Selasa, 10 Januari 2012

Sekolah Afrika Berlantai Tanah

Oleh Junaedi Namploh, Pekerja Kemanusiaan Asal Aceh, Melaporkan dari Juba, Sudan Selatan

SUNGGUH sebuah pemandangan yang mengharukan sekaligus menyedihkan tatkala melihat murid sekolah di tanah Afrika duduk di lantai tanah berdebu. Menyimak dengan seksama butir demi butir pelajaran yang diberikan guru mereka. Sementara kita, terkadang lebih memilih ke luar kelas pada jam belajar yang padahal difasilitasi dengan meja tulis, kursi, dan papan tulis yang sudah memadai.

Murid di tanah Afrika ini sangat betah dalam ruangan kelas yang hanya diatapi oleh rerumputan dan berdindingkan kayu-kayu kering layaknya perjara tawanan zaman perang Vietnam atau layaknya kandang kambing di negeri kita.

Kesedihan semakin terasa ketika melihat anak-anak dari Benua Hitam tersebut bertelanjang dada dan kaki duduk rapi mengikuti pelajaran yang diberikan oleh gurunya.

Dalam kondisi yang serba minim itu, terlihat pemandangan membanggakan ketika murid-murid di tanah Afrika datang lebih cepat dan mengucapkan selamat pagi kepada guru mereka. Saya yang pernah jadi guru di tanah air merasa prihatin akan tingkah laku anak-anak didik kita yang terkadang masih harus dipaksa oleh orang tua untuk ke sekolah.

Anak-anak dari belahan lain dunia ini, seperti di Afrika, misalnya, meski masih sangat terkebelakang dalam fasilitas dasar apalagi teknologi, tetapi semangat untuk bersekolah luar biasa tinggi. Mereka belum mengenal tulisan kapur yang terpampang di papan tulis, sementara kita sudah membaca tulisan spidol dengan tulisan yang berderet rapi di papan tulis putih bersih. Bahkan sistem pendidikan di negeri kita sudah ada yang berbasis multimedia.

Di Afrika sana, mereka juga belum mengenal baju seragam, sementara kita sudah memiliki seragam bersih dan berganti-ganti. Mereka masih duduk di lantai tanah, sementara kita sudah difasilitasi kursi dan meja yang sangat memadai. Begitulah.

* Bila Anda punya informasi menarik, kirimkan naskah dan fotonya serta identitas Anda ke email: redaksi@serambinews.com

Editor : bakri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya