rantai, gir ataupun as hub guna membantu laju sepeda. Gunakan oli yang kondisinya masih baik dan bagus (bukan bekas). Minyak untuk obras/mesin jahit baik untuk melumasi rantai yang sudah kering atau berkarat. 
5. Mengecek bagian-bagian tertentu akan membantu perawatan yang dilakukan secara rutin. Pengecekan ini dilakukan guna kenyamanan dan keamanan saat bersepeda. Biasanya, yang perlu mendapat perhatian khusus adalah pada bagian mur (terutama mur as hub, rem, dan pedal). Bila dirasa kendor, kencangkan secara perlahan.
6. Untuk sistem rem sepeda yang menggunakan tromol, periksa bagian kanvasnya. Bila sudah tipis sebaiknya diganti dengan kanvas yang kondisinya masih bagus. Jika sepeda Anda memakai sistem rem jepit (brake shoe & pad), periksa sepatu remnya dan pastikan kondisinya tidak tipis, keras, ataupun nampak kedaluwarsa. Sementara untuk sistem rem coaster hub seperti torpedo, periksa lempengan kuningan pada bagian dalam. Bila sudah tipis biasanya saat pengereman toleransinya jadi makin jauh ke arah belakang.
7 Periksa tekanan angin pada ban secara rutin, minimal seminggu sekali. 
8. Jika frame sepeda tua ingin nampak bersih dan berkilau bisa gunakan cara tradisional seperti memolesnya dengan minyak kelapa. Selain itu, bisa juga gunakan minyak mesin obras. Minyak ini dapat melindungi frame tanpa merusak cat. Basahi lap halus dengan minyak obras kemudian gosokkan secara perlahan pada frame.
Hindari bagian transfer merek. Diamkan beberapa saat (antara 5-10 menit) kemudian lap dengan kain kering dan halus. Sepeda Anda akan nampak berkilau. (dok. "PR", 19/2/12)***
 http://www.pikiran-rakyat.com/node/181109

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya