Minggu, 15 Juli 2012

MAKASSAR DOELOE




Di Sulawesi Selatan pada awal abad ke-16 terdapat  banyak kerajaan, tetapi yang terkenal  adalah  Gowa,  Tallo, Bone,  Wajo, Soppeng, dan Luwu. Berkat dakwah dari Datuk ri Bandang  dan Sulaeman dari Minangkabau,  akhirnya Raja Gowa dan Tallo masuk Islam (1605) dan rakyat pun segera mengikutinya. Kerajaan Gowa dan Tallo akhirnya dapat menguasai  kerajaan lainnya. Dua kerajaan itu lazim disebut Kerajaan Makassar. Dari Makassar, agama  Islam disebarkan ke berbagai daerah, bahkan sampai ke Kalimantan Timur, Nusa Tenggara  Barat,  dan Nusa Tenggara  Timur.
Catatan: " Ternyata berkat Datuk ri Bandang dan Sulaeman yang asal minangkabau, berkembanglah agama Islam di Makassar hingga saat ini. "

Makassar tumbuh menjadi pelabuhan yang ramai karena letaknya di tengah- tengah  antara  Maluku, Jawa, Kalimantan,  Sumatra,  dan Malaka. Pertumbuhan Makassar makin cepat setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis (1511), sedangkan  Maluku dikuasai oleh Portugis dan Belanda.  Banyak pedagang dari Malaka, Aceh, dan Maluku yang pindah ke Makassar. Para pedagang Makassar membawa  beras  dan  gula dari Jawa  dan  daerah  Makassar  sendiri ke Maluku yang  ditukarkan  dengan  rempah-rempah. Rempah-rempah itu lalu dijual ke Malaka dan pulangnya  membawa  dagangan, seperti  kain dari India, sutra dan tembikar dari Cina, serta berlian dari Banjar.

Langsung ke Galeri Foto Makassar tempo doeloe




Pelabuhan Makassar,1920




Benteng Rotterdam

Ini nih,,, yang jadi tempat bersejarah di Makassar "Benteng Rotterdam" yang dibangun oleh Raja Gowa ke X (Kerajaan makassar dulu) pada tahun 1545. Yang mau berkunjung ke Makassar gak afdol kalo belum menyempatkan diri ke Benteng Roterrdam yang Luasnya 2x lebih luas dari Museum Fatahilah Jakarta, waw luass banget pastinya...!


Museum Makassar dulu


Pasar Butung dulu


Masyarakat Makassar, 1920


Rumah Sakit Makassar, 1921

Rumah Sakit ini sekarang menjadi ??? liat aja dibawah ini.!

Sekarang ditempati Bank BNI 46. Jl. Jend. Sudirman. No.1. 20 September 2010.
Berubah menjadi Bank BNI 46, JL.Sudirman No.1


Terima Kasih atas Kunjungan anda. Komentar dari Anda selalu kami tunggu :)

1 komentar:

  1. Foto Rumah Sakit Makassar, 1921. itu salah nama, yang benar itu adalah Loji Belanda (kamar dagang VOC)yang ketika Makassar direbut oleh VOC berubah fungsi menjadi Benteng Kecil (Benteng garis depan Cornelis Spellman untuk menangkis serangan Tentara Kerajaan Gowa Tallo ke Fort Rotterdam yang awalnya bernama Benteng Panynyua karena berbentuk Penyu dan berganti nama menjadi Fort Rotterdam oleh Spelman), Benteng kecil ini di ditempati oleh Arung Palakka (Raja Bone yang menjadi saudara kufur dan seiman dengan Spellman) bersama pasukannya untuk menindas bangsa sendiri hanya karena dijanjikan kekuasaan oleh Spellman.

    BalasHapus

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya