Minggu, 29 Juli 2012

"Krasnoyarsk-26" ~ Kota Produsen Nuklir di Siberia






Quote:
Quote:
Krasnoyarsk-26 terletak di sungai Yenisei sekitar 50 km timur laut Krasnoyarsk.

Fasilitas produksi terletak di utara sekitar 10 km dari daerah perumahan. Pekerja diantar untuk bekerja dari daerah perumahan oleh sebuah kereta api listrik. Krasnoyarsk-26 memiliki populasi sebesar 100.000. 8.000 dari mereka bekerja di kompleks nuklir. Beberapa ribu lebih banyak dipekerjakan oleh Asosiasi Produksi Mekanika Terapan [NPO-PM] untuk memproduksi satelit komunikasi.

Luas Krasnoyarsk-26 yang digunakan untuk produksi adalah 17 km2. Luas sanitasi-perlindungan adalah 131 km2. Kompleks produksi plutonium reaktor terdiri dari pabrik, pabrik radiokimia, pabrik pendingin reaktor, pabrik reaktor kimia RT-2 yang hampir selesai, dan pabrik rekayasa. Ciri khas dari kompleks produksi plutonium dalam Krasnoyarsk-26 adalah bahwa reaktor, pabrik radiokimia, laboratorium, dan fasilitas penyimpanan bawah tanah semuanya berlokasi 200-250 m di bawah tanah, dalam sistem multi-level terowongan bawah tanah di dalam gunung, yang meliputi air persediaan dan sistem ventilasi yang terletak di gunung.

Spoiler for gambar








Quote:
Reaktor yang terdapat Krasnoyarsk-26 terdiri dari tiga reaktor grafit (AD, ADE-1, dan ADE-2). Dua moderate-grafit, dan sebuah light-water-cooled reactors, reaktor-reaktor ini mirip dengan reaktor produksi plutonium AS di Hanford, WA, yang dipasang lebih dari 200 meter ke sebuah gunung. Kedua reaktor itu didinginkan dengan air dari Sungai Yenisey. Yang pertama mulai dioperasikan pada tanggal 25 Agustus 1958, dan yang kedua pada tahun 1961, memproduksi plutonium-239 untuk senjata nuklir. Pada 1964, sebuah reaktor ketiga mulai dioperasikan dengan loop tertutup dan sistem pendingin. AD dan-1 ADE reaktor, yang dimulai tahun 1958 dan 1961, ditutup pada tahun 1992. Reaktor ketiga menghasilkan panas dan listrik untuk penduduk lokal dan tidak dapat shutdown sebelum penggantian sumber daya menjadi tersedia.

Pada 1964, sebuah pabrik pengolahan ulang mulai beroperasi di Krasnoyarsk-26. (Antara 1958 dan 1964, bahan bakar diiradiasi diolah kembali oleh tanaman radiokimia di Chelyabinsk-65 dan / atau Tomsk-7). Aliran proses utama dari tanaman radiokimia termasuk logam pelarutan uranium dalam asam nitrat, multi-tahap ekstraksi untuk memisahkan uranium dan plutonium, dekontaminasi mereka dari produk fisi radioaktif dan plutonium berkonsentrasi penyerapan. Plutonium dioksida - produk akhir dari Combine - dipindahkan ke pabrik kimia dan metalurgi di Chelyabinsk-65 dan / atau Tomsk-7 untuk konversi untuk logam dan fabrikasi menjadi komponen-komponen senjata nuklir. Sejak Oktober 1994, plutonium dipisahkan disimpan di tempat plutonium dioksida.

Pada 1972, Uni Soviet mulai pembangunan suatu kompleks untuk menyimpan dan memproses ulang bahan bakar dari reaktor daya air ringan. Pembangunan fasilitas penyimpanan bahan bakar, yang terletak antara kompleks bawah tanah tua dan sumur injeksi limbah, selesai tahun 1976.

Pabrik RT-2 dimaksudkan untuk menghasilkan elemen MOX-bahan bakar dan uranium. Kapasitas terpasang pabrik adalah 1.500 ton bahan bakar bekas per tahun, yang berarti menghabiskan pengolahan bahan bakar dari PLTN dari total 5-80 kilowatt. Fasilitas pertama pabrik merupakan penyimpanan bahan bakar bekas nuklir yang ditugaskan pada tahun 1985. Fasilitas penyimpanan yang dapat menerima dan menyimpan 6.000 ton bahan bakar bekas. Pembangunan pabrik pengolahan sendiri mulai tahun 1984 namun dihentikan pada tahun 1989 karena kurangnya pendanaan dan oposisi publik. Pengolahan pabrik RT-2 mungkin tidak akan pernah selesai.


Quote:
BERIKUT ADALAH GAMBAR-GAMBAR KRASNOYARSK-26 DARI UDARA
Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26


Spoiler for krasnoyarsk-26

sumber
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=4186530



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya