Rabu, 25 Juli 2012

sajian berbuka puasa di Turki




maaf gan kalo puasa-puasa kayak gini ane malah bikin trit tentang makanan, tapi ini hanyalah sebatas sharing aja pengetahuan tentang makanan di negara lain selain Indonesia yaitu di TURKI
Setiap negara pasti memiliki kebiasaan masing-masing saat berbuka puasa. Teh manis, kolak, kacang ijo, kurma, aer putih dan gorengan menjadi ciri khas di meja makan orang Indonesia saat berbuka. Begitu juga dengan Turki, negara yang penduduknya sebagian besar umat muslim ini juga memiliki tradisi makanan yang cukup unik dan menarik untuk dilihat.

Roti Pide

Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Adonan pide adalah bahan utama untuk membuat lahmacun. Makanan ini tidak jauh berbeda dengan pizza, sama-sama menggunakan topping dengan variasi rasa, dengan pilihan daging ayam, kentang, dan bawang putih. Di beberapa daerah, pide juga dibentuk dengan berbagai rupa untuk menarik minat para pembeli.

Borek

Untuk kue borek, Anda dapat menikmatinya dengan dua jenis pilihan, yaitu digoreng atau dipanggang. Bentuknya sekilas hampir menyerupai martabak telur, berlapis-lapis pada bagian kulitnya. Isinya pun beraneka ragam, ada keju, daging, dan sayuran.

Sujuk

Sujuk (sucuk) adalah sejenis sosis yang terbuat dari daging sapi yang telah dibumbui dengan bawang putih dan bumbu rempah lainnya. Jika tak sedang Ramadan, sujuk ini biasanya disajikan untuk sarapan. Di Turki, sujuk juga merupakan bahan utama dalam membuat sandwich.

Pastirma

Pastirma merupakan makanan yang cukup populer di Turki. Tak jauh beda dengan ham, pastirma adalah istilah daging olahan yang telah dipotong tipis-tipis. Biasanya pastirma dicampur dengan telur orak arik dan dihidangkan di sebuah wajan kecil yang disebut sahan.

Kavurma

Dalam bahasa Turki, kavurma berarti pembakaran atau memanggang. Tapi, di Turki kata ini mengarah pada daging domba panggang yang disajikan dengan cara dipotong-potong, kemudian dicampur dengan tomat, jamur, bawang, dan merica sebagai pelengkapnya. Sajian ini menjadi sajian favorit saat Ramadan.

Gullac

Gullac banyak disebut sebagai “Ramadan Dessert”. Rasanya yang manis membuatnya semakin lezat saat disajikan di Bulan Ramadan. Gullac adalah kue yang terbuat dari campuran susu dan buah delima. Sering juga ditambahkan kacang kenari di dalamnya. Adonan gullac dibuat menggunakan tepung gandum dan pati jagung.
sekian trit ane , mungkin dengan adanya trit ini para kaskuser dapat inspirasi untuk membuat ato mencoba sajian khas turki tersebut sebagai variasi dalam berbuka puasa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya