Kamis, 14 Juni 2012

Hebat! Mobil Ini Beneran Bisa Terbang (Pict)

 


Mobil yang bisa terbang cuma ada dalam film saja? Kini tidak lagi.

Saat dipamerkan di New York International Auto Show 2012

Setelah melalui pross pematangan konsep dan perancangan selama 6 tahun, Terrafugia akhirnya menyelesaikan proyek Transition yaitu mobil terbang pertama di dunia. Kendaraan ini telah melalui berbagai pengujian dan berhasil terbang dengan sukses pada Maret lalu.




Terrafugia Transition berhasil uji terbang dengan sangat mulus

Mobil ini bisa dikendarai di permukaan jalan apapun, dan berkat sayap lipatnya, ia bisa menjadi pesawat pribadi. Dilengkapi 2 jok, 2 sayap yang bisa dilipat, 4 roda dan lampu sein, Terrafugia berencana merilisnya tahun 2013 dengan kisaran harga US$ 279.000 atau sekitar Rp. 2,6 miliar. Jauh lebih murah dari mobil Bentley Mulsanne seharga Rp 9 Milyar milik putri pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea.

Interior bagian dalam

Mobil ini awalnya diciptakan sebagai kendaraan dari satu bandara ke bandara yang lain untuk mempermudah pilot tanpa harus berganti kendaraan dan menghadapi kemungkinan macet di jalan raya. Nah, pada Juli 2011 lalu Federal Aviation Administration (FAA) menyatakan kendaraan ini aman dan di perbolehkan beroperasi di jalan umum.


Permukaan jalan seperti apapun sanggup dilibas.

Mobil yang dijuluki "roadable aircraft" ini menggunakan mesin Rotax 912ULS yang biasa digunakan pesawat kecil untuk tujuan olahraga (Light Sport Aircraft) atau pesawat latih dan bisa mengkonsumsi bahan bakar tanpa timbal seperti layaknya mobil-mobil jalan raya biasa atau avgas.

Bahan bakarnya bisa pakai yang seperti kita beli di SPBU.

Mobil ini mampu terbang pada kecepatan 185 km/jam dan menempuh jarak 740 km. Mobil ini memerlukan jalan sepanjang 518 meter atau 1/3 landasan pacu pesawat komersial untuk dapat lepas landas (take off).

Cuaca buruk? Tidak masalah.


Muat di garasi

Kalau kotor tinggal dicuci saja dengan shampoo mobil

Hebatnya lagi, mobil yang bisa disimpan di garasi ini diklaim aman dan nyaman saat diterbangkan dalam cuaca buruk.
(Terrafugia, Huffington Post)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya