Minggu, 20 Januari 2013

Hewan Dasar Laut yang Menakjubkan


Frilled Shark
Foto oleh Awashima Marine Park, Getty Images


Manusia jarang menemukan hiu berjumbai (Frilled shark), karena ia yang memilih untuk tinggal di kedalaman lautan, hingga 5.000 kaki (1.500 meter) di bawah permukaan air. Dianggap fosil hidup, hiu berjumbai ini memiliki banyak karakteristik fisik dari nenek moyang yang berenang di laut saat zaman dinosaurus. Spesimen ini memiliki panjang 5,3 kaki (1,6 meter) ditemukan di perairan dangkal di Jepang pada tahun 2007 dan dipindahkan ke sebuah taman laut..

Kepiting Spider Raksasa (Giant spider Crab)
Foto oleh David Doubilet, National Geographic


Dianggap sebagai arthropoda terbesar di Bumi, kepiting laba-laba raksasa menghabiskan waktu mereka mencari makan di dasar laut sampai seribukaki (300 meter). Ini, kepiting raksasa langkah berkaki panjang, asli perairan Jepang, panjangnya hingga 12 kaki (3,7 meter) dari cakar cakar ujung ke ujung. memiliki lima kaki (1,5 meter) spesimen difoto di Jepang Sagami Bay.


Pasangan Wolffish Atlantik
Foto oleh Jonathan Bird, SeaPics


bertampang seram itulah Atlantik wolffish, mereka membuat rumah di pantai berbatu hingga kedalaman 1.600 kaki (500 meter) di dasar lauti.Panjangnya mencapai 5 kaki (1,5 meter), wolffish memiliki gigi mencolok cocok untuk memangsa species bercangkang keras seperti moluska, kepiting, dan landak laut. Pasangan yang sedang kimpoi ini ditemukan di dalam sarang di lepas pantai Maine.


Ikan bergigi taring (Fangtooth fish)
Foto oleh David Wróbel, SeaPics


Ikan bergigi taring (Fangtooth fish) yang mengerikan ini adalah salah satu ikan yang hidup dil dasar laut paling dalam pernah ditemukan. Habitatnormal ikan ini berkisar sedalam 6.500 kaki (2.000 meter), tetapi pernah juaga ditemukan berenang di es, menembus kedalaman 16.500 kaki(mendekati 5.000 meter). Panjang ikan gigi taring hanya mencapai enam inci (16 cm), tapi sebesar nama mereka, ikan gigi taring adalah yang terbesar, proporsional dengan ukuran tubuh dari ikan apapun di habitatnya.

Vampire Squid
Foto oleh Kim Reisenbichler, National Geographic


Vampire squid adalah nama yang tepat untuk makhluk yang mengintai di kedalaman laut redup. Nyaman pada 10.000 kaki (3.000 meter) di bawahpermukaan, ini cumi kecil menavigasi di kegelapan dengan mata yang proporsional yang terbesar dari binatang apapun di Bumi. Spesies inimendapatkan namanya dari gelap, lengan berselaput, yang dapat menarik tubuhnya sendiri seperti jubah. Mahluk ini menempati daerah Mesopelagicdan bathypelagic lautan di daerah yang beriklim sedang dan tropis. Fisiologi hewan telah beradaptasi untuk memungkinkannya hidup di tingkatoksigen yang sangat rendah. Mahluk ini ditemukan di dalam lapisan oksigen paling tipis di wilayah ini.

yang unik menarik lainnya bisa cek keSUMBER

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya