Rabu, 25 Januari 2012

foto-foto SURABAYA yang BERSEJARAH



====================
SIOLA


Pada zaman Belanda, gedung yang terletak di pojok Jalan Pahlawan dengan jalan Kebun Rojo Surabaya ini dikenal sebagai gedung NV.Lindeteves. Dalam dokumentasi “Surabaya Tempo Dulu”, foto ini diambil tahun 1930. Sekarang gedung ini digunakan sebagai gedung Bank Mandiri dan sebelumnya pernah dipakai oleh Bank Niaga. Pemerintah Kota Surabaya, mencatat gedung ini sebagai salah satu “cagar budaya” di Kota Surabaya.


Foto menunjukkan pintu masuk utama Rumah Sakit Umum/Rumah Sakit CBZ (Centrale Burgelijke Zieken inrichting) Jl. Simpang (sekarang Jl. Pemuda), Surabaya. Rumah sakit ini dibangun sebelum tahun 1900. Setelah kemerdekaan rumah sakit ini dinamakan R.S. Simpang. Kemudian dipindahkan ke Jl. Dharma Husada dan dinamakan R.S. Dr. Soetomo. Setelah itu rumah sakit umum di Jl. Pemuda tersebut diratakan dengan tanah. Di atasnya dibangun komlplek pertokoan "Surabaya Delta Plaza". Nampak pula tram listrik lin (angka 2) di atas menunjukkan jurusan Goebeng Boulevard (Raya Gubeng) stasiun terakhir sampai Celebes straat (jalan Sulawesi ke stasiun akhir juga di Willemplein (JMP) vise versa (v.v) = pulang pergi (p.p.).
Jalan pemuda..
Jalan Panglima Sudirman dulu bernama Palmelaan. Foto diambil pada tahun 1925-an. Jalan tersebut dilewati oleh tram, sebagai bagian dari transportasi umum kota Surabaya. Sayang sekali bahwa pemandangan seperti ini sekarang sudah hilang dari Surabaya.
Nih jalan panglima sudirman yg dulu,ternyata jadul juga,skrg saya ngantor dijalan ini..
jalan panglima sudirman dimana terletak tugu bambu runcing..


Jalan Kembang Jepun tahun 1930, difoto dari Gedung Internatio – Jembatan Merah – gerbang Barat


GERBANG Jalan Kembang Jepun darI arah Timur dengan gaya tradisional China di tahun 1930-an. Gerbang ini pernah dirubuhkan dan saat di Jalan Kembang Jepun itu diadakan kegiatan Kya-Kya, yaitu pasar makanan pada malam hari tahun 2005-2007, gerbang khas China dibangun kembali, (dok Yousri – dari Surabaya Tempo Dulu)


Dulu Jalan Pahlawan Surabaya ini bernama Alun-alun Straat. Foto diambil tahun 1930. Masih terlihat ada rel trem listrik, kendaraan dokar dan mobil pada zaman itu. Sekarang semua sudah berubah. (dok:Yousri – dari Surabaya Tempo Dulu)


GEDUNG Raad van Justitie (Pengadilan Tinggi) di Zaman Belanda, di Jalan Pahlawan (Alun-alun Straat) pada perayaan HUT Ratu Wilhelmina tanggal 31 Agustus 1935. Ada acara karnaval dan pawai yang disaksikan rakyat yang memenuhi sepanjang jalan, viaduk jalan-jembatan pelintasan kereta api, bahkan sampai ke puncak gedung kantor Gubernur Jawa Timur di seberangnya. Pada zaman Jepang, gedung ini berubah fungsi menjadi Markas Polisi Militer (Kenpetai) dan sekarang sudah hancur. Di atas lahan ini berdiri kokoh Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa heroik 10 November 1945. Tugu Pahlawan ini diresmikan oleh Presiden RI pertama Ir..Soekarno tanggal 10 November 1952 dan di bawahnya dibangun pula Museum (bawah tanah) Tugu Pahlawan yang mengoleksi berbagai peninggalan masa perjuangan tahun 1945. (dok: Yousri dari Surabaya Tempo dulu).
Pengadilan Tinggi


Foto kompleks bangunan Pasar Baru di Jalan Pahlawan, Surabaya ini diambil pada tahun 1920 an. Gedung tersebut sekarang sudah tidak berbekas. Terlihat pada tahun 1920 an lalu lintas kota Surabaya masih semrawut (kacau). Pada foto kelihatan berbagai kendaraan seperti: pedati, tram, mobil, dokar dan becak lalu lalang di sekitar JL. Pahlawan.


Jalan Gemblongan, Surabaya
Foto diambil pada tahun 1920-an di Jalan Gemblongan, Surabaya. Tampak pada foto tram listrik yang menjadi salah satu angkutan umum kota yang penting di Surabaya. Sayangnya pada tahun 1960-an transportasi kota (tram) tersebut sudah lenyap dari kota Surabaya. Tanpa ada penggantinya yang mamadai.

gedung grahadi



balaikota

grimm and co



st louis jl polisi istimewa


zangrandi

jembatan ngemplak


dermaga ujung 1944

MarineVliegkamp LAPANGAN TERBANG MARINIR MOROKREMBANGAN


PELBUHAN KALIMAS


TANJUNG PERAK TAHUN 1937


mobil brijen mallaby

PERANG SURABAYA


pasukan GURKHA dsurabaya



pastinya ini bukan di arnheim , tapi ini di soerabadja 1945



INGGRIS BOMBARDIR SURABAYA 1945







jmbatanmerah


Tram uap dengan loco model paling awal (?) sedang melintas keluar dari Jalan Pasar Besar menuju Ujung. Tampak Restoran Grimm & Co dan betapa lebarnya Jalan Aloen-aloen (Jln Pahlawan saat ini).


Tram uap almarhum tampak melintas di depan Aloen-aloen Tjontong. Foto diambil dari album keluarga Mizerus Vromans bertahun antara 1920 1925. Gedung Helmig berkubah tiga sendiri berdiri tahun 1918 dan perhatikan monumen perang Aceh yang masih berdiri.


Menurut sumber foto (KITLV) foto berikut di suatu jalan di Surabaya thn 1911... entah dimana tepatnya lokasinya. Kira2 apa yang sedang dikerjakan dua orang pria dalam foto ini ?


Menurut sumber, tempat di foto ini tertulis Jl. Songojudan gg. IV, Pecinan - Surabaya dan foto diambil thn 1948. Kira2 tempat di dalam foto ini sekarang sudah seperti apa ? Mungkin teman2 ada yang tahu....:
[IMG]Menurut sumber, tempat di foto ini tertulis Jl. Songojudan gg. IV, Pecinan - Surabaya dan foto diambil thn 1948. Kira2 tempat di dalam foto ini sekarang sudah seperti apa ? Mungkin teman2 ada yang tahu....:[/IMG]


oto 3 : Gereja Katholik Hati Kudus De Heillige Hart (Derde RK. Kerk) di Coen Boulevard
Desainer : biro arsitek Hulswit-Fermont, Batavia ; Cuypers-Amsterdam
Tahun : 1921


simpang 1940








1 komentar:

  1. First, thank you for the information, and your perception.
    I could enjoy this blog page and especially this content.

    At this stage, I feel I throw away far too much time on-line, examining rubbish,
    actually. This is a refreshing change from that experience.
    Yet, I believe examining other people's ideas is a very important investiture of at any
    rate a few of my regular allotment of amount of time in my timetable.
    It's like looking through the chaff to find the wheat. Or, whatever
    example works for you. Still, near the home pc is probably as harmful to you as cigarettes
    and deep-fried chips.

    BalasHapus

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya