Minggu, 22 Juli 2012

15 Mata Kuliah Unik Dan Keren Di Amerika Serikat






Mahasiswa AS Belajar tentang Liburan & Sinetron...........
Mahasiswa AS Belajar Sejarah dari Mickey Mouse..........
Mahasiswa AS Belajar Panjat Pohon....


Quote:
DI Amerika Serikat (AS), beberapa kampus mengembangkan mata kuliah unik dengan latar belakang fenomena sosial yang tengah berkembang di masyarakat. Sebut saja mata kuliah tentang Harry Potter di Appalachian State University, atau mata kuliah tentang Lady Gaga di University of South Carolina.

Ada juga kampus-kampus yang menyediakan mata kuliah unik seperti kelas Zombie di Columbia College, atau mata kuliah tentang bersuka cita bersama sampah di Santa Clara University.

Berbagai mata kuliah unik ini menunjukkan kreativitas para dosen dalam menerjemahkan fenomena sosial ke dalam pembahasan akademik yang menarik. College Times melansir daftar berisi 15 mata kuliah paling keren yang sedang hip di Negeri Paman Sam tersebut :
Quote:
1. The American Vacation (University of Iowa)

Di kelas ini, mahasiswa diajak mengeksplorasi bagaimana pengalaman liburan para keluarga di AS. Para peserta kelas ini akan menyelami seluk beluk liburan hingga ke level mikrokosmik dengan diskusi mengenai sejarah sosial liburan, perbedaan kultural tentang pola liburan pada tiap masa, serta pola liburan berdasarkan ras, kelas masyarakat, dan gender.
Quote:
2. The Art of Walking (Centre College in Danville, Kentucky)

Mata kuliah filsafat biasanya membuat kening kita berkerut. Tapi tidak di kampus ini. Dosen pada program studi Modern Language di Centre College Ken Keffer memiliki pendekatan unik dalam mengajarkan filsafat. Kelas The Art of Walking yang diampu Keffer mengajak mahasiswanya berjalan kaki di tengah alam bebas. Keffer ingin memberikan pengalaman berkomunikasi dan mempelajari filosofi-filosofi sederhana dengan menemukan cara-cara baru dalam melihat keberadaan diri sendiri di tengah alam.
Quote:
3. Philosophy and Star Trek (Georgetown University) 

Para dosen kampus ini berpendapat, Star Trek sangatlah filosofis. Tidak heran, mereka pun menjadikan serial layar lebar laris dari Hollywood ini sebagai latar belakang mata kuliah. Kelas Philosophy and Star Trek menggunakan pendekatan tidak biasa dalam diskusi tentang awal mula keberadaan manusia melalui budaya pop. Mata kuliah ini adalah landasan bagi filsafat metafisika dan epistimologi. Diskusi-diskusi pada kelas ini berfokus pada pertanyaan besar dalam filsafat seperti, "Apakah perjalanan menjelajahi waktu mungkin dilakukan?" dan "Apakah realitas bisa berbeda secara radikal dari apa yang kita pikir?" Kelas ini mungkin akan menjadi alasan kita untuk menonton Star Trek berulang kali. Bagaimanapun, mata kuliah ini memang keren.
Quote:
4. Daytime Serials: Family and Social Roles (The University of Wisconsin) 

Kamu enggak perlu merasa 'bersalah' karena menonton opera sabun sepanjang hari. Departemen Kajian Wanita di kampus ini membuka mata kuliah yang mengajak mahasiswanya menyaksikan berbagai sinetron, yang kemudian diikuti dengan diskusi. Para mahasiswa di kelas ini akan diminta menguraikan bagaimana sinetron-sinetron tadi mempengaruhi isu gender di masyarakat dewasa ini. Tidak hanya itu, jika mengikuti kelas ini, kamu akan menganalisa tema dan karakter yang menjadi populasi sinetron di televisi. Kamu juga akan menginvestigasi pengaruh sosial karakter tiap gender terhadap keluarga dan dunia kerja mereka.
Quote:
5. Topics in Comparative Media: American Pro Wrestling (Massachusetts Institute of Technology)

Departemen Kajian Perbandingan Media di MIT mengajak mahasiswanya mempelajari dunia gulat AS. Mata kuliah ini memungkinkan mahasiswa mengeksplorasi sejarah budaya dan peliputan media tentang olahraga tersebut. Para mahasiswa juga meneliti kronologi perubahan karakter dan penampilan para atlet gulat profesional sejak dipengaruhi bisnis.
Quote:
6. White-Collar and Corporate Crime (University of California)

Selain para narapidana, civitas academica di departemen Ekologi Budaya University of Carolina adalah pakar dalam bidang kejahatan kerah putih. Salah satu mata kuliah mereka, White-Collar and Corporate Crime, membedah motif para tersangka sambil mempelajari aktivitas kriminal di antara beragam profesi, organisasi, dan bisnis kelas atas. Di kelas ini, kamu akan diajak membedah kasus mafia-mafia ternama sepanjang sejarah.
Quote:
7. Airline Emergency Cabin Training (Lynn University)

Kelas berbobot tiga SKS ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami dasar-dasar penanganan darurat di maskapai penerbangan. Peserta kelas ini diharuskan menyelesaikan praktik selama 15 jam. Setelah menyelesaikan kuliah ini, diharapkan para mahasiswanya dapat menguasai apa saja yang menjadi keadaan darurat dalam penerbangan, sekaligus menangani situasi tersebut.



Quote:
8. The Joy of Garbage (Santa Clara University)

Departemen Kajian Lingkungan di Santa Clara University berbagi kecintaan terhadap sampah melalui mata kuliah ini. Kelas The Joy of Garbage menelusuri jalur kehidupan sampah mulai dari dijual, dibakar, membusuk, dikubur, didaur ulang, atau digunakan kembali melalui kacamata ilmiah. Peserta kelas ini harus siap berkotor-kotor pada kunjungan lapangan ke beberapa tempat sampah.
Quote:
9. Biology of AIDS and STD's (Northeastern College) 

Bisa dibilang, mata kuliah ini adalah yang paling menjijikkan dari semua mata kuliah yang pernah ada. Perutmu harus siap menahan mual jika ingin mengikuti kelas ini. Sebab, mata kuliah ini menggunakan pendekatan ilmiah biologis pada beragam penyakit menular seksual tersebut. Dengan begitu, para peserta kelas dapat memahami kompleksitas dalam mencari obatnya. Di kelas ini, para mahasiswa akan menelusuri akar penyakit, cara penyebaran, hingga bagaimana mereka menghancurkan sistem imunitas tubuh.
Quote:
10. Disney in America (University of Iowa)

Siapa sangka, Mickey Mouse dapat mengajarkan sesuatu pada kita. Pada kelas Disney in America, mahasiswa Iowa State University diajak mencari tahu bagaimana perusahaan Walt Disney mempengaruhi ideologi budaya di Amerika. Kelas ini akan mengupas habis bagaimana kiprah korporasi tersebut sejak 1920 hingga masa kini. Mata kuliah ini bahkan mengekspos kontribusi Hollywood pada momen penting dalam sejarah Amerika, seperti resesi ekonomi (great depression), perang dunia II, serta melonjaknya jumlah gelandangan dan pengemis pada 1950-an.
Quote:
11. Rock Music from 1970 to Present (University of Minnesota-Twin Cities)

Mata kuliah ini adalah impian semua pecinta musik rock. Mahasiswa kelas ini akan mengupas habis sejarah masa keemasan musik rock hingga perkembangannya dewasa ini, termasuk tentang klip video dan gaya rambut para rocker tersebut. Meski kamu enggak akan mempelajari trik keren dalam memainkan musik rock, pengetahuan yang kamu dapat dari kelas ini bisa menjadi amunisi ketika kamu terlibat dalam percakapan.

Quote:
12. Learning from YouTube (Pitzer College) 

Saat ini, banyak artis sukses memulai ketenarannya karena postingan di YouTube. Nah, semua seluk beluk YouTube dapat kamu pelajari pada mata kuliah ini. Asyiknya lagi, selama kuliah berlangsung, kita bebas online tanpa harus dimarahi dosen. Mata kuliah ini pun mendapat perhatian dari masyarakat luas.

Quote:
13. Psychology of Facebook (Stanford University) 

Pengaruh media jejaring sosial online sangat besar dalam masyarakat. Fenomena ini pun mendorong Stanford University membuka kelas The Psychology of Facebook untuk mempelajari bagaimana Facebook sebagai media jejaring sosial 'membujuk' masyarakat.

Lucunya, silabus dan deskripsi tentang mata kuliah ini dapat kamu temukan dalam grup Facebook. Jadi, kamu masih bisa belajar meski tidak tercatat sebagai mahasiswa Stanford.

Quote:
14. Underwater Basket Weaving (Reed College) 

Di kampus ini, mahasiswa diajak mempelajari proses pembuatan keranjang rotan. Mata kuliah unik ini akan mengajarimu proses tersebut dari awal hingga akhir, dimulai dengan merendam rotan dan batang tanaman di dalam air hingga terbenam seluruhnya.

Quote:
15. Tree Climbing (Cornell University)

Kenangan masa kanak-kanakmu tentang memanjat pohon seakan dibangkitkan kembali pada mata kuliah ini. Ruang kelas yang digunakan adalah beragam pohon di berbagai lokasi. Kamu juga akan menggunakan banyak peralatan untuk membantumu memanjat pohon hingga pucuk tertingginya. Seru, ya?

"Sebagai Mahasiswa saya Juga Terheran-heran melihat Jenis-jenis mata kuliah yang ada di Amerika Serikat  ,Gak tauh deh kalau mata kuliah beginian ada juga di Indonesia ..."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya