Senin, 28 Mei 2012

Cara Memodifikasi Audio Mobil Agar Suara Berkualitas



Cara Memodifikasi Audio Mobil Agar Suara BerkualitasCara Memodifikasi Audio Mobil Agar Suara Berkualitas - Kualitas suara yang dihasilkan oleh sistem audio pada mobil adalah segalanya bagi pemilik mobil yang gemar musik atau mendengarkan radio. Suara bass yang berdentum dengan bagus ataupun suara treble yang jernih merupakan standar penentu baik dan tidaknya sebuah sistem audio pada mobil. Berikut ini adalah beberapa tips modifikasi audio mobil yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas audio di kendaraan.
1. Menyesuaikan anggaran dana untuk pemasangan sistem audio
Bugdet untuk modifikasi audio tidaklah harus besar. Akan tetapi, kita perlu mempersiapkan adalah target pembelian alat audio mobil yang paling sesuai dengan kondisi mobil kita.
Terkadang, ada kesalahan ketika memilih sebuah sistem audio pada mobil, misalnya membeli speaker atau salon yang terlalu besar ukurannya bagi mobil yang dimiliki. Dampaknya, pemandangan di dalam mobil tidak begitu mengenakkan. Sebab, mobil terkesan menjadi semakin sempit akibat keberadaan salon yang terlalu besar tersebut.
2. Kenali musik kegemaran pribadi atau keluarga kita
Hal ini penting karena setiap jenis musik akan sangat enak didengar jika audio tepat pada aliran musiknya. Bayangkan saja, perbedaan antara musik dangdut dan musik jazz. Musik dangdut memerlukan dentuman bass yang keras dibandingkan musik jazz yang terkesan bermain pada irama tinggi atau treble. Agar tidak kecewa saat sistem audio telah terpasang, sebaiknya kenali dulu musik kegemaran sendiri.
3. Mengganti speaker bawaan mobil dengan yang baru
Pilihlah speaker dengan kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan speaker yang sebelumnya sudah terpasang di mobil. Ini dilakukan agar kita mendapatkan kualitas suara yang lebih baik, dibandingkan dilakukan modifikasi. Apabila diperlukan speaker split supaya output suara lebih jernih dan maksimal.
4. Mengganti head unit dengan yang lebih bagus
5. Menentukan power amplifier berkualitas
Pilihlah power amplifier yang berasal dari merek yang terkenal dan telah teruji di pasaran. Jika kita kesulitan mencari informasinya, sebaiknya segera melakukan browsing di internet tentang produk power amplifier yang terbaik.
6. Pasang sub woofer jika perlu
Apabila menginginkan suara bass yang berdentum keras, pasanglah sub woofer maka akan terjadi perubahan drastis pada performa audio mobil kita.
Setelah mengetahui cara modifikasi audio mobil dengan membacanya di internet atau buku panduan, jangan segan-segan untuk segera mempraktikkannya.
Kuncinya adalah memasang semua kabel dan komponen audio dengan benar. Jika merasa terlalu awam tentang perakitan alat-alat elektronik, ada baiknya memanggil seorang teknisi untuk hadir di tempat kita untuk membimbing kita dalam menyelesaikan rakitan yang telah kita rancang.
Teknisi tersebut akan memberikan penjelasan penting lainnya yang tidak bisa diperoleh secara otodidak. Selain itu, dia akan mengingatkan dan memberikan saran kepada kita ketika ada kesalahan dalam pemasangan audio. Merakit sendiri sistem audio pada mobil akan memberikan kepuasan yang berbeda jauh dengan dipasangkan orang lain. Perjalanan dengan modifikasi audio mobil hasil rakitan sendiri akan memberikan kesenangan dan sensasi yang tidak ternilai.

2 komentar:

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya