Selasa, 03 Januari 2012

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

donor_darah.jpg
Ilustrasi | net

















SERAMBINEWS.COM - Memang, tidak ada manfaat langsung mendonorkan darah. Namun, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali membuat tubuh terpacu untuk memproduksi sel-sel darah baru.

Fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga pendonor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah. (
golongandarah.net).

Bagi mereka yang takut untuk mendonorkan darah karena satu dan lain hal, simak beberapa poin berikut. Semoga ketakutan Anda berubah menjadi kesukaan.

  • Cek kesehatan gratis. Setiap kali mendonorkan darah, kita diperiksa untuk memastikan darah kita bebas dari bermacam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung. Rutin mendonorkan darah dapat membuat jumlah zat besi dalam darah lebih stabil.
  • Meningkatkan produksi sel darah merah. Berkurangnya jumlah sel darah merah dalam darah akibat donor akan segera diisi ulang oleh sumsum tulang belakang.
  • Membantu menurunkan berat badan. Donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Menyumbangkan sekitar 450 ml darah akan membantu proses pembakaran kalori sekitar 650 kalori.
  • Kesenangan batin. Selain manfaat fisik, donor darah memiliki manfaat psikologis. Donor darah berarti membantu sesama, menolong orang yang sedang membutuhkan darah. Hal ini akan memberikan rasa kesenangan tersendiri dari proses berbagi.

Jadi, tak ada alasan untuk takut berdonor sebenarnya.

Editor : mufti
Sumber : Tribunnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya