Selasa, 24 Juli 2012

kumpulan motor-motor lawas jalan raya yang pernah diciptakkan didunia-2


Hilderbrand & Wolfmuller (Jerman), Pabrikan Tua Eropa

 
Pabrikasi tua yang sangat dihormati di Eropa ini pede membuat motor kapasitas gede, 1.488 cc 4 langkah. Ini merupakan hasil olah karsa dari Heinrich dan Wilhelm Hilderbrand yang juga dibantu Alois Wolfmuller.

Mereka memulai debutnya bikin motor tahun 1984 di Munich, Jerman. Walau belum lagi masuk abad ke-20, mereka terbukti sudah punya terobosan teknologi yang tergolong canggih.

Di zaman itu, mereka sudah mampu bikin motor berpendingin air, paralel twin, 2,5 dk dengan kecepatan lumayan, 40 km/jam.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Nih Sepeda Motor Pertama Suzuki, Power Free E1

Saat ini kita kenal Suzuki dengan berbagai model terbaru. Dari matik seperti Nex hingga Satria FU dan moge GSX series hingga pacuan motoGP GSV-R. Tapi rasanya banyak yang belum tahu, seperti apa wujud sepeda motor pertama buatan Suzuki di tahun 1951.

Namanya Suzuki Power Free E1. Motor yang lebih mirip sepeda kumbang ini dijejali mesin satu silinder 36 cc 2 tak. Dengan konfigurasi diameter piston dan langkah 36mm x 36mm, mesin ini hanya memiliki tenaga 1 hp di putaran mesin 4.000 rpm.

Meski kecil tapi lebih dari cukup untuk melakukan perjalanan sehari-hari. Makin asik, motor ini memudahkan penggunanya karena ada pedal layaknya sepeda kayuh. Dengan pedal ini bisa membuatnya tetap berjalanan meski kehabisan bahan bakar.

Sayangnya, varian ini tidak dijual dalam rentang waktu lama. Kebijakan pemerintah Jepang yang membebaskan pengendara tanpa SIM boleh naik motor berkapasitas 90 cc untuk 4 tak dan 60 cc untuk 2 tak membuat Suzuki harus mengembangkan motor dengan mesin lebih besar agar bisa bersaing.

Solusinya di tahun 1953, Suzuki memasarkan Diamond Free yang bermesin 58 cc dengan desain sudah makin mirip sepeda motor. Bukan lagi sepeda.. (motorplus-online.com) 
Penulis : Popo | Teks Editor : KR15 | Foto : Suzuki

Holden (Inggris), Motor Inggris Tahun 1899-1902

 
Holden adalah motor yang hampir setua Hilderbrand & Wolfmuller. Motor ini dibidani bangsawan Inggris, Sir Henry Capel Holden, tokoh yang dicatat sejarah sebagai pioneer pembuat motor saat itu.

Ia mendesain motor  4 silinder dengan kapasitas  1.054 cc  berpendingin air di kota Coventry antara tahun 1899 sampai 1902. Motor ini terbilang simpel dan masih berbentuk sepeda.

Berkekuatan 3 dk dengan top-speed 40 km/jam. Kelahiran Holden ini memang cukup menginspirasi banyak orang. Buktinya, Sir Holden lantas membuat motor berjuluk Brooklands.(motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Henderson KJ (Amerika), Eksotis di Awal Abad 20

 
Handerson KJ salah satu motor paling eksotis Amerika awal abad ke-20. Motor ini punya power 40 dk, 4 silinder segaris  kapasitas  1.300 cc.

Berbobot 225 kg dan punya top- speed extra ordinary di zamannya. Ia mampu ‘terbang’ sampai 160 km/jam. Ya, spesial kan?

Bill Henderson sebagai founder pabrik ini menjalin kerja sama  dengan Schwinn yang bikin motor berjuluk Axelsior. Henderson adalah pabrikan  yang memproduksi motor bermutu.  Paling diingat adalah model K dari mereka yang dibuat pada tahun 1920.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : Handerson KJ,

Greeves (Inggris), Produsen Trial dan Trail Legendaris

 
Penyuka trial dan motocross pastinya hafal dengan pabrikan satu ini. Yap, mereka memang spesialisasi memproduksi motor berbasis jalanan off-road.

Tapi jangan salah, beberapa buatannya juga diperuntukkan untuk  jalanan aspal malah punya nama harum di sirkuit tahun 50 sampai 60-an.

Perusahaan bernama lengkap Essex Firm Greeves ini punya beberapa motor legendaris berkapasitas 250cc sampai 350cc, 2-tak. Mesin diaplikasi dari pabrikan berjuluk British Anzani dan Villiers dengan nama Fleetmaster, sportsman dan Sport Twin.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

BMW R90S (Jerman), Idola Psycocyle 70-an

 
Bentukan tradisional flat twin khas BMW masih jadul andalan  R90 S yang begitu melegenda ini.

Bodywork klasik sport diakui sebagai motor yang enak diajak riding, menikung cepat dan dan punya kelas tersendiri di mata psycocyle seluruh dunia.

Kali pertama nongol pada 1974 dengan nama pabrik R90S berbasis 898 Boxer dari R90/6 bertenaga 67 dk dalam kitiran ideal 7000 rpm.

Spesifikasi normal pabrikan menganut fairing depan khas sport, disk ganda di depan. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : BMW R90S,

Cotton (Inggris), Berjaya di Tahun 50an

 
Pabrikasi ini berjaya antara tahun 1950 sampai 60-an.  Walau kebanyakan motor buatan Cotton ada di rentang itu,  kisah Cotton bermula pada tahun 1919 saat FW Cotton memulai mendesain motor di kota Gloucester bermesin Villiers dua langkah.

Sepak terjang Cotton berlanjut lewat kerja sama mereka dengan pembuat mesin beken selain Villiers yakni JAP. Rata-rata desain mereka nggak jauh dari motor bergaya roadster, scrambler sampai motor berkonstruksi trial.

Waktu itu mereka terhitung sangat sukses di berbagai ajang balap.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus
Tags : W CottonCotton,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya