Minggu, 30 Oktober 2011

Semar Mesem Melihat Janda Bengil di Cipete


Bondan Winarno - detikFood
Semar Mesem Melihat Janda Bengil di Cipete
Foto: Bondan Winarno
Jakarta - Sungguh membahagiakan kemunculan banyak restoran baru di Jakarta dengan menu utama masakan Indonesia. Yes, Indonesian cuisine is here to stay! Selangkah lagi, sudah saatnya kita membawa masakan tradisional Indonesia ke ranah dunia.

Di Cipete, sebuah restoran bergaya modern hadir dengan menu kebanggaan Indonesia. Letaknya berseberangan dengan RS Setia Mitra, sehingga cukup mudah ditemukan. Jangan sangsi dulu! Sekalipun tempatnya berkesan mewah, tetapi harga-harganya ternyata cukup terjangkau.

Beberapa makanan di daftar menu ditampilkan dengan nama lucu. Sapi Mercon tentu dapat diduga adalah tumisan (stir-fry) daging sapi yang super-pedas. Sop Iga Kadeudeuh tentunya ada hubungannya dengan kelezatan yang membuat rindu. Cumi Bogasari sudah sangat jelas adalah cumi yang digoreng renyah dengan adonan tepung. Tetapi, Iga Leyeh Semar Mesem itu apa, dong? Semula saya duga ini adalah asem-asem iga. Ternyata salah. Ini adalah nama lain dari iga penyet – iga goreng dipenyet dengan sambal trasi.

Lalu, apa pula maksudnya Tape Bakar Rondo Bengil yang merupakan pencuci mulut rekomendasi dapur Rempah Wangi? Di Jawa, tape goreng tepung jamak disebut Rondo Royal (janda yang generous dalam menyuguhkan makanan). Tetapi, kenapa kalau tapenya dibakar jandanya jadi bengil (dalam bahasa Bali berarti dekil)? Ahahay, tentu saja. Bukankah tape singkong yang kuning ayu berubah menjadi hitam dekil bila dipanggang? Tetapi, "kedekilan" ini dipupuri dengan parutan keju dan susu kental manis yang membuatnya jadi suguhan pencuci mulut istimewa.

Karena belum mengenal resto ini sebelumnya, dalam kunjungan uji coba pertama saya memesan nasi goreng kluwek (Rp 30 ribu) – berwarna hitam karena memang dibumbui kluwek – dengan ekstra lauk udang goreng telur asin (Rp 55 ribu). Ternyata, verdict-nya sama sekali tidak mengecewakan. Top markotop!

Lain kali saya tentu akan datang lagi untuk mencicipi berbagai sajian lainnya. Di daftar menu sudah saya tandai beberapa menu untuk kunjungan berikut, antara lain: ayam taliwang, patin bakar, kecipir teri, buncis szechuan, dan lain-lain.

Bila Anda berencana mengundang banyak orang untuk makan bersama di Rempah Wangi, resto ini juga menyediakan berbagai pilihan paket dengan harga antara Rp 65-100 ribu per orang. Resto ini juga mempunyai outdoor terrace, function hall, dan private room yang cocok untuk acara keluarga maupun bisnis.

Rempah Wangi
Wisma AMG
Jl. Fatmawati 29
Jakarta Selatan
021 7509168

(dev/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya