Senin, 10 Desember 2012

Kayak apa perputaran siang dan malam di tempat deket kutub? Cek this out gan..

Berhubung di Lounge sepi ane coba [pindahin threadnya ke sini yah, mungkin lebih cocok.

Seperti biasa sebelum ane mulai: mohon maaf kalo repost, tapi anyway ane harap semoga bisa menambah wawasan dan menghibur 

Kali ini ane mau share mengenai perputaran siang-malam di satu tempat deket kutub gan, yaitu di Tromso di negara Norwegia.

Sebagaimana yang agan pernah denger atau alamin sendiri, terutama di bulan puasa kalo di negara Barat itu magribnya bisa jam 10 malem pas musim panas atau jam 3 sore di musim dingin, nah di Tromso ini mirip2 lah, cuma ada yang lebih ekstrim lagi...

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada video yang direkam oleh Universitas Tromso yang merekam sepanjang tahun (di video ini tahun 2006) selama 24 jam penuh (time lapse video) dari 1 Januari s/d 31 Desember. Agan bisa liat perputaran siang dan malam sepanjang tahun per bulan selama 24 jam, yang paling ekstrim sih Januari-Februari pas puncak musim dingin dan Juni-Juli pas puncak musim panas (fenomena "midnight sun").

Saran ane sih agan stream dulu sampe full video ini trus agan pause di tengah2 untuk liat waktu2 yang agan pengen liat (terutama Juni-Juli pas tengah2) jadi agan bisa liat "ajaibnya" siang dan malam di tempat itu. Oh ya di pojok kiri bawah ada keterangan tanggal dan waktu videonya di ambil.

Cek gan:

Spoilerfor siang dan malam Tromso tahun 2006


Nah kalo misal video di atas terlalu cepet muternya (karena setaun cuma ditampilkan dalam 11 menit), atau agan2 pengen liat bulan tertentu aja, misal Januari, Februari, Juni atau Juli seperti yang ane sarankan, silakan cek di link ini.
HTML Code:
http://weather.cs.uit.no/video/index-2011.html


Link yang ane ambil di atas contoh rekapan taun 2011. Tahun lainnya juga ada. Silakan download yang agan pengen liat, terus biar lebih maksimal ane saranin agan puter videonya per-frame gitu jadi agan bisa liat perputarannya perjam..

Fenomena ini terjadi di semua tempat yang dekat kutub, yaitu di utara Lingkar Arktik atau Arctic Circle (Scandinavia Utara, Rusia Utara, Kanada Utara, dan Alaska) dan sebelah selatan Garis Antartik atau Antarctic Circle. Karena sebelah selatan garis Antartik tidak ada pemukiman permanen manusia, makanya biasanya fenomena ini cuma terekam di Utara Lingkar Artik aja, dan yang terdokumentasi paling bagus ya di Tromso ini...

Oh ya gan, buat rangkuman "uniknya" perputaran siang malam ini ane cantumin contoh jadwal shalat di Tromso tahun 2006 (waktu setempat), ane ambil yang ekstrim aja yah, tanggal 16 Januari sama 27 Juli:
Spoilerfor "waktu shalat Tromso 16 Januari 2006"

Subuh: 06.11
Terbit matahari: 11.16
Zuhur: 11.54
Asar: 11.59\t
Maghrib: 12.33
Isya: 17.25

Spoilerfor "waktu shalat Tromso tanggal 27 Juli 2006"

Subuh: 01.04\t
Terbit matahari: 01.24\t
Zuhur: 12.51\t
Asar: 17.37\t
Maghrib: 00.18\t
Isya: 00.36

(Sumber jadwal shalat: islamicfinder.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya