Rabu, 15 Agustus 2012

Inilah Hal-hal Dan Barang-barang Yang Tidak Bakalan Laku Di Arab Saudi


 

Arab Saudi adalah negara kaya raya. Karena kaya, secara kasat mata nampaknya peluang bisnis disana bagus juga. Namun bagi para calon pebisnis yang ingin berbisnis di Arab Saudi, sebaiknya memperhatikan karakteristik sosiologi masyarakat dan negara yang bersangkutan, sehingga bisa diketahui manakah yang benar-benar melupakan peluang?

Nah, berikut ini adalah daftar barang-barang dan berbagai hal yang tidak akan pernah bisa laku kalau di jual di negara Arab Saudi:

1. Sepeda Motor

Selain karena Arab Saudi hanya mengalami 2 musim yaitu musim panas dan musim Dingin, negara ini juga tidak memberlakukan pajak bagi warganya sebab pajak itu haram. Maka oleh karena itu, warga Arab Saudi lebih memilih membeli mobil sebab harga mobil disini murah (karena tidak dikenakan pajak). Asal tahu, di Arab Saudi harga 2 liter bensin setara dengan 1 botol air mineral 500 ml atau 4 liter bensin setara dengan 1 kaleng soft drink 330 ml. Maka itu jangan heran kalau Kita tidak akan pernah melihat motor Jepang berkeliaran di jalanan kota-kota di Arab Saudi. Dan kalau pun ada, biasanya yang berkeliaran adalah sepeda motor besar seperti Harley Davidson, Ducati, dan sebangsanya.

2. Bintang Iklan atau Model Iklan

Jangan bermimpi menjadi bintang iklan atau model iklan di Arab Saudi, apalagi kalau ingin menjadi model iklan terkenal. Sebab syariat Islam yang dianut negara ini dengan keras melarangnya.  Jadi jangan pernah kaget kalau kita sedang berkunjung ke Arab Saudi  melihat model iklan pakaian dengan wajah disensor alias dikaburkan seolah olah yang memakai baju wajahnya rata tanpa hidung,  mata, apalagi bibir. Padahal iklannya dipasang di pusat keramaian.

3. Minuman Keras dan Minuman Beralkohol Lainnya

Sebagai negara yang menjalankan syariat Islam sudah pasti Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melarang keras peredarannya karena haram. Dan kalau ada yang ketahuan mengkonsumsi atau dengan sengaja mengedarkanya, maka hukumannya tidak bisa dibilang ringan.

4. Payung dan Jas Hujan

Di Arab Saudi kita jarang sekali melihat orang memakai payung, sebab di Arab saudi hujan merupakan hal yang langka dan amat dimimpikan.Dan yang lucu adalah: apabila turun hujan maka mereka memilih keluar rumah untuk menikmatinya. Bagi mereka, melihat hujan sama seperti anak kecil mendapat mainan baru atau melihat makanan enak yang disajikan saat sedang lapar berat.

5. Minyak Angin, Minyak Gosok atau Jamu Tolak Angin

Seorang kolega yang pernah lama tinggal di Arab Saudi sebagai TKI mengatakan bahwa ia tidak pernah mendengar orang yang masuk angin atau meninggalkarena “angin duduk” apalagi orang Arab saudi asli. Kalau pun ada berarti itu orang Indonesia yang sudah terbiasa masuk angin sejak di kampung halamannya. Apabila kita ke apotek dan menanyakan apakah ada minyak angin, maka jawabannya adalah selalu “tidak ada”.
*dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya