Selasa, 24 Juli 2012

kumpulan motor-motor lawas jalan raya yang pernah diciptakkan didunia-1



Kawasaki Z1 (Jepang), Rival Berat Honda CB 750

Tahun 1973 kali pertama Z1 ngacir di jalanan Jepang. Kehadirannya dapat sambutan hangat speed junkie di sana. Desain kompak powerfull dan harga kompetitif.

Motor ini menganut kapasitas mesin 903 cc, dengan spesifikasi piston diameter dan langkah piston 66 X 66 mm. Kekuatan 82 dk untuk kitiran ideal 8.500 rpm.

Di jalanan, kecepatannya sulit tertandingi. Diklaim bisa ‘terbang’ dalam hitungan 208 km/jam. Benar-benar saingan berat rivalnya, Honda CB 750!  (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : motorcycle




Montesa (Spanyol), Lahir di Barcelona

Nggak cuma jago bola, rakyat Spanyol juga punya kebanggaan lain yakni Montesa. Motor collector item yang nongol tahun 1944 di Barcelona. Montesa dibidani desainer motor Fransisco Bulto yang juga biang kerok lahirnya Bultaco.

Awal debutnya, pabrikan motor ini tergolong sukses, khususnya urusan bikin motor 2-tak. Kesuksesan ini jadi pemicu Montesa membuat motor tren di zaman itu semisal genre trial yang dicatat berjaya di balap trial di era 80-an.

Sayangnya, mereka mengalami krisis keuangan hingga harus bekerjasama dengan Honda. (Motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : DOK. OTOMOTIF
Tags : Montesa Spanyol,



Indian Power Plus (Amerika), Collector Item!

Bocoran dikit nih. Nggak lama lagi produk Indian baru bakal muncur di Indonesia lewat agen pemegang merek PT Arya Motor Indonesia.

Tapi sabar ya, mereka sedang mempersiapkan segala sesuatunya! Nah, sebagai bahan awal, yuk kita kenalan dulu dengan produk  awal mereka, Indian Power Plus yang lahir 18 tahun setelah masuk abad 20 tepatnya 1918.

Motor keren yang diincar collector item ini sudah berpendingin udara V-Twin 42 derajat kapasitas 998 cc. Bore and strokenya menganut 79,4 X 100,8 mm dan berkekuatan 18 dk.  (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.Motor Plus



James (Inggris), Berawal Dari Sepeda Angin

Debut awal bikin sepeda angin lantas naik kelas bikin motor di kota Birmingham. Sebagai bebuka, mereka bikin v-twin kapasitas gede 4 langkah di tahun 30-an.

Uniknya, di tahun 60-an mereka justru lebih konsen bikin motor 2-tak semisal Commodore single silinder 250 cc dan silinder ganda berjuluk Superswift. Nggak cuma itu, James juga doyan bikin motor-motor berbasis trial.

Namun sayang beribu sayang, karena persaingan pabrikan di Inggris saat itu cukup kompetitif, James tidak bertahan lama dan bangkrut di 1966.  (motorplus-online.com)

Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.Motor Plus



Honda CB77 (Jepang), Motor Kebanggaan Soichiro Honda

Mmm.. Pasti anak CB melotot lihat motor ini. Memang inilah salah satu motor kebanggaan Soichiro Honda pendiri pabrik motor terbesar di dunia sampai saat ini.

Motor berdesain klasik, keren abis dan modelnya nggak lekang dimakan zaman. Mesin berkapasitas 305cc dengan komposisi panjang kali langkah 60X54 mm, kekuatan 28,5 tenaga kuda dalam kitiran ideal 9.000 rpm.

Untuk turing atau hangout motor ini sangat ideal. Berat 150 kg dan punya daya ngacir sampai mentok 152 km/jam. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.Motor Plus



Hilderbrand & Wolfmuller (Jerman), Pabrikan Tua Eropa

 
Pabrikasi tua yang sangat dihormati di Eropa ini pede membuat motor kapasitas gede, 1.488 cc 4 langkah. Ini merupakan hasil olah karsa dari Heinrich dan Wilhelm Hilderbrand yang juga dibantu Alois Wolfmuller.

Mereka memulai debutnya bikin motor tahun 1984 di Munich, Jerman. Walau belum lagi masuk abad ke-20, mereka terbukti sudah punya terobosan teknologi yang tergolong canggih.

Di zaman itu, mereka sudah mampu bikin motor berpendingin air, paralel twin, 2,5 dk dengan kecepatan lumayan, 40 km/jam.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus



Hercules (Jerman), Bikin Motor Bermesin Rotary

Hercules W2000 bermesin rotary
Setelah bosan bikin sepeda angin, perusahaan Jerman bernama Hercules aktif bikin motor tahun 1904. Di masa Perang Dunia II, mereka konsentrasi membuat motor kapasitas kecil bermesin Sach.

Masuk tahun 50-an barulah mereka melirik pasar lain yakni penikmat motor kapasitas lumayan. Lahirlah  V-Twin pertama produksi mereka berujud motor turing 318cc. Pernah juga membuat motor bermesin rotary, berjuluk Hercules W2000.

Mereka kemudian juga bikin motor kapasitas 247cc dengan power 12 dk. Tahun 1969 pabrikan Sach membeli Hercules. Untungnya, nama Hercules tetap melekat di motor buatan mereka.(motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus



Grindlay-Peer-Less (Inggris), Pecahkan Rekor 160 km/jam Tahun 1928

 
Diambil dari dua orang bernama lengkap Bill Lacey Gaye Grindlay dan Peerless. Mereka ini  dua orang pshycocycle yang bikin heboh di tahun 20-an dengan meracang motor 2 langkah dan mampu memecahkan rekor kecepatan menembus 160 km/jam pada tahun 1928.

Buatan mereka termasuk spektakuler. Mulai motor berbasis roadster 1.000cc v-twin sampai motor kecil 2 langkah berkapasitas hanya 150cc.

Sayang produksi mereka berakhir tahun 1934. Motor mereka tetap lestari. Salah satu produk mereka disimpan di Sammy Miller Museum, Inggris.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus



Gnome & Rhone (Prancis), Motor Langka dan Eksotis Dari Perancis

 
Ini adalah motor langka dan eksotis Perancis. Sejarahnya, pabrikan ini bukanlah pembuat motor tapi berkutat di dirgantara alias pembuat pesawat terbang.

Pas sedang panas-panasnya PD II, mereka ganti haluan dari membuat mesin pesawat ke mesin motor.

Gabrakan awal mereka membuat mesin motor kapasitas lumayan gede, silinder tunggal dan ganda flat twin di kisaran 750cc. Sayangnya, perusahaan ini nggak sukses di pasaran dan terpaksa gulung tikar di tahun 50-an. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : Gnome & Rhone,




Cyclone (Amerika), The Most Exotic Motorcycle

 
Walau terbilang asing ketim­bang Harley-Davidson (H-D) atau Indian, produk Amrik ini pernah dinobatkan jadi The Most Exotic Motorcycle. Lewat motor kapasitas 1.000cc, camshaft v-twin.

Cyclone bukanlah pemain baru. Mereka sudah membuat motor sejak tahun 1913 dan punya nama harum di kancah balap dengan memenangkan banyak kejuaraan balap di negeri Yankee.

Sayangnya nasib berkata lain. Saat pabrikan kuat seperti H-D dan Indian memperkenalkan produk andalannya, Cyclone, nggak bisa bersaing. Tragis!  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : Cyclone,




Francis-Barnet (Inggris), Hasil Kolaborasi Jempolan

 
Keduanya adalah biker legendaris yang tercatat sejarah sebagai pembuat motor jempolan. Toz deng­an mereka, Inglesby Francis dan Arthur Barnmett yang membuat pabrik motor berjuluk Francis Barnett.

Lokasinya di Inggris pada 1919, tepatnya di Lower Street Coventry Inggris. Kebanyakan motor buatan mereka didukung mesin Villiers dan kemudian memakai AMC 2-tak.

Masuk tahun 30-an, mereka  bikin motor berdesain cruiser 250cc, motor ini bisa dibilang motor pertama yang memakai fairing untuk melindungi rider dari oli dan debu. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus




Egli (Swiss), Spesialis Sasis Tahun 60an

 
Egli adalah merek beken  sasis yang dirancang oleh ahli sasis kenamaan Fritz Egli. Ciri khas sasis buatan Egli adalah kekuatan, presisi dan besarnya diameter pipa tubular yang dihasilkannya.

Beberapa merek motor beken pernah merasakan karya Egli ini. Sasis legendaris dan unik dari Vincent V-Twin yang di akhir 1960 selalu jadi jawara balap motor Eropa.

Masuk era 1970, Egli terus merambah ke merek lain. Tercatat produsen kenamaan Honda juga memakai jasanya untuk sasis Honda Honda 4 silinder.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@an | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya