Hildebrand & Wolfmüller, sepeda motor pertama di dunia yang dibuat tahun 1894. Dikembangkan oleh Heinrich dan Wilhelm Hildebrand di Munich, Jerman. Lalu mengapa Hildebrand & Wolfmüller disebut sebagai sepeda motor pertama? Bukannya yang pertama Gottlieb Daimler? Yah, Daimler pada tahun 1885 memasang mesin pada sasis sepeda, bukan desain sepeda motor sepenuhnya. Walaupun sudah ratusan tahun lalu, ternyata teknlogi yang digunakan sampai saat ini masih dipakai seperti mesin twin-cylinder, 4 langkah, berpendingin air, serta surface carburator.
Bersumber dari Wikipedia, contoh ada saat ini di Deutsches Zweirad-und NSU-Museum di Neckarsulm, Jerman, Science Museum di London, The Henry Ford di Detroit, Michigan, Wells Auto Museum di Wells, Maine, dan Museum Lalu Lintas di Surabaya, Indonesia.
Spesifikasinya :
Produsen | : | Hildebrand & Wolfmüller |
Produksi | : | 1894 – 1897 |
Mesin | : | 1489 cc, 2 silinder, 4 langkah, berpendingin air |
Bore x Stroke | : | 90 mm x 117 mm |
Kecepatan | : | 45 km/jam |
Daya | : | 2,5 bhp (1,9 kW) @ 240 rpm |
Ignition Type | : | Hot Tabung |
Transmisi | : | Drive Langsung melalui Connecting Rods |
Frame Type | : | Pipa Baja |
Rem | : | Spoon Brake, gesekan terhadap ban depan |
Ban | : | Pneumatic, depan 66 cm, belakang 56 cm |
Bobot | : | 50 kg |
Selengkapnya di Wikipedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya