Senin, 16 Juli 2012

Gambar Burung dalam Rupiah



Gan, ane mo ngulas ilustrasi burung yang ada di dalam mata uang kita (Rupiah). Trit ini ane buat untuk memperdalam ulasan ane pada trit ane yang berjudul Menhut Luncurkan Empat Perangko Seri Burung Terancam Punah Indonesia

Berikut ini ulasannya (ane tampilin dalam spoiler aja y gan):

Spoiler for Rp.1,-

Uang ini diterbitkan pada tanggal 1 Januari 1970 oleh Bank Indonesia. Berbahan almunium dan berbentuk bulat pipih, uang ini berisi teks "BANK INDONESIA" dan "1 RUPIAH" pada bagian depan, serta bergambar burung Sikatan dan nominal "Rp1" dibagian belakang.
sumber

Burung sikatan atau burung kapasan atau white throated fantail bukan termasuk burung yang populer di kalangan penghobi burung. Burung sikatan secara ilmiah diklasifikasikan/ masuk dalam kerajaan Animalia, divisi Chordata, kelas Aves, order Passeriformes, keluarga Rhipiduridae, genus Rhipidura, spesies R. albicollis.
sumber


Spoiler for Rp.25,-

Berbahan pembuat Nikel dengan gambar depan burung Dara Mahkota, adalah salah satu dari sekian banyak nominal koin rupiah yang dibuat tahun 1971.

Goura, Mambruk, atau Dara mahkota adalah salah satu genus di dalam suku burung merpati Columbidae, yang hanya ditemui di hutan dataran rendah pulau Irian dan beberapa pulau disekitarnya.

Genus Goura terdiri dari tiga spesies burung dara mahkota yang hampir serupa dan berukuran besar. Burung-burung dalam genus ini memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan dengan jambul berbentuk kipas.
sumber


Spoiler for Rp.50,-
Uang Logam Bank Indonesia Emisi 1971 ini diterbitkan pada jaman RI Kesatuan, berbahan Cupro Nikel. Diterbitkan pada tanggal 16 Agustus 1971 dan ditarik pada tanggal 25 juni 2002.

Sebanyak 43 jenis cenderawasih tersebar dari Australia sampai Pulau Papua, dan ke arah barat sampai Pulau Maluku. Khusus di Papua terdapat 38 jenis, sebagian besar tersebar di dataran tinggi, dan beberapa jenis hidup di pulau-pulau sekitar pulau Papua.

Jenis-jenis cenderawasih ini sudah jarang ditemukan di hutan Papua. Perkembangbiakan burung ini memang tak banyak dan tidak mudah. Cenderawasih mudah stres. Dalam sebuah sarang hanya ditemukan 1-2 butir telur. Burung ini jarang bertelur sampai lebih dari tiga butir.
sumber


Spoiler for Rp.50,-


Kepodang adalah burung berkicau (Passeriformes) yang mempunyai bulu yang indah dan juga terkenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil cantik, rapi, dan bersih termasuk dalam membuat sarang.
Burung kepodang berasal dari daratan China dan penyebarannya mulai dari India, Asia Tenggara, kepulauan Philipina, termasuk Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara.
Burung kepodang berukuran relatif sedang, panjang mulai ujung ekor hingga paruh berkisar 25 cm. Burung ini berwarna hitam dan kuning dengan strip hitam melewati mata dan tengkuk, bulu terbang sebagian besar hitam. Tubuh bagian bawah keputih-putihan dengan burik hitam, iris merah, bentuk paruh meruncing dan sedikit melengkung ke bawah, ukuran panjang paruh kurang lebih 3 cm, kaki hitam.
sumber


Spoiler for Rp.100,-


Kakatua Raja atau dalam nama ilmiahnya Probosciger aterrimus adalah sejenis burung Kakatua berwarna hitam dan berukuran besar, dengan panjang sekitar 60cm. Burung ini memiliki kulit pipi berwarna merah dan paruh besar berwarna kehitaman. Di kepalanya terdapat jambul besar yang dapat ditegakkan. Burung betina serupa dengan burung jantan.

Kakatua Raja adalah satu-satunya burung di marga tunggal Probosciger. Daerah sebaran burung ini adalah di pulau Irian dan Australia bagian utara. Pakan burung Kakatua Raja terdiri dari biji-bijian.

Walaupun spesies ini terancam oleh hilangnya habitat hutan dan penangkapan liar yang terus berlanjut untuk perdagangan, Kakatua Raja masih sering ditemukan di habitatnya. Kakatua Raja dievaluasikan sebagai beresiko rendah di dalam IUCN Red List. Spesies ini didaftarkan dalam CITES Appendix I.
sumber


Spoiler for Rp.200,-
Pecahan 200 rupiah ini hanya dicetak 5100 keping. Dengan gambar burung khas tanah Papua yaitu Cendrawasih, uang ini memiliki bobot 8 gram dengan kadar perak sebesar 99,99%.

ulasannya bisa dilihat pada uang Rp.50,- terbitan tahun 1971 ya gan.


Spoiler for Rp.200,-


Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang lebih kurang 25cm, dari suku Sturnidae. Jalak Bali memiliki ciri-ciri khusus, di antaranya memiliki bulu yang putih di seluruh tubuhnya kecuali pada ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu, berwarna biru cerah dan kaki yang berwarna keabu-abuan. Burung jantan dan betina serupa.

Endemik Indonesia, Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali. Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies endemik Bali dan pada tahun 1991 dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Keberadaan hewan endemik ini dilindungi undang-undang.

Jalak Bali ditemukan pertama kali pada tahun 1910. Nama ilmiah Jalak Bali dinamakan menurut pakar hewan berkebangsaan Inggris, Walter Rothschild, sebagai orang pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan pada tahun 1912.

Jalak Bali dinilai statusnya sebagai kritis di dalam IUCN Red List serta didaftarkan dalam CITES Appendix I.
sumber


Spoiler for Rp.100,-
Gambar depan (obverse): Burung Dara Mahkota (Goura victoria) di sebelah kiri, tulisan 'Bank Indonesia' dan angka '100' besar di tengah.
Gambar belakang (reverse): Dam Asahan, Sumatera Utara.
Tahun terbit: 1984, sesuai yang tertera di uang.
Tandatangan: Arifin M. Siregar (Gubernur), Sujitno Siswowidagdo (Direktur).
Ukuran: 133 x 64 mm.
sumber

ulasannya bisa dilihat di spoiler Rp.25,- y gan


Spoiler for Rp.20.000,-
Bergambar burung cendrawasih, tetapi tanpa benang pengaman berwarna perak seperti yang terdapat pada penerbitan 1995. Terdiri dari 4 emisi: 1992/1992, 1992/1993, 1992/1994, 1992/1995

Cendrawasih Merah (Paradisaea rubra) adalah sejenis burung pengicau berukuran sedang, dengan panjang sekitar 33cm, dari marga Paradisaea. Burung ini berwarna kuning dan coklat, dan berparuh kuning. Burung jantan dewasa berukuran sekitar 72cm yang termasuk bulu-bulu hiasan berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih pada bagian sisi perutnya, bulu muka berwarna hijau zamrud gelap dan diekornya terdapat dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, dengan muka berwarna coklat tua dan tidak punya bulu-bulu hiasan.

Endemik Indonesia, Cendrawasih Merah hanya ditemukan di hutan dataran rendah pada pulau Waigeo dan Batanta di kabupaten Raja Ampat, provinsi Irian Jaya Barat.



sumber

1 komentar:

  1. saya sangat bersyukur dan bertrima kasih bynk
    kepada.MBAH RIJI atas bantuan no.ghoib/ritualnya“4D( 2661)`
    alhamdulillah benar-benar tembus~~~
    berkat bantuan MBAH saya bisa melunasi utang2 keluarga saya
    dan hanya rasa trimakasih yg tak terhingga yg bisa saya ucapkan kpd MBAH RIJI
    Inza allah KI tuhan akan membalas atas semua kebaikan MBAH
    Ini info buat sahabat yg lagi kesulitan masalah ekonomi
    terlilit utang atau mau cari modal dengan singkat melalui jalan togel
    HUB; NO MBAH RIJI;_082 388 362 128_jgn di sms hub. lansung.
    saya sebagai saksi hidup beliau dan bukti nyata MBAH RIJI
    yg punya room terima kasih assalamu alaikum

    BalasHapus

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya