Minggu, 30 Oktober 2011

KOI: Tempat Baru, Menu Baru


Bondan Winarno - detikFood
<p>Your browser does not support iframes.</p>
KOI: Tempat Baru, Menu Baru
Jakarta - Seandainya Anda masih kebingungan karena "kehilangan" KOI yang semula berlokasi di Sabero House (sebelah McD Kemang), resto kesayangan Anda tersebut sebenarnya telah buka kembali di lokasinya yang baru di Kemang.

Tempatnya lebih luas, lengkap dengan galeri mebel, dengan tempat parkir kendaraan yang juga lebih luas. Di tempatnya yang baru ini, bangunan KOI terdiri atas tiga lantai. Lantai dasar untuk restoran. Lantai dua untuk galeri mebel. Dan lantai tiga disewakan untuk meetings dan private function yang dapat memuat 150 orang.

Salah satu menu baru yang ditawarkan KOI adalah Belgium Mussels Mariniere (Rp 140 ribu). Sepanci kerang hijau (impor) direbus dalam kuah garlic herb butter. Rempah yang digunakan antara lain adalah thyme, sehingga menghasilkan aroma yang sungguh indah, dipadu dengan taburan seledri rajang. Bila diingini, mariniere (kuah garlic herb butter) bisa diganti dengan krim parmesan yang lebih “nendang”. Masakan ini disajikan dengan roti untuk dicocolkan pada kuahnya. Mak nyuss!

Beberapa items dari menu baru yang populer adalah: Vietnamese Steak yang disajikan dengan nasi goreng (Rp 75 ribu), angel hair king crab aglio olio (Rp 110 ribu), dan venison (daging rusa) dalam saus basil (Rp 140 ribu). Penggemar steak tentu tidak akan melewatkan cote de boeuf – 600 gram Australian rib – untuk porsi berdua. Ada juga pad thai, berbagai jenis pasta, sandwich, dan salad. Burger-nya boleh dicoba, karena memakai tiga jenis keju – gruyere, emmenthal, dan blue cheese – yang membuat burger ini spesial.

Sebagai penggemar bebek, salah satu menu favorit saya di KOI adalah Duck Confit (Rp 125 ribu). Confit (baca: konfi) adalah cara mengawetkan daging maupun buah. Konfi daging biasanya dilakukan dengan menggarami, membumbui, membungkusnya rapat, lalu menyimpannya di suhu dingin (bukan di lemari es) selama beberapa minggu. Konfi buah memakai gula sebagai pengawet, karena itu juga sering disebut sebagai candied fruit.

Entah kenapa, konfi daging yang paling populer adalah konfi bebek (confit de canard, dan confit d’oie). Hampir semua restoran Prancis menampilkan konfi bebek dalam menu-nya – baik sebagai bahan salad, maupun untuk hidangan utama. Konfi bebek adalah makanan khas Prancis Selatan.

Daging bebek yang diawetkan dengan cara konfi ini menjadi empuk, lembut, agak asin, dengan aroma yang khas. Di Prancis, konfi bebek sebagai hidangan utama hampir seragam ditampilkan, yaitu: dengan kentang dan buncis kukus. Bagi saya, memesan duck confit adalah jaminan untuk mendapat makanan yang tidak pernah mengecewakan.

Di tempatnya yang baru ini, KOI buka sejak pukul 8 pagi dengan sajian menarik, yaitu paket Early-Bird Breakfast seharga Rp 35 ribu. Kopi atau teh dengan pilihan Brussels waffle, Liege waffle, fruit salad, atau KOI breakfast tart.

Jangan lupa, KOI Restaurant & Bar di Jl. Mahakam I/2, Kebayoran Baru (021 7222864) juga masih selalu buka seperti biasa.

KOI Cafe Gallery
Jl. Kemang Raya 72
Jakarta Selatan
021 7195668


(dev/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya