Selasa, 18 Februari 2014

12 Kelebihan Bahasa Indonesia di Mata Dunia

1. Dijadikan Bahasa Resmi Ke - 2 di Vietnam
Spoiler for 1
Quote:Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, kata seorang diplomat Indonesia.


Quote:
2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia

Spoiler for 2
Quote:Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan perbaiki citra.

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri Andri Hadimengemukakan hal itu ketika tampil pada pleno Kongres IX Bahasa Indonesia, yang membahas Bahasa Indonesia sebagai Media Diplomasi dalam Membangun Citra Indonesia di Dunia Internasional, Rabu (29/10) di Jakarta. “Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya,” katanya.



Quote:
3. Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia

Spoiler for 3
Quote:Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin. “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia.



Quote:
4. Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress

Spoiler for 4
Quote:Fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting­ WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.



Quote:
5. Bahasa dan Musik Indonesia dikirim ke luar angkasa

Spoiler for 5
Quote:Satelit Voyager adalah sebuah wahana luar angkasa tanpa awak yang diluncurkan amerika serikat tahun 1977. Digerakkan dengan tenaga nuklir, voyager diharapkan mampu mengirim data ke bumi sampai tahun 2025 ( 48 tahun setelah diluncurkan) sebelum pasokan listriknya habis.

Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia.


Quote:
6. Keunikan Angka dalam Bahasa Indonesia

Spoiler for 6
Ternyata setiap bilangan mempunyai saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya Satu dan Sembilan mempunyai huruf awal, yaitu S, dan bila dijumlahkan satu dan sembilan hasilnya adalah sepuluh.

Begitu juga dengan Dua dan Delapan, Tiga dan Tujuh kemudian Empat dan Enam. Berturut-turut sampai dengan angka Lima. Lima dijumlahkan dengan dirinya sendiri juga hasilnya sepuluh.




Quote:
7. Paling Populer di Australia

Spoiler for 7
Quote:Perlu kamu tahu nih kawan, di Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Ada kurang lebih 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia di negara kanguru ini. Sama seperti di Negara kita, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. Beberapa universitas di Australia ini juga ada yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia lho, hal ini membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling populer mengembangkan bahasa Indonesia. jadi jangan heran kalau kamu sedang berkunjung ke Australia, kamu menemukan anak – anak SD yang bisa menyapa kita dengan sapaan khas orang Indonesia ‘Selamat pagi, apa kabar?’



Quote:
8. Pusat Studi Indonesia di Afrika 

Spoiler for 8
Quote:Salah satu Negara di benua Afrika, yaitu Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia, kawan. Negara piramid dan sphinx ini baru saja membangun Pusat Studi Indonesia lho. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.



Quote:
9. Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola

Spoiler for 9
Quote:Siapa coba yang nggak tahu Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Yup, tiga klub sepak bola di Itali ini telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa Indonesia. Hal itu menunjukan kalau Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia. Wow!



Quote:
10. Lama di Jepang

Spoiler for 10
Quote:Di negara matahari terbit ini sudah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia, kawan. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969.



Quote:
11. Bahasa yang Diprioritaskan di Vietnam

Spoiler for 11
Quote:Vietnam juga merupakan negara yang menghargai bahasa Indonesia. Di Vietnam, posisi bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis dan Jepang sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan.



Quote:
12. Bahasa sehari-hari yang sering digunakan di Timor Leste.

Spoiler for 12
Quote:Sudah tahu kan bahwa dulu Timor Leste adalah bagian dari NKRI, namun meskipun sudah memisahkan diri masih banyak warganya yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, seperti dalam bertransaksi di pasar, bahasa pengantar dalam pendidikan, dsb.



UPDATE

Quote:
13. Perwira di Kamboja wajib bisa berbahasa Indonesia

Spoiler for 13
Quote:Buku - buku taktik perang karangan perwira militer Indonesia banyak digunakan oleh militer Kamboja. Oleh karenanya, para calon perwira di militer Kamboja, wajib belajar dan dapat berbahasa Indonesia. (wikipedia)



Quote:14. Bahasa Indonesia Akan Menjadi Bahasa Resmi ASEAN (UPDATE)
Spoiler for 14
Quote:Bila tak ada halangan pada bulan September nanti, para delegasi ASEAN Inter-Parliamentary Assemby (AIPA) menggelar pertemuan lanjutandi Kamboja. Yang menarik, dalam pertemuan itu akan diputuskan, apakah bahasa Indonesia akan menjadi bahasa resmi negara-negara ASEAN. Hal ini terungkap dari pernyataan Ketua DPR Marzuki Alie yang menjadi salah seorang delegasi Indonsia disela-sela pertemuan tingkat tinggi KTT. (topix)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wacana agar mendorong bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi ASEAN kembali mengemuka. Kali ini diutarakan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan yang tampil sebagai Keynote Speaker dalam seminar sehari Prisma Resource Center, bertajuk 'Ekonomi Politik Bahasa Indonesia, Identitas Bangsa: Bangga Berbahasa Indonesia' yang berlangsung di Auditorium Adhiyana, Wisma Antara, Jakarta, Senin, (28/10).

Seminar dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ini menghadirkan pembicara, Rocky Gerung (FIB-UI), Ignas kleden (KID), Daniel Dhakidae (Prisma), Akhmad Kusaeni (Pemred LKBN ANTARA) dan Asro Kamal Rokan (wartawan senior).

''Sudah saatnya bahasa Indonesia dijadikan bahasa pemersatu ASEAN dan saya juga akan usulkan bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa resmi PBB,'' ujar Gita yang menekankan bahwa bahasa Indonesia telah memainkan peran strategis sebagai jendela untuk melihat dan memahami perkembangan umat manusia dan peradaban dunia.

''Hal yang juga ikut membanggakan kita sebagai warga Indonesia adalah tumbuh dan berkembangnya kajian-kajian bahasa Indonesia di berbagai perguruan tinggi di sejumlah negara sahabat,'' terang Gita.

Dijelaskan Gita, salah satu daya tarik bahasa Indonesia bagi kebanyakan pemerhati atau ilmuwan asing adalah kemampuannya yang luar biasa untuk menyatukan lebih dari 300 etnis yang memiliki bahasa masing-masing dan tersebar di lebih dari 17.000 pulau.

''Sepertinya, tidak ada negeri lain di dunia ini yang memiliki kemajemukan sosial budaya dan geografis sebagaimana negeri kita,'' jelasnya yang menambahkan sulit dibayangkan, apa yang akan terjadi di hamparan ribuan pulau ini tanpa kehadiran bahasa Indonesia.

Diungkapkan Gita, di Vietnam, bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan. Vietnam merupakan anggota ASEAN pertama yang menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua di negaranya.

Sedangkan di Malaysia, Singapura, Brunai dan Timor-Timor, penggunaan bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa sehari-hari. ''Jadi mau apa lagi, bahasa Indonesia sudah teruji sebagai alat pemersatu. Pokoknya, di setiap kesempatan saya akan mendorong penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi utama ASEAN,'' kata Gita.



Quote:
15. Lagu Indonesia yang terkenal di Jepang dan Rusia

Spoiler for 15
Quote:Bengawan Solo adalah sebuah lagu Indonesia berirama keroncong yang terkenal ciptaan Gesang. Diciptakan pada tahun 1940, lagu ini terinsipirasi dari sebuah sungai asli dengan nama yang sama di Jawa Tengah. Liriknya mendeskripsikan sungai tersebut dengan gaya yang nostalgia. Setelah Perang Dunia II, pasukan Jepang yang kembali ke negaranya membawa lagu ini bersama mereka. Di sana, lagu ini menjadi populer setelah dinyanyikan berbagai penyanyi, di antaranya Toshi Matsuda. Di Uni Soviet lagu itu dinyanyikan dengan suikses oleh penyanyi Maya Golovnya.



Quote:
16. Karya Sastra Indonesia yang diterjemahkan dalam 30 bahasa

Spoiler for 16
Quote:Novel Bumi Manusia karya Promedya sudah diterjemahkan lebih dari 30 bahasa, sayang di negara sendiri buku ini dilarang oleh pemerintah di masanya. Banyak penghargaan yang di dapatkan dari karya sastra ini, tidak hanya itu hebatnya karya sastra ini menjadi nominasi peraih nobel sastra dan satu-satunya dari Indonesia yang pernah ada. (nafibuncis)


UPDATE lagi gan


Quote:
17. "Ve, Hantam Mereka," kata Joe Taslim di Film Fast & Furious 6

Spoiler for 16
Quote:Dalam sebuah adegan lari dengan Dom (Vin Diesel), Joe mengucapkan kalimat: 'Ve, hantam mereka'.

Langsung saja, penonton kaget dan bersorak girang Joe bicara bahasa Indonesia meski hanya dua kata. Ada kebanggaan, orang Indonesia bicara bahasa Indonesia di film besar Hollywood.

Joe Taslim sendiri tak menyangka salah satu adegan berbahasa Indonesia itu tak dipotong sutradara, Justin Lin. Menurut Joe, bahasa Indonesianya di film tersebut sebagai penegasan, bahwa dirinya aktor dari Indonesia. (medanbagus .com)


 SAYA CINTA INDONESIA 

SUMBER
Quote:Ada sebagian info yang repost gan, tapi gak semuanya. Ada beberapa info yang ane tambahin dari pengetahuan ane sendiri dan tambahan dari para kaskuser lainnya. Repost ga jadi masalah kan gan? Ga semua orang tau atau pernah baca infonya. Ane berharap semoga thread ini menambah pengetahuan dan rasa nasionalisme kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya