Senin, 24 Oktober 2011

Fenomena Keindahan Gunung Bromo,Kawah Didalam Kawah[MUST SEE IT]



Quote:
Quote:
Quote:
Obyek wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu ikon yang paling menjual bagi departemen pariwisata Indonesia, atau Jawa Timur pada khususnya.Obyek wisata seperti Taman National Bromo, Tengger, Semeru, Gunung Bromo, yang merupakan salah satu bagian lingkup taman nasional ini menawarkan eksotika keindahan tersendiri sebagai obyek wisata gunung dibandingkan wisata gunung yang lain. Bukan hanya karena bentuk gunung dan kawah belerangnya yang sangat khas, namun lebih dikarenakan lokasi keberadaannya yang sangat unik dan menarik. Orang menyebutnya crater in the crater, atau kawah didalam kawah,karena sebenarnya Gunung Bromo dan gunung-gunung yang berada disekitarnya (Gunung Batok,dll) hanya merupakan ‘tonjolan-tonjolan’ yang berada didalam kawah yang berukuran sangat besar, dimana areal kawah ini adalah sebesar lautan pasir (Segoro wedi). Sejarahnya memang jaman dahulu kala gunung ini adalah gunung yang jauh lebih besar daripada Gunung Semeru yang ada tepat berdada disampingnya, yang kemudian meletus dengan dahsyatnya sehingga terbentuklah kawah berpasir ini dengan gunung-gunung kecil yang terbentuk didalam kawah bekas letusannya ini. Salah satunya adalah Gunung Bromo ini.
Quote:
Quote:
Untuk akses menuju Gunung Bromo ini ada dua pintu masuk, yaitu pintu masuk sebelah timur (Tosari,Pasuruan) dan pintu masuk sebelah barat (Cemoro Kandang,Probolinggo). Keduanya memiliki nilai lebih masing-masing. Namun sangat disarankan kalau petualangan di Bromo akan lebih menarik jika kita masuk melalui pintu sebelah timur. Petualangan akan dimulai di gardu pandang gunung Bromo dan Semeru yang terletak di Gunung Penanjakan. Disini kita akan menikmati indahnya sunrise berlatarkan gunung Bromo dan Semeru. Jika anda pernah melihat gambar atau foto yang berlatarkan gunung Bromo dan Semeru yang sangat indah,disinilah tempat foto itu diambil. Setelah kita puas menikmati sunrise disini, sekitar pukul setengah tujuh kita bisa turun menuju lautan pasir. Disini kita bisa menikmati gabungan suasana padang pasir dengan pegunungan yang tidak ada duanya. Dan terakhir kita menuju Gunung Bromo untuk menikmati kawah beserta pemandangan disekitarnya.
Jika anda bertanya-tanya kenapa kita tidak menikmati sunrise dipuncak Gunung Bromo saja, seperti kebanyakan pemikiran orang-orang. Alasan pertama dan utama adalah sunrise tidak tampak disini. Matahari baru kelihatan setengah jam sampai satu jam dari waktu asli terbitnya dikarenakan terhalang oleh gunung yang lebih tinggi yang ada disekitarnya. Karena memang ini bukan pendakian gunung sejati, maka sensasi berada dipuncak pada saat sunrise pun tidak begitu penting. Lebih mantab jika kita benar-benar melihat sunrise dengan berlatarkan gunung Bromo yang sangat indah.
Code:
Rute Perjalanan:

Surabaya – Gempol – Pasuruan – Warung Dowo : 1,5 jam (perjalanan malam hari)
Malang – Purwodadi – Purwosari – Warung Dowo : 1 jam ( perjalanan malam hari)
Warung Dowo – Tosari  : 1-2 jam (perjalanan malam hari)
Tosari – Penanjakan : 30 menit
Penanjakan – Segoro Wedi : 25 menit
Segoro Wedi – Bromo : 15 menit
Tarif:

Retribusi masuk areal TNBTS : Rp.5000 per orang
Sewa hardtop : Rp.300.000 per mobil
Sewa kuda : Rp.20.000 (nego)
Tips:

Berkunjunglah pada musim kemarau, jangan musim penghujan, sehingga anda akan mendapatkan momen pemandangan yang sempurna.

Siapkan pakaian pelindung dingin, seperti kerpus, slayer, syal, sarung tangan, jaket, dan jangan lupa sepatu karena cuaca disini cukup dingin.

Bawalah juga kacamata untuk pelindung dari debu pasir selama di segoro wedi.
Jangan berada dikawah Bromo diatas pukul 9 pagi untuk menghindari resiko keracunan.

Timing yang paling tepat berangkat dari Surabaya atau Malang adalah sekitar pukul 12-1 malam.
Quote:
Berikut beberapa penampakannya
Quote:
Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :


Spoiler for :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya