Minggu, 12 Agustus 2012

Simbol-simbol Cinta






Spoiler for yang pertama
Simbol cinta pertama adalah mawar merah.
Spoiler for mawar merah
Ada yang penasaran nggak? Kenapa mawar merah dibilang melambangkan cinta abadi, yang hanya akan terpisahkan oleh kematian?

Kalau versinya Aria the Natural sih, itu diawali di Italia, pada jaman pertengahan. Dimana ada seorang pemuda bangsawan kelas rendah yang menjalin cinta dengan seorang gadis bangsawan yang tingkatannya lebih tinggi.

Untuk membuktikan diri kepada orang tua si gadis, pemuda itu bergabung dalam sebuah pasukan yang sedang menuju medan pertempuran. Tentu saja dia mau ikut bertempur, masa mau piknik

Singkat kata, terjadilah pertempuran yang membuat si pemuda terluka parah dan jatuh terkapar mandi darah di sebuah kebun bunga yang dipenuhi mawar berwarna putih. Kemudian, dengan sisa tenaga terakhir, pemuda itu mengambil sekuntum mawar, tak peduli walaupun darahnya menodai bunga putih tersebut. Si pemuda berpesan kepada sahabat yang mendampinginya di saat sakaratul maut itu agar memberikan bunga mawar yang diambilnya kepada gadis bangsawan yang dicintainya itu. Setelah berwasiat seperti itu, matilah si pemuda…

Sang sahabat, yang mendapat wasiat, segera pergi ke kota asal si pemuda (kebetulan si pemuda itu mati saat perangnya sudah akan berakhir), dan menemui putri bangsawan yang dicintai sahabatnya yang sudah mati itu. Dia menyerahkan mawar putih yang penuh noda darah, yang anehnya tetap berwarna merah itu, kepada sang putri. Sang putri pun tahu kalau pemuda yang dicintainya itu telah mati.

Nah, kebetulan ada seorang penulis atau penyair atau pengamen keliling yang mengetahui kisah itu. Entah dari siapa. Mungkin juga ya sahabat si pemuda itu, yang kemudian menyebarkan kisah tersebut. Rangkaian peristiwa berlanjut, akhirnya orang-orang pun meniru kisah tersebut dengan memberikan mawar merah kepada orang yang dikasihinya, sebagai tanda bahwa cintanya hanya akan hilang saat nyawa meninggalkan badan.

Kultur ini terus menyebar ke seluruh Eropa, yang kemudian dibawa ke bagian dunia lain saat orang-orang Eropa itu menerapkan politik imperialisme kolonialisme. Dan, terus berlanjut sampai saat ini. Mawar berwarna merah diterima sebagai simbol cinta yang paling umum. Padahal, kalau melihat dari cerita asal digunakannya mawar merah itu, sebenarnya kan tanda kalau ‘pamitan’ 


Spoiler for yang kedua
Simbol cinta kedua adalah apel kristal, kaya yang ada di salah satu serial drama Jepang gitu deh
Spoiler for apel kristal

Katanya sih, apel kristal itu melambangkan cinta sejati. Apel itu, katanya, adalah buah surga yang menyatukan Adam dan Hawa. Jadi, buah itu adalah lambang cinta. Trus, kenapa apel yang dibuat dari kristal dibilang melambangkan cinta sejati?

Well, kristal itu kan sesuatu yang indah, namun rapuh, fragile, yang jika dipegang dengan sembrono dapat direbut oleh orang lain yang tertarik akan keindahannya atau bisa saja benda itu tergelincir dari tangan kemudian jatuh berkeping-keping, sementara kalau dipegang terlalu kuat, justru akan menghancurkannya. Katanya sih, cinta itu ya begitu itu…

Kemudian, kristal itu, walaupun kelihatannya halus banget, namun sebenarnya tidak begitu. Ada banyak cacat di permukaannya, walaupun dapat ditutupi oleh kilaunya yang memukau. Sama seperti cinta (katanya lagi lho ya )… Makanya ada idiom true love never runs smooth (qoute favorit ane nih ). Tapi, ternyata, jarang ada orang yang memberikan apel kristal sebagai tanda cinta. (ya iyalah mahal gila )


Spoiler for yang ketiga
Terakhir (tiga saja cukup ya ), simbol cinta ketiga, katanya adalah coklat
Spoiler for coklat

Coklat dianggap sebagai simbol cinta karena rasanya yang manis namun ada pahitnya. Sama kayak cinta tuh… (katanya para ahli cinta sih gitu, saya kan cuman nulis ulang doang ). Makanya, kalau pas tanggal 14 Pebruari, banyak pasangan yang mewajibkan diri untuk membeli coklat

Padahal, kalau katanya Conan alias Shinichi Kudo, tradisi itu sebenarnya hanya merupakan sebuah ajang promosi besar-besaran dari perusahaan pembuat coklat 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya