Rabu, 08 Agustus 2012


Surga Kecil Jatuh di Papua

Papua memang dunia penuh petualangan, tanah yang begitu luas yang penuh keindahan. Selain Kepulauan Raja Ampat dan Danau Sentani, Papua masih memiliki banyak keindahan yang belum tereksplorasi. Sayang sampai saat ini perhatian pemerintah akan eksotisme Papua masih sangat kurang

Berikut ini adalah sebagian kecil dari eksotisme Papua, yang masih terabaikan

1. Taman Laut Kepulauan Ambai yang Amboi
Spoiler for Taman Laut Kepulauan Ambai
Taman laut ini terdiri dari beberapa pulau. Bisa dicapai dari darat (timur Kota Serui) melaluia Desa Ambai Diru namun lebih mudah melalui laut (menyewa kapal). Di taman laut ini, kegiatan utama adalah snorkeling dan diving. Di sela-selanya, bisa singgah di beberapa pulau berpasir putih. Bawa sendiri makanan, minuman dan alat snorkeling atau menyelam.
Harga Tiket Masuk : Rp. 0
Jam Beroperasi : -


Spoiler for Taman Laut Kepulauan Ambai


Spoiler for Taman Laut Kepulauan Ambai


2. Danau Paniai
Spoiler for Danau Paniani
Danau Paniai merupakan salah satu danau yang patut untuk dikunjungi di Provinsi Papua. Pemandangan yang cantik khas pulau ujung timur Indonesia siap menghipnotis Anda. Objek wisata ini berada di wilayah Kecamatan Paniai timur, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua.

Air danau yang biru berkolaborasi dengan sinar matahari menjadi pemandangan mata yang jarang kita temukan di kota-kota besar sekaligus memanjakan mata.
Selain menikmati keeksotisan Danau Paniai dari pinggir danau, Anda dapat mencoba suasana lain, seperti memancing atau menyewa perahu kepada penduduk sekitar untuk mengelilingi danau yang luas itu.

Selain menikmati biru danau dan gemericik air yang dibelah laju perahu, Anda dapat juga menggunakan momen tersebut untuk mengabadikan kawasan danau dari berbagai sisi.


Spoiler for Danai Paniai


Spoiler for Danai Paniai


Spoiler for Danai Paniai


3. Air Terjun Wapsdori
Spoiler for Air Terjun Wapsdori
Air Terjun Wapsdori adalah salah satu potensi alam yang ada di Provinsi Papua. Memiliki ketinggian sekitar 12 meter, lokasi ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan memesona. Air terjun ini memiliki lokasi di Kecamatan Biak Barat, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Wisata tirta ini memiliki air terjun yang sangat cocok untuk pemandian alam. Keunikan yang dimiliki oleh Air Terjun Wapsdori ialah bahwa sebenarnya air terjun ini merupakan aliran air Sungai Wardo yang "luber" di atas dua buah batu berbentuk bulat dengan ukuran yang sangat besar.

Dengan aliran yang tidak terlalu deras, wisatawan bisa mandi dan berenang di tempat ini. Selain itu, wisatawan juga dapat berjalan-jalan menyusuri hutan yang berada di tepi sungai.


Spoiler for Air Terjun Wapsdori


Spoiler for Air Terjun Wapsdori


Spoiler for Air Terjun Wapsdori


Spoiler for Air Terjun Wapsdori


4.Danau Giji
Spoiler for Danau Giji
Danau Giji merupakan danau yang memiliki pemandangan indah berbalut udara sejuk. Danau ini terletak di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Kawasan ini merupakan tempat yang memiliki wisata dan lokasi yang memiliki nilai sejarah.

Di dekat Danau Giji juga terdapat Danau yang tidak kalah indahnya, yaitu Danau Anggi Gita. Sayang, kedua danau ini terpisahkan oleh gunung. Andai saja tidak terpisahkan oleh gunung, Danau Giji dengan Danau Anggi Gita merupakan gabungan dari dua danau yang sangat indah.

Kedua danau tersebut sama-sama berada di kawasan pegunungan Arfak pada ketinggian 2.030 meter di atas permukaan laut. Keduanya juga menyajikan keindahan alam yang sangat memesona.


Spoiler for Danau Giji


Spoiler for Danau Giji


Spoiler for Danau Giji


5. Berenang di Kegelapan Pulau Mansurbabo
Spoiler for Pulau Mansurbabo
Pulau sempit ini berdiri di atas Atoll Mansurbabo, sebuah atoll yang menjadi zona inti ekologis Kepulauan Padaido, Biak. Pasirnya putih, airnya jernih dan ketika air asang, berenang di pantai di sekitar pulau ini sungguh menyenangkan. Pulau ini bisa dicapai dengan menyewa kapal kayu, menempuh perjalanan sekitar satu setengah hingga dua jam. Kegiatan lain - dan lebih asyik - adalah snorkeling dan diving. Tidak ada penduduk di pulau ini, jadi bawa sendiri seluruh keperluan Anda. Jika ingin merasakan menginap di pulau, sebelum sore Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Nusi. Di sana tersedia homestay yang dikelola oleh penduduk.


Spoiler for Pulau Mansurbabo


Spoiler for Pulau Mansurbabo


Spoiler for Pulau Mansurbabo


Spoiler for Pulau Mansurbabo


6. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Spoiler for Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Teluk Cenderawasih menawarkan pemandangan terumbu karang, yang jika ditotal, memakan area seluas 70.000 hektare. Di sekitar pulau Rumberpon, ada bangkai pesawat tempur Jepang masa Perang Dunia II yang juga menarik untuk dikunjungi. Selain itu, ada 209 jenis ikan dan 4 jenis penyu yang tinggal di Teluk Cenderawasih. Pokoknya, tak akan habis-habisnya deh, kita memfoto objek-objek di taman laut Teluk Cendrawasih ini.
Nah, bintang dari Teluk Cenderawasih sebenarnya adalah hiu paus. Ikan hiu ini memiliki tubuh sebesar paus, dengan panjang sampai 14 meter. Juga seperti paus, ikan ini hanya memakan binatang kecil dan sangat jinak. Para non-diver di Teluk Cendrawasih ini cukup beruntung, karena ikan terbesar di dunia ini sering juga berenang ke dekat permukaan laut dan sehingga bisa ikut dinikmati dari atas permukaan laut.


Spoiler for Teluk Cendrawasih


Spoiler for Teluk Cendrawasih


Spoiler for Teluk Cendrawasih


Spoiler for Teluk Cendrawasih


Spoiler for Teluk Cendrawasih






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya