Minggu, 21 April 2013

Ini Dia 8 Gejala Kanker yang Tak Disadari Pria

Gejala kanker sulit diidentifikasi secara mandiri karena biasanya tanda-tanda ini juga dapat dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya. Lebih sulit lagi jika gejala kanker ini dimiliki pria. Pasalnya dibandingkan wanita, pria diketahui lebih malas ke dokter untuk berkonsultasi, apalagi melakukan screening kanker.

Padahal penting bagi pria dan wanita penderita kanker untuk mengetahui perubahan tertentu pada tubuhnya yang bisa saja mengindikasikan kanker. Untuk itu simak 8 gejala kanker yang sering diabaikan pria seperti dikutip dari Emaxhealth, Jumat (19/4/2013) berikut ini. 

1. Perubahan pada payudara
Tak banyak pria yang mengidap kanker payudara tapi bukan berarti pria tak berisiko mengalaminya. Bahkan National Cancer Institute, AS memperkirakan pada tahun 2013 akan ada lebih dari 2.200 pria yang mengidap kanker yang umumnya diderita wanita ini.

Perubahan pada payudara yang dapat mengindikasikan kanker payudara pada pria diantaranya kerutan atau cekungan pada payudara, puting masuk ke dalam, benjolan di payudara, kulit payudara atau puting yang memerah serta puting mengelupas.

2. Ukuran dan berat testis berubah
Apakah testis Anda mendadak terasa berat atau ukurannya berubah? Bisa jadi itu kanker. Kanker testis biasanya menyerang pria berusia 20-39 tahun tapi kalaupun usia Anda lebih dari itu dan Anda masih menemui gejala yang dimaksud, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

3. Berat badan turun secara mendadak
Jika bukan karena mengikuti program diet tapi Anda mengalami penurunan berat badan secara mendadak, katakanlah 10 persen dari berat badan Anda hanya dalam kurun waktu 3-6 bulan, maka kondisi itu patut dikhawatirkan. 

4. Perubahan kelenjar getah bening
Karena ada lebih dari 500-an kelenjar getah bening di dalam tubuh, mungkin Anda tak perlu mengeceknya satu-persatu. Tapi secara rutin Anda perlu memeriksa apakah kelenjar getah bening di ketiak, leher dan alat kelamin Anda membengkak atau tumbuh melebihi ukuran normal. Jika iya, bisa jadi itu adalah gejala sebuah infeksi ataupun kanker.

5. Demam yang tak diketahui sebabnya
Jika suatu ketika Anda merasa tahu-tahu terserang demam dan demam itu tak kunjung hilang, inilah saatnya mengecek apa yang terjadi pada tubuh Anda. Demam sendiri sebenarnya merupakan salah satu cara tubuh untuk melawan infeksi, apalagi jika demamnya tak dapat diketahui asal-usulnya karena bisa jadi hal ini mengindikasikan kanker.

6. Isi rongga mulut berubah
Buka mulut Anda lebar-lebar dan katakan 'ahh' di depan cermin. Jika Anda melihat noda putih di lidah atau luka di mulut yang tak kunjung sembuh, bisa jadi itu adalah pertanda adanya kanker.

Apalagi jika gejala-gejala itu muncul setelah Anda banyak merokok atau mengunyah tembakau karena Anda berisiko terkena kanker mulut. Untuk itu berbagai perubahan di dalam mulut harus diperiksa oleh dokter gigi atau dokter pribadi Anda.

7. Kelelahan
Sesekali kecapekan adalah hal biasa, tapi jika seseorang terus-menerus mengalami kecapekan dan tak kunjung membaik, bahkan ketika menambah jam istirahatnya atau istirahat total dalam sehari, bisa jadi ini adalah indikasi awal untuk beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker pada perut, usus atau kanker darah (leukemia).

Apalagi laporan terbaru dari Cancer Research UK menyatakan bahwa jumlah kasus kanker usus pada pria meningkat hingga 25 persen dalam kurun 35 tahun belakangan, padahal jumlah kasus kanker usus pada wanita hanya naik 6 persen.

8. Gangguan buang air kecil
Setiap pria pasti mengalami gangguan buang air kecil, apalagi jika usianya telah bertambah. Semakin tua usia seorang pria, mereka juga akan mudah kebelet pipis, memiliki aliran urin yang lemah serta kebutuhan untuk buang air kecil lebih banyak, baik di siang dan malam hari.

Meski sejumlah gejala ini seringkali diindikasikan sebagai kondisi non-kanker seperti pembesaran prostat, tak ada salahnya Anda berbicara pada dokter atau meminta screening untuk kanker prostat. Toh pemeriksaannya mudah dan tak makan banyak waktu.

dikutip dari detik..com
link tkp : http://health.detik..com/read/2013/0...-disadari-pria

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya