Sabtu, 18 Agustus 2012

Hiu purba berusia 270 juta tahun





Quote:
Sisa-sisa spesies hiu purba bergigi tajam yang diperkirakan berumur 270 juta tahun telah ditemukan di Arizona, Amerika Serikat. Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa fosil gigi dari tiga spesies hiu ditemukan di lokasi yang merupakan rumah bagi beragam hiu di dunia sebelum era Permian Tengah, sesaat dinosaurus belum muncul.

"Kami menemukan banyak hiu spesies baru dari daerah itu," ujar John-Paul Hodnett, salah seorang peneliti.

Masing-masing hiu spesies baru yang ditemukan memiliki ciri sangat khas. Spesies pertama adalah Nanoskalme natans, hiu dengan gigi seperti pisau pemotong. Hiu dengan panjang tubuh sekitar satu meter ini diduga jenis hiu pemangsa ikan kecil dan pemakan bangkai.

Spesies kedua adalah Neosaivodus flagstaffensis, hiu berukuran sedang (sekitar 2 meter) dengan gigi pencengkeram. Hiu ini diperkirakan menjadi hiu spesialis pemakan nautiloid sewaktu remaja, lalu berubah menjadi pemangsa ikan dan hewan lain saat dewasa.

Terakhir adalah Kaibabvenator swiftae, hiu dengan gigi tipe pemotong bergerigi yang besar. Hiu ini tergolong berukuran raksasa. Panjang tubuhnya lebih dari 6 meter.

"Hiu ini mungkin jenis predator puncak yang aktif memangsa ikan besar, termasuk hiu lainnya. Perilakunya mirip hiu putih besar modern," ujar Hodnett, peneliti di Museum of Northern Arizona''s Geology and Paleontology Department.

Hodnett meneliti hiu-hiu tersebut bersama David Elliott, Tom Olson dan James Wittke. Beberapa sampel fosil gigi hiu digali dari daerah yang dikenal sebagai Formasi Kaibab di utara Arizona."Daerah ini dulunya diselimuti laut dangkal yang hangat," ujar Elliot seperti dikutip Livescience, Selasa, 14 Agustus 2012.

Saat ini, daerah yang sama sudah berubah menjadi dataran tinggi yang mendukung hutan Ponderosa Pine. Kendati sulit dibayangkan, daerah ini dulunya menjadi rumah yang ramai dihuni hiu berbagai jenis.

"Hiu adalah predator utama di lingkungan laut di seluruh dunia, dan mereka sangat banyak dan beragam," ujar Hodnett. Hiu-hiu ini mengisi relung laut yang kemudian juga ditempati ikan lainnya dan bahkan mamalia, seperti paus dan lumba-lumba.
Spoiler for NIH ARTISNYA GAN.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya