Selasa, 24 Juli 2012

Ford Model 40 Speedster 1934 Kembali ke Keluarga Ford


1934 Speedster 34 1 468x311 Ford Model 40 Speedster 1934 Kembali ke Keluarga FordPEBBLE BEACH (DP) — Setiap tahun Pebble Beach Concours d’Elegance tidak hanya menyajikan mobil-mobil konsep atau baru, parade mobil klasik menjadi daya tarik tersendiri.
Salah satu mobil klasik yang dipamerkan di Pebble Beach Concours d’Elegance2011 akhir pekan lalu adalah Ford Model 40 Speedster lansiran 1934.
Ide pembuatan Model 40 Speedster dicetuskan Edsel Ford — cucu pendiri FordMotor Company. Sports car bersejarah ini hanya dibuat 1 unit dan melayani Edsel sebagai roadster pribadinya.
Pada 1943 Edsel wafat. Lalu roadster ini berpindah-pindah tangan. Hingga pada 2008, seorang kolektor dari Texas memilikinya. Namun, dia hanya memilikinya sampai 2010 karena meninggal dunia.
Dan sejak 2010, Model 40 Speedster pulang ke rumah Edsel Ford yang sekarang dioperasikan sebagai situs bersejarah bernama Edsel & Eleanor Ford House.
Sayangnya, setelah sekian puluh tahun bentuknya banyak mengalami perubahan. Beruntung, RM Auto Restoration di Ontario berhasil mengembalikan bentuk aslinya.
“Kakek saya adalah seorang yang percaya bahwa benda sehari-hari – termasuk mobil – dapat dilihat sebagai karya seni,” kata Edsel Ford II saatmeluncurkan Speedster di Pebble Beach. “Meski dia bukan seorang desainer dalam arti tradisional, ketajamannya untuk masalah desain dan pengaruh terlihat jelas saat ia memulai dan membangun departemen desain di Ford Motor Company.” [dp/Ind]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya