Senin, 28 Mei 2012

Spesifikasi Honda New Mega Pro



Spesifikasi Honda New Mega ProSpesifikasi Honda New Mega Pro - Honda new mega pro memiliki berbagai spesifikasi pada bodinya. Spesifikasi ini meliputi semua hal baik yang berhubungan dengan mesin atau pun tidak. Sehingga, pengguna motor dapat mengetahui bagaimana spesifikasi motor ini. Spesifikasi tersebut di antaranya sebaga berikut.
Ban dalam maupun ban luar pada Honda new mega pro menggunakan tubeless. Sehingga, kualitasnya lebih terjamin dan sangat kuat serta tahan lama. Selain itu, ukuran bannya pun bisa terbilang besar. Untuk ban depan ukurannya 80/100-17M/C 46P. Sedangkan untuk ban belakang berukuran 100/80-17M/C 55P.
Dalam berkendara tentu dibutuhkan juga jarak yang lumayan jauh. Honda mega pro ini memberikan jawabannya karena jarah terendah dengan tanah itu 152 mm. Hal ini bertujuan supaya ketika berkendara, motor tersebut tidak cepat rusak ketika jalan bergelombang. Dengan adanya jarak yang semakin jauh dari tanah maka motor tersebut akan semakin bagus.
Spesifikasi lain yang ada pada Honda new mega pro yaitu rem, baik rem depan maupun belakang. Pada motor ini, baik rem depan maupun rem belakang menggunakan cakram. Sehingga, akan lebih aman pada saat berhenti mendadak. Namun, antara rem belakang dengan rem depan hanya berbeda piston saja. Rem depan menggunakan piston ganda. Sedangkan rem belakang menggunakan piston tunggal.
Pada motor Honda ini, gigi transmisinya sama dengan pendahulunya yaitu 5 kecepatan. Hal ini tentu akan menambah kecepatan berkendara. Motor ini sangat mendukung bagi yang mempunyai hobi balap motor. Sebab, dengan gigi transmisi lima tentu laju kendaraan akan lebih cepat.
Dengan gigi transmisi 5 kecepatan itu, sistem pengoperasiannya pun menggunakan pola 1-N-2-3-4-5. Jadi, pada saat mau pindah dari gigi 1 ke gigi 2 maka harus menekan porseneling lebih keras. Hal ini untuk menghidari kembali ke posisi normal. Untuk pindah gigi, caranya juga sama dengan Honda mega pro sebelumnya. Namun, perlu diwaspadai bahwa pada Honda new mega pro dari gigi 3 bisa langsung pindah ke gigi 1. Maka, perlu berhati-hati dalam berkendara.
Selain itu juga, di Honda new mega pro tampilan transmisisi gigi tidak ditampilkan. Sehingga, pengendara harus bisa mengetahui motor tersebut berada di gigi berapa. Dengan adanya hal seperti itu, pengendara juga diajarkan permainan feelingnya. Hal itu terlihat karena tampilan transmisisi gigi tidak diketahui.
Sistim kopling yang ada di Honda new mega pro itu ada dua yaitu manual dan multiple wet clutch. Dengan adanya kopling tersebut maka berkendara akan terasa lebih menyenangkan. Fungsi kopling ini memang begitu berpengaruh besar dalam berkendara. Pada saat menurunkan dan menaikkan gigi tentu harus menggunakan kopling. Honda new mega pro tentu akan terasa lebih dimanjakan dengan multiple wet clutch.
Pada saat menghidupkannya, motor Honda ini memberikan dua starter pilihan. Pilihan pertama menggunakan peda, sedangkan pilihan kedua menggunakan starter elektrik. Namun, yang lebih sering digunakan adalah starter elektrik. Sebab, cara penggunaannya pun lebih mudah dan lebih cepat. Sehingga, starter elektrik menjadi pilihan utama dalam menghidupkan motor ini.
Karena bodinya Honda new mega pro yang besar tentu kapasitas bahan bakarnya pun juga besar. Tipe motor ini mempunyai kapasitas bahan bakar 12 liter. Selain itu, bahan bakar yang digunakan adalah bensin. Manfaat dari kapasitasnya yang besar itu adalah tanpa harus berhenti terus di pom bensin. Hal ini tentu akan lebih hemat waktu pada saat perjalanan jauh.
Ciri khas yang ada di motor Honda ini adalah monoshock. Jadi pada suspense bagian belakang ini menggunakan satu shock saja. Hal ini yang terlihat unik pada motor Honda ini. Bukan hanya itu, shock ini juga dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara. Jadi schock ini juga bisa dijadikan lembut ataupun keras. Inilah pembeda dari mega pro pendahulunya.
Honda new mega pro juga sangat cocok untuk membawa barang-barang yang berat. Sebab, kapasitas berat kosongnya sangat besar itu 136 Kg. Barang berat tersebut misalnya, beras satu sak, semen, dan barang berat lainnya. Sehingga, tidak perlu ada ke khawatiran motor tersebut akan rusak karena bawaan barang yang berat.
Tipe mesin motor Honda ini menggunakan 4 langkah. Selain itu juga, diberikan fasilitas pendingin udara. Dengan hal itu, tentu untuk mengurangi daya panas yang ada pada mesin. Sehingga, mesin tidak cepat panas dan mengurangi adanya kerusakan pada mesin. Hal ini dibutuhkan ketika perjalanan jauh yang membutuhkan mesin seperti ini.
Selain spesifikasi di atas masih banyak lagi hal yang ada pada motor Honda ini. Penjelasan di atas hanya bagian terpentingnya saja. Untuk selebihnya dapat dilihat pada motor itu sendiri. Jika tidak, juga dapat dilihat pada buku panduan pada saat pembelian motor baru.
Kelebihan Honda New Mega Pro
Kelebihan ini hanya lebih di khususnya pada saat pengendara mengendarai motor ini. Tujuannya supaya pengendara lebih memanfaatkan segala fasilitas yang ada pada motor ini. Selain itu juga, untuk menunjang keamanan pengguna motor ini. Kelebihan tersebut meliputi :
Body motor
Dengan adanya bodi yang begitu besar tentu pengendara akan lebih terasa nyaman. Sebab, motor tersebut tidak mudah goyang pada saat ada angin yang cukup besar. Selain itu juga, pengendara juga tidak terlalu terbebani oleh barang yang di bawa. Dengan bodi yang besar, pengendara akan lebih santai meski membawa barang berat.
Lampu tembak
Lampu tembak ini digunakan pada saat ada pengendara lain yang mencoba mendahului dari arah berlawanan. Hal ini tentu sangat penting digunakan karena menyangkut keselamatan juga. Dengan lampu tempak, pengguna lain dapat mengetahui keberadaan pengguna. Sehingga, pengguna lain akan berhati-hati.
Fasilitas lampu tembak yang ada pada motor Honda ini sangat berbeda. Biasanya, pengguna motor menggunakan lampu tembak dengan menekan arah lampu ke atas ke bawah. Tempatnya berada di atas klakson motor. Namun, untuk motor ini lampu tembak berada di samping kopling. Penggunaanya pun seperti orang menembak sesuatu. Lampu tembak ini tentu lebih mudah dan praktis.
Jam digital
Honda new mega pro merupakan motor pengguna jam digital pertama. Posisinya terletak di bagian kanan speedometer. Pengguna motor ini pun tidak perlu repot melihat jam di tangan ketika mengendarai. Selain itu, jam digital yang ada juga dapat diubah. Misalnya dari jam 09.00 mau diubah menjadi 10.00 itu sangat mudah. Hanya cukup menekan reset dan tombol-tombol yang telah tersedia disana.
Klakson
Klakson ini berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pengguna di depannya. Maka, suara klakson juga sangat penting untuk memberikan peringantan itu. pada Honda new mega pro, klaksonnya sangat keras. Bahkan hampir menyerupai klakson mobil. Hal inilah yang menjadi kelebihan klakson ini daripada klakson motor lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya