Senin, 15 Oktober 2012

4 Bangunan paling Mengagumkan di Dubai




Dubai memang terkenal dengan arsitektur bagunannya yang modern dan futuristik. 
Berbagai bangunan tidak biasa bisa ada temukan di salah satu kota di Timur Tengah ini. 
Berikut adalah beberapa diantaranya:


1. Burj Dubai: bangunan tertinggi di Dunia



Jika anda bertanya-tanya tentang bangunan tertinggi di Dunia, maka anda sudah menemukan jawabannya sekarang. Dengan inggi sekitar 800 meter, Burj Dubai mengalahkan bangunan-bangunan tertinggi lainnya seperti Menara petronas dan Taipei Tower. Bangunan ini merupakan hasil kaya arsitektur Adrian Smith. Total dana yang diperlukan untuk membangun salah satu bangunan paling mengagumkan di Dubai ini adalah $4 milyar. Bentuk bangunan ini terinspirasi dari bunga-bunga gurun yang sering dipakai sebagai dekorasi dalam arsitektur islam.


2. Palm Islands: pulau berbentuk pohon palem



Ini juga merupakan salah satu bangunan paling mengagumkan di Dubai. Bayangkan, bangunan ini memiliki bentuk seperti pohon palem. Dan gambar yang anda lihat di atas bukanlah seukuran kertas A3 atau A4, melainkan 25 kilometer persegi! Dan yang lebih mencengangkan lagi adalah pulau ini termasuk salah satu dari 3 pulau buatan terbesar di dunia. Kostruksi bangunan ini dirancang oleh Nakheel Properties, sebuah perusahaan properti di Uni Emirat Arab. Mereka bekerjasama dengan pengeruk dan kontraktor laut asal Belanda bernama Van Oord. Di sekitar kawasan ini terdapat vila, apartemen, taman hiburan, pusat perbelanjaan, restoran, dan berbagai tempat hiburan lainnya.


3. The World Islands: pulau buatan berbentuk peta dunia



Ini adalah salah satu projek ambisius yang luar biasa. Kapan lagi kita bisa melihat sebuah pulau yang besar memiliki bentuk benar-benar seperti peta dunia. Walaupun tidak terjadi secara natural, setidaknya pulau ini mampu menunjukkan kepada kita betapa “gilanya” arsitektur modern saat ini. Iya, dengan bentuknya yang khas ini sangat pantas jika The World Islands menjadi salah satu bangunan paling mengagumkan di Dubai. Di dalam kepulauan buatan ini terdapat sekitar 300 pulau kecil. Proses pembuatannya adalah dengan menarik pasir di dalam laut ke permukaan. Pulau-pulau tersebut memiliki ukuran beragam, mulai dari 23 ribu km persegi hingga 84 ribu km persegi. Dan jarak antar pulaunya adalah 50-100 meter. Tahukah anda berapa nilai dari konstruksi bangunan ini? 14 milyar dollar!


4. Dubai Mall: mall terbesar di dunia



Dubai tidak hanya punya gedung tertinggi atau pulau buatan paling antik di dunia, namun mall atau pusat perbelanjaan terbesar dunia juga ada di tempat ini. Mall ini memiliki luas area lebih dari 12 juta kaki persegi. Di dalam mall besar ini didirikan beberapa mall kecil. Mall di dalam Mall? Sebuah konsep yang sangat jarang bahkan di dunia arsitek modern sekalipun.


Agan udah ada yg pernah ke Dubai belom?? 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya