Kamis, 26 Juli 2012

Ngintip Nyok Pembuatan Carbon Ceramide Disc Brake di Pabriknya Brembo





Quote:



Apakah itu Carbon Ceramide Disc Brake
Quote:
Rem cakram dibuat oleh inti dari bahan keramik diperkuat dengan serat karbon dan oleh lapisan keramik tambahan pada kedua permukaan gesek.

Profil karakteristik keseluruhan dari carbon ceramide menjadikannya bahan pilihan utama untuk mendapatkan sistem pengreman dengan kinerja tinggi:

Silikon karbida, komponen matriks utama, memastikan kekerasan material komposit.

Serat karbon untuk memberikan kekuatan mekanik yang baik dan memberikan perlindungan kemungkinan terjadinya patahan pada material komposit.
Kelebihannya dibanding cakram besi

Quote:
Bobot lebih ringan
Daya taan seumur hidup
Stabilitas termal tinggi
Gesekan yang lebih tinggi
Meningkatkan handling mobil karena berkurangnya massa
Tidak berkarat
Mengurangi debu rem
kinerja yang lebih tinggi
Secara Umum Pembuatannya Melewati Tahap-Tahap Berikut
Quote:
Berikut Langkah-Langkah Lengkapnya


Pertama dua bahan berikut dicampur gan
yaitu resin sama filamen karbon

Spoiler for 


Keduanya dicampur sampe jadi komposit kayak gini
Spoiler for 


Trus campuran yang udah jadi dimasukkin ke mesin cetak
diisi sampe setengahnya dulu gan

Spoiler for 


Trus kalau udah setengah penuh, sama pekerjanya dimasukin pelat aluminium untuk membuat rongga jalur-jalur pendinginnya
Spoiler for 



Trus Diketok pake palu gan biar gak lepas waktu danti dipress
Spoiler for 


Selanjutnya cetakan diisi lagi sampe penuh. roller putih disamping berguna buat ngeratain material yang menumpuk sampe keatas cetakan supaya gak meluber gan 
Spoiler for 


Kalau udah penuh terus pekerja menutup cetakan dan dibantu pake mesin pres tekanan rendah
Spoiler for 


Langkah berikutnya cetakan yang udah berisi adonan dimasukkan kedalam oven bersuhu 400 derajat farenheit
(hehe kayak bikin kue aja nih, bedanya sama kue kalau ini dipanasin sambil ditekan dengan tekanan 44Ton!)

Spoiler for 


Fungsi dari proses ini yaitu memadatkan serat karbon
dan mengubah resin menjadi polimer
Spoiler for 


Trus kalau udah selesai dipanasin cetakannya didiemin sampe bisa diangkat gan, dan dicemplungin ke air supaya bener-bener dingin antara cetakan sama isinya waktu pencemplungan 5-10 menit ntar kalau gak dingin kuenya bisa gagal gan pas dibuka hehe 
Spoiler for 


Oia sebelum dibuka cetakannya harus diperiksa dulu gan pake laser supaya palang aluminium yang dipasang buat rongga jalur-jalur pendingin gak ketinggalan
Spoiler for 


Kalau udah baru deh dibuka ya dibantu ya bim salabim jadi apa prok prok prok 
Spoiler for 


Yay udah jadi... eits ternyata walaupun udah keliatan bentuknya tapi masih panjang loh prosesnya  jadi simak terus ya sampe abis
Spoiler for 


Kue....ups kamsudnya piringan rem yang udah dicetak trus dibolong-bolongin sama dicukur gan pinggirannya biar ganteng hehe
berikut penampakan sebelum
Spoiler for 


Sesudah dicukur hehe fungsinya bolong-bolong ya biar waktu terjadi pengereman, cakramnya bisa cepat melepas panas gan karena kalau bolong-bolong kan permukaan sentuh dengan udara jadi lebih banyak.
Spoiler for 


Nah terus kalau udah ganteng kita panasin lagi gan si piringannya kali ini sampe 800 derajat farenheit!. loh koq lebih panas? nah ini fungsinya membuat polimer yang tadi terbentuk teroksidasi sampai jadi karbon jadi nambah padet deh tuh karbonnya. pemanasannya dinaikkan perlahan-lahan selama 2 hari loh! 
Spoiler for 


Nah loh kok karbon semua jadinya? mana nih keramiknya???
sabar gan ini baru mau dilanjutin
Proses berikutnya baru si cakram ditaroh dalam bejana yang tahan panas dan dibawahnya kita kasih penahan biar semua permukaan cakram bisa terlapisi dengan keramik dengan baik
Spoiler for 


Nah baru deh sekarang dituangin tepung silikonnya
Spoiler for 


Terus ditumpuk gan biar selanjutnya dipanasin lagi bareng-bareng
Spoiler for 


Nah dimesin ini semuanya dipanasin bareng pada suhu 3000 derajat farenheit dan semua dilakukan pada tekanan rendah fungsinya bukan lain buat melelehkan si silikon biar bereaksi sama si piringan karbon gan.
pemanasannya dinaikkan secara bertahap sampe 24 jam gan.
Spoiler for 


Terus udah jadi gan?
Sabar gan dikit lagi koq hehehe
Nah sekarang ini piringannya lagi dilubangin buat tempat nempelin di as roda
dibolonginnya sambil dikasih air gan jadi biar debu gak kemana-mana dan panasnya gak merusak piringannya

Spoiler for 


Udah selesai sampe sesi bolong-bolong terus cakramnya di cat dulu gan
hah? koq dicat?
hehe sabar gan ini bukan sembarang cat tapi cat anti oksidasi yang berfungsi mengurangi keausan saat proses pengereman nantinya jadi lebih awet deh cakramnya
Spoiler for 


Dimari cakramnya diangin-angin dulu gan biar kering tuh catnya
Spoiler for 


Terus semua permukaan dari cakram di poles gan, fungsinya ya jelas biar permukaan dari cakram ini gak terlalu kasar nantinya kan konsumen gak mau kalau pas digunakan cakramnya cepet membuat aus plat remnya, selain itu pemolesan membuat cakram lebih awet karena mengurangi gaya gesek yang berlebihan saat piringan digunakan saat melakukan pengereman. BTW untuk proses ini semuanya dilakukan menggunakan robot loh 
Spoiler for 


Sok gosok 
Spoiler for 


Sebelum digosok
Spoiler for 


Sesudah digosok
Spoiler for 


Untuk menjaga kualitas dari piringannya maka semua permukaan dari piringan difotoin gan tiap milimeternya pake alat canggih berikut ini. Kalau kalau ada cacat produksi jadi nanti produknya bisa dijamin kualitasnya.

kebayang dong perlunya proses ini, kalau produk yang dihasilkan ada krack so pasti akan sangat berbahaya apalagi ini piringan akan menghentikan mobil pada kecepatan yang sangat tinggi dan pastinya kesalahan sekecil apapun akan sangat fatal akibatnya

Spoiler for 


Nah udah beres deh semua produksinya tinggal dipasang bell aluminiumnya supaya bisa dipasang di as roda
Spoiler for 


Nah ini nih si ganteng yang udah jadi
Spoiler for 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya