Rabu, 27 Juni 2012

GIGI



Picture

Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi merupakan bagian yang kecil dan keras di dalam mulut. Gigi ini mempunyai struktur yang bervariasi yang memungkinkan untuk melakukan banyak tugas. Sebenarnya fungsi utama gigi adalah untuk merebok dan mengunyah makanan. Akar dari gigi tertutup oleh gusi dan gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah terjadinya lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya. Gigi sangat berperan penting dalam proses pencernaan makanan, dengan demikian gigi memang benar-benar harus dirawat agar tetap dalam keadaan sehat. Berikut ini saya mencoba untuk memberikan tips sederhana untuk merawat gigi agar tetap sehat :
1. Rajinlah menggosok gigi setiap hari, khususnya sebelum tidur sangat dianjurkan untuk menggosok gigi, minimal 2 kali sehari.

2. Hindari makan makanan yang manis dan dingin secara bersamaan. Gigi bisa rusak bukan hanya karena disebabkan oleh bakteri saja melainan dapat juga disebabkan oleh kerusakan mekanis seperti keretakan gigi, perubahan suhu yang mendadak, setidaknya 10 derajat celcius dari panas ke dingin atau sebaliknya.

3. Kurangi makan makanan yang bersifat asam. Gigi juga dapat mengalami kerusakan jika terlalu banyak mengkonsumsi asam,karena dapat menyebabkan gigi terasa nyeri.

4. Hindari makan makanan yang bersifat lengket dan manis. Makanan manis seperti gula adalah salah satu makanan yang paling digemari oleh bakteri di mulut. Bila anda makan makanan yang bersifat manis hendaknya terus berkumur yang bersih agar sisa gula bisa larut dan tidak menempel lagi pada gigi.

5. Rajinlah memeriksakan gigi ke dokter gigi. Minimal 6 bulan sekali.

Demikian tips sederhana menjaga kesehatan gigi dari saya dan semoga ada manfaatnya bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya