Selasa, 24 Juli 2012

3 Aturan Makan untuk Kikis Berat Badan




Bila cara-cara "standar" untuk menurunkan berat badan, seperti olahraga dan diet, belum berhasil membuat Anda lebih langsing, mungkin ini saatnya menerapkan aturan makan terbaru yang efektif menurunkan berat badan.

Ketiga aturan pola makan yang dianjurkan adalah membuat jurnal pola makan, makan secara teratur, serta mengurangi acara makan di luar rumah untuk menjaga asupan makanan sehat.

Menurut Dr.Anne McTiernan, yang merumuskan aturan pola makan tersebut, jika ketiga aturan tersebut dilakukan dengan disiplin, penurunan berat badan yang dihasilkan akan lebih tahan lama.

"Kami melakukan studi terhadap para wanita untuk mengetahui cara apa yang berhasil melangsingkan dan mana yang tidak berhasil. Sungguh mengejutkan bahwa membuat jurnal makanan dan mengonsumsi makanan rumah bisa membuat banyak perbedaan," katanya.

Penelitian yang dilakukan McTiernan dilakukan dengan mengamati kebiasaan makan 123 orang berusia 50-75 tahun, dalam studi Nutrion and Exercise for Women Study. Selama satu tahun penelitian, rata-rata para responden itu berhasil menurunkan berat badan sekitar 4,5 kilogram.

Salah satu perbedaan mencolok dalam kesuksesan strategi pelangsingan adalah mereka yang rutin mencatat asupan makanan mereka berhasil menurunkan berat badan lebih banyak dibanding yang tidak.
"Mereka yang membuat food diaries turun 2,5 kilogram lebih banyak," katanya.

Sementara itu wanita yang rutin makan tiga kali sehari turun 3,6 kilogram lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang sering melewatkan waktu makan. Orang yang melewatkan waktu makan biasanya lebih lapar sehingga pada waktu makan berikutnya mereka makan lebih banyak untuk mengompensasi.

Kebiasaan makan di luar juga dinilai membuat usaha pengaturan kalori jadi berantakan. Mereka yang makan di restoran sedikitnya sekali dalam seminggu, penurunan berat badannya lebih lambat dibanding yang sering makan di rumah.

"Kuncinya adalah mengetahui berapa asupan kalori yang masuk dan mengontrol jumlahnya," kata McTierman.

Penelitian lain pernah menunjukkan bahwa upaya menurunkan berat badan sebenarnya lebih efektif jika kita melakukan diet karbohidrat dibandingkan diet lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya