Selasa, 24 Juli 2012

kumpulan motor-motor lawas jalan raya yang pernah diciptakkan didunia-3


Hesketh V1000 (Inggris), Powerfull Bike Awal 80an


Kali pertama tampil pada 1981, saat jutawan Lord Alexander Hesketh tokoh Formula 1 (F1) Inggris bikin V1000 ini. Motor cruiser berpendingin udara 992cc, v-twin 90 derajat ini didesain spesialis 4-tak ternama dari tim Weslake dengan power 86 dk.

Lewat frame kompak didukung part produk ternama suspensi Marzocchi dan pengereman Brembo dari Italia. Bagi test rider Eropa, motor ini begitu diapresiasi positif.

Di jalanan, ia terbilang sangat stabil, powerfull dengan kecepatan fantastis, 193 km/jam. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : Hesketh V1000,

Gilera (Italia), Sukses Produksi Motor Berbasis Roadster

 
Diambil dari nama pendirinya, Guiseppe Gilera, motorcycle freak cerdas yang memulai bikin motor pada 1909. Sejarah pabrikan ini sangat menarik disimak.

Selain bisa dibilang cikal bakal Skuter dan menginspirasi Vespa, mereka sukses produksi motor berbasis roadster dan mewakili negeri Italia dalam ajang Trial berjuluk Six Days Trial, 1930.

Motor legendaris Gilera berwujud roadster 500cc 4-tak, Saturno dan diproduksi 1946. Motor ini dibuat dalam tiga versi, sport, turing dan untuk keperluan kompetisi. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Garelli (Italia), Juara di Banyak Balap Bergengsi


Pabrikan yang mulai debut 1913 ini mayoritas buat motor dalam kapasitas kecil kisaran 350cc, dua langkah single engine. Sejarah mencatat, Gareli berbicara di kancah balap dan memenangkan banyak kejuaraan bergengsi.

Di sisi lain, mereka juga bikin motor daily rider, masih kapasitas kecil dan beberapa skuter. Kisah sukses Gareli paling spektakuler saat mereka memenangkan beberapa kejuaraan balap dunia pada era 80-an.

Ditangan tuner dan desainer sasis jempolan mereka, Fausto Bresini, Luca Cadalora dan Angel Nieto (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Ehrlich Motor Co (Inggris), Gape Bikin Motor 2-tak


Tuner gape spesialis 2-tak Joe Ehrlich masuk ke Inggris tahun 30-an. Ia lantas bikin pabrik motor kecil-kecilan di Inggris berjuluk Ehrlich Motor Co. di London setelah PD II.

Debutnya bermula saat merancang motor diberi nama model S dan T kapasitas 350cc silinder tunggal. Sayang, saat itu penjualannya kurang sukses dan kalah saing dengan pabrikan gede Inggris saat itu.

Di awal 60-an, ia tetap giat membangun imej positif untuk motor buatannya. Joe lantas membuat motor kapasitas lebih kecil, 125cc untuk keperluan balapan. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Excelcior (Inggris), Pelopor Industri Motor di Inggris

 
Sebelum ngobrol soal varian legendari lansiran 1936 ini, kita tarik dulu soal sejarah Exelcior. Mereka terbilang pelopor industri motor di Inggris. Tahun 1910, mereka konsen buat motor berkapasitas kecil.

Untuk spek yang 250cc ini, lumayan ideal untuk para daily rider. Daya kuda yang dihasilkan, 25 dk, berat 132 kg dan mampu ngacir di kecepatan 128 km/jam.

Kisah Exelcior berlanjut setelah PD II Usai. Mereka kembali ke patternnya, membuat motor kecil 2 langkah dengan mesin Villiers, seperti varian 250 Viking dan Talisman.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

DKW (Jerman), Bikin Motor Sejak 1919

 
Tepat tahun 1919, duo pebisnis Jerman, Danish dan Born Joerge Rasmussen bikin pabrik motor. Dari situ mereka terus mengembangkan  motor-motor buatannya sambil terus memutusakan masuk ke dunia balap motor.

Tentunya untuk memperkuat  imej andal mesin DKW dibantu dua desainer andal, Arnold Zoller juga August Prussing.

Di sisi lain mereka mulai memproduksi motor legendaris  RT125 di Dusseldorf Jerman Barat 1939. Varian ini terbilang paling poupler di masanya, karena mampu menyaingi  popularitas BSA Bantam.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus

FN (Belgia), Produksi Motor Massal di 1904

 
Rakyat biker wajib salut pada pabrikan asal Belgia ini. Mereka terbilang pelopor pembuatan roda dua secara massal  alias  besar-besaran di tahun 1904.

Sementara perusahaannya sendiri baru dibang­un pada 1899 di pinggiran kota Liege, yang mengkhususkan diri bikin senjata api dan amunisi.

Baru di 1902 buat motor satu silinder dengan bentuk mendekati sepeda. Motor paling legendaris FN  tentunya yang 4 silinder dan didesain oleh Paul Kelecom, 362cc segaris. Sasis terbilang sangat maju dan dikatakan sebagai desain sok teleskopik pertama.  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : FN Belgia,

Douglas Dragonfly (Inggris), Motor Terbaik Tahun 50an?

 
Dragonfly bisa jadi adalah motor terbaik Douglas. Pabrikan ini punya trade mark mesin flat twin yang memulai debutnya sejak 1906. Model awalnya bertipe boxer lengkap dengan sidecar.

Kahadiran motor ini disambut antusias penggemar  sport apalagi saat  pembalap Freddie Dixon memenang balap side car  pada 1923.

Prestasi itulah, mereka pede membuat boxer seperti T 35  tahun 1947 dengan  konstruksi  sasis gaya BMW sampai masuk era Dragonfly 350 cc sebagai motor terbaik 1955. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya