Maaf Repost, tapi ane mau jelasin sejarah HD dari pertama sampai sekarang.
Tahun 1903, Pemuda Amerika
Spoiler for FOUNDER:
bersepakat untuk menciptakan transportasi sepeda bermesin untuk transportasi (pada saat itu masih banyak jalan ga rata) dalam gudang dekat rumah mereka
Spoiler for Pabrik pertama:
ukuran pabrik cuma 5 x 3m saja
mereka di bantu Davidson bersaudara berhasil membuat sepeda motor dan menamakan nya HARLEY-DAVIDSON, gabungan keluarga Harley dan Davidson, berikut penampakan motor pertama
Spoiler for HD1903:
terlihat masih adanya kayuh sepeda pada mesin
mereka memproduksi motor tersebut secara masal setelah mereka berhasil memenangkan perlombaan ketahanan motor dalam segala medan, dan memindahkan pabrik mereka dengan kapasitas produksi lebih besar, akibat permintaan yang sangat banyak.
HD tidak hanya memproduksi motor yang sudah ada, tetapi mengembangkan dengan membuat mesin dengan kapasitas besar yaitu 1000cc dan bentuk nya seperti huruf "V" dengan kemiringan mesin 45 derajat, dari bentuk mesin V menghasilkan suara yang unik yang menjadi ciri karakter mesin HD dan mematenkanya. Banyak yang meniru bentuk dan tampilan dari HD tetapi tidak untuk suara mesinnya.
Spoiler for V pertama 1909:
HD 1000cc HT 1911
HD berkembang hinga pada saat Perang dunia, presiden Amerika menginstruksikan HD untuk menciptakan motor untuk membantu peperangan tersebut, HD membuat Inovasi untuk produk terbaru mereka saat itu dimana semua di buat secara fungsional berikut penampkannya
Spoiler for WL/WLC/WLA 1940-1956:
bentuk tangki lebih besar dengan bentuk tetesan air (Tear droop) material lebih kokoh, ada system steer lock untuk pengendara bisa menembak musuh tanpa harus berhenti, ban lebih besar, engine guardl Side bar, besi melengkung di kiri kanan depan belakang, gunanya untuk melindungi pengendara ketika terjatuh tidak tertimpa motornya, box amunisi di atas ban depan, presneling ada di samping kiri tanki, dan kopling di kaki kiri, type ini hanya 3 tingkat percepatan.
berikut tampilan wl/wlc/wla pada g\motor harian
mesin yang digunakan IronHead 750cc
setelah perang selesai, HD tidak kehabisan akal, mereka berinovasi untuk kendaraan niaga, dan sosial seperti kepolisian.
Spoiler for model lain:
triki 1961
di karenakan banyak kompetitor HD membuat motor dengan berbagai model, HD tidak mau kalah, mereka membuat HD Scooter Topper, kemudian bekerjasama dengan pabrikan Italia untuk menguasai pasaran motor dunia. berikut produk HD yang juragan belum tau
Spoiler for Produk lain:
Aermacchi 125cc
HD Moped 1956
HD Moped 1956
Untuk menarik minat konsumen, HD membuat beberapa variant sesuai fungsi dan selera konsumen. berikut 4 type HD yang ada sampai saat ini.
Spoiler for ELECTRA:
ELECTRA GLIDE CLASIC, cirinya fullbox atau biasa di sebut bager dan full music
yang ini namanya ELECTRA GLIDE ga pake nama clasic, ciri hanya side box saja, ada juga yg pakai box center tapi tanpa radio tape.
POLICE ELECTRA GLIDE
ciri dari type electra faringnya melindungi sampai seluruh stang motor, selain itu speedo meter letaknya di faring tersebut, biasanya di tangki nya.
tahun 2010 HD mengeluarkan kembali type Triki nya,
yang ini namanya ELECTRA GLIDE ga pake nama clasic, ciri hanya side box saja, ada juga yg pakai box center tapi tanpa radio tape.
POLICE ELECTRA GLIDE
ciri dari type electra faringnya melindungi sampai seluruh stang motor, selain itu speedo meter letaknya di faring tersebut, biasanya di tangki nya.
tahun 2010 HD mengeluarkan kembali type Triki nya,
TYPE HERITAGE
Spoiler for HERITAGE:
Type Heritage lebih langsing dari electra, dan yang menjadi ciri utama type ini shock brekernya di umpatin di bawah, tampilan motor terlihat rigid seperti type WL, hanya saja type WL ada per di sadelnya. posisi dari shokbreker heritage.HERITAGE SOFTAIL
HERITAGE SPRINGER SOFTAIL perbedaan pada fork depan, springer ada pernya dan lebih ribet.
HERTGAE SPRINGER SOFTAIL CLASIC perbedaan tampilan lebih mirip electra. FAT BOY, masih satu type dengan Heritage, ciri menonjol pada Fatboy, lampu utama menyatu dengan fork depan seperti org gemuk ga keliatan lehernya gan...
ROAD KING modelnya gan...
TYPE DYNA
Spoiler for DYNA:
ciri dari type DYNA adanya double shockbreker di belakang dan berbentuk per (Spiral) jika electra di copot sideboxnya, pernya agak lebih maju dan bentuknya tabung. varian ini lebih mirip dengan Sportster hanya beda di mesin saja tampilan mesin bawah lebih banyak tekukan di banding sportster
TYPE SPORTSTER 883cc DAN 1200cc
Spoiler for SPORTSTER:
Variant terakhir ini di peruntukan buat agan wati, karena body lebih ramping dan jarak sumbu roda lebih pendek. ada 2 type Sportster di bedakan berdasarkan kapasitas mesin yaitu 883 dan 1200
type 883cc Ciri dari type ini sama dengan Dyna, hanya saja spedometer di stang, dan bagian bawah mesin tidak banyak lekukan. untuk variant yang lain menggunakan mesin 1430 cc dr tahun 1980 an sampai 2003 tahun 2003 dampai sekarang 1560cc
perbedaan 1200 dan 883 ada pada bentuk tanki, 1200 lebih panjang dan 883 lebih ke atas, selain itu panjang block mesin berbeda.
type 883cc Ciri dari type ini sama dengan Dyna, hanya saja spedometer di stang, dan bagian bawah mesin tidak banyak lekukan. untuk variant yang lain menggunakan mesin 1430 cc dr tahun 1980 an sampai 2003 tahun 2003 dampai sekarang 1560cc
perbedaan 1200 dan 883 ada pada bentuk tanki, 1200 lebih panjang dan 883 lebih ke atas, selain itu panjang block mesin berbeda.
setelah mencetak 4 variant HD terancam bangkrut di karenakan konsumen lebih memilih pruduk jepang, di karenakan harga lebih murah, FYI Salah satu kompetitor HD yaitu INDIAN tahun 1956 bangkrut dan di beli pihak Jepang dan berganti nama Kawasaki.
HD terancam bangkrut di tahun '80an dan akan di beli Jepang, namun Presiden Amerika melarang dan membantu HD dengan keringanan Pajak, selain itu bantuan dana segar juga di berikan pemerintah.
HD tahun 1990an, kembali bangkit dan memproduksi bukan haya motor, tetapi perlengkapan dan aksesoris HD, Di Indonesia juga ada perkumpulan pecinta HD tapi tidak memiliki motornya namanya IPAH, Ikatan Penggemar Accesoris Harley.
Spoiler for aksesoris:
Setelah di dukung oleh presiden dan pemerintah Amerika HD terus melakukan inovasi pada mesin dan tampilan motornya, mulai dari single engine, Double Engine V-twin, Iron Head, Flat Head, Knuckle HEad, Pan HEad, Twincam 88, dan sekarang EVO.
HD juga mengadakan pertandingan dan kompetisi, dirtytarck (balapan di lintasan berpasir, balpan track lurus, dan lain2.
berikut ini foto2 HD yang ane rangkum untuk juragan penggemar HD.
Spoiler for HARLEY GAN:
Pada Tahun 2002 menjelang perayaan 100 thn HD, HD kembali berinovasi, memberikan yang beda pada produk baru mereka, dan melahirkan Type bungsu yaitu Type V-ROD.
TYPE V-ROD
Pengembangan dari model Balap HD mengaplikasikan untuk kendaraan harian, dan menggunakan mesin yang berbeda dari 4 type diatas, dimana perbedaan dari sudut tidak lagi 45 derajat, tapi sudah 60 derajat. dengan tambahan pendingin air (Radiator)
Spoiler for V-ROD:
Secara keseluruhan tampilan berbeda dengan 4 Type pendahulunya, dan V-ROD merupakan hadiah 100th HD utk konsumen nya.
Perkembangan HD Di Indonesia dimulai pada kendaraan operasional PasPamPres IR. Sukarno, dan mulai banyak di pakai untuk dinas kepolisian. Selain itu, Komedian Indro WARKOP ikut bertanggung jawab, selama dia bermain film, selalu menggunakan t-shirt HD.
Spoiler for TERSANGKA:
Ada Cerita dr bang Indro Warkop, dia pernah nemu HD WLA di tukang rongsokan,
Spoiler for Ilustrasi:
dia beli itu HD WLA di kiloin, dapet harga Rp.900rb, di benerin sampai habis 60 - 70 jt, lagi jalan2, Bang Indro distop sama bule, di suruh minggir, katanya minta foto, di pikir bang Indro, dia dah tenar sampai luar negri pas dah gaya di samping WLAnya, itu bule bilang, " Maaf tolong anda minggir saya mau foto motornya saja..." begitu ceitanya. karena pada saat itu sangat jarang WLA bisa hidup (Nyala).
Ada 3 Club Besar HD di Indonesia
Harley Owner Group, klo agan beli motor HD di showroom resmi seperti Mabua HD agan otomatis jadi membernya.
Kalo agan mau jadi membernya HDCI, harus punya Motor HD minimal sudah electick stater, klo belum agan masuk ke Club yang satu lagi yaitu :
ini dia gan, klo agan punya HD masih Kick Stater alias di engkol
Ikatan Sport Harley Davidson, kegiatan nya seperti atraksi2 seperti ini gan.
ada juga HD citarasa Indonesia
Spoiler for HD BATIK:
lihat detailing Catnya juragan,, di batik, ada ukiran leak bali di mesinnya .. keren yah...
demikian info tentang
Sekarng ini, montir HD di permudah dengan adanya sistem komputeris di motor HD, cukup plug kabel data ke motor dan sudah terdeteksi kesalahan dan masalah di motor HDnya...
Inilah tampilan HD terbaru...
sedikit Bonus Buat Juragan... (no JEBMEN)
Spoiler for BONUSSS.... BB dikit:
HD berawal menggunakan mesin Single engine yang masih mengguakan pedal sepeda untuk menghidupkannya. terakhir dengar bahwa di Indonesia masih ada orang yang pakai motor ini, dan dalam kondisi nyala. Infonya mesin ini berbahan bakar karbit...??? belum ada penjelasan pastinya.
Spoiler for MESIN HD:
1940 an, mesin ini dinamakan FLAT HEAD dan di pakai untuk perang dunia untuk type WL/WLC/WLA. kopling di kaki kiri, dan presnelingnya di samping kiri tangki, ada 3 tingkat percepatan.
mesin pertama untuk doble engine atau "V"twin. dan menghidupkannya masih memakai kayuh sepeda.
DIagram penggunaan type mesin.
mesin HD yang di gunakan untuk Sccoter Topper.
ifo terakhir, HD akan mengembangkan type scooternyaberiku penampakannya
Tidak tau pasti kapan akan masuk ke Indonesia dan harganya bisa saja lebih mahal...
1928 engine
1947 Knucle Head (kepalan Tangan)
Pan Head (pantat panci)
1957 PanHead
Evolution Engine
hingga sekarang mesin ini masih di gunakan dan kabar terakhir kapasitas mesin dari 1340cc menjadi 1540 cc.
Banyak juga rider yang bore up sampai 2200cc menggunakan kompnen after market khusus mesin HD diantaranya S&S dan Screaming Eagle.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya