Senin, 27 Agustus 2012


Tgl 29 Agustus 1945 dilantik di Jakarta Komite Nasional Indonesia Pusat yang diketuai oleh Mr. Kasman Singodimedjo. Kemudian oleh Maklumat No. X dijadikanlah sejak 16 Oktober 1945 KNIP itu sebuah parlemen sementara yang kemudian berhubung dengan gentingnya keadaan menyerahkan pekerjaan sehari2 kepada sebuah dewah pekerja dengan St. Sjahrir sebagai ketua.Dalam sidang Komite Nasioal Pusat pleno yang bertempat di Balai Muslimin di Jakarta pada 16 dan 17 Oktober 1945, dalam sidang yang berapi-api, lahirlah :

Maklumat Negara Republik Indonesia no. X yang berbunyi :

Presiden Republik Indonesia,
Sesudah mendengar pembicaraan oleh Komite Nasional Pusat tentang usul supaya sebelum MPR dan DPR dibentuk kekuasaannya yang hingga sekarang dijalankan oleh Presiden dengan bantuan sebuah Komite Nasional menurut pasal IV Aturan Peralihan dari UUD hendaknya dikerjakan oleh Komite Nasinal Pusat dan supaya pekerjaan Kamite Nasional Pusat itu sehari2nya berhubungan dengan gentingnya keadaan dijalankan oleh sebuah badan bernama Dewan Perkerja yang bertanggung jawab kepada Komite Nasional Pusat. Menimbang bahwa didalam keadaan yang genting ini perlu ada badan yang ikut bertanggung jawab tentang nasib bangsa Indonesia disebelah Pemerintah;

Menimbang selanjutnya bahwa usul tadi berdasarkan paham kedaulat rakyat ;
Memutuskan :

Bahwa Komite Nasional Pusat, sebelum terbentuk MPR dan DPR diserahi kekuasaan legislatif dan ikut menetapkan garis2 besar haluan negara, serta menyetujui bahwa Pekerjaan Komite Nasional Pusat sehari2 berhubungan dengan gentingnya keadaan dijalankan oleh sebuah Badan Pekerja yang dipilih diantara mereka dan yang bertanggung jawab kepada Komite Nasional Pusat.

Jakarta , 16 Oktober 1945
Wakil Presiden Republik Indonesia
MOHAMMAD HATTA.

Spoiler for detail
Quote:
gbr atas : permulaan Revolusi, Penjagaan dimana-mana, yang bersenjatakan bambu runcing.gbr tengah : Jika tanah air sudah merdeka, setiap orang wajib membelanya.gbr bawah : Latihan Militer dari Zaman Jepang bekal yang sangat berharga.didalah Tentara
Keamanan Rakyat(TKR) mereka merupakan tulang punggung negara.dalam hal ini perlu disebut LetJen Urip Sumoharjo sebagai salah seorang organisator yang terpenting.

Spoiler for detail
Quote:
Kedahsyatan Revolusi. penurunan bendera 3 warna diganti dengan 2 warna. yang berkibar diatas hotel Yamato di Tunjugan. Peristiwa ini disebut "Insiden Bendera" pada tanggal 19 September
1945.Rakyat Surabaya sepenuhnya menguasai Kota dan gedung2 yang diduduki pendudukan tentara Inggris. Luar biasa hebatnya semangat pembelaan dikalangan Pemuda.

Spoiler for detail
Quote:
Pertempuran sengit di Surabaya.Senjata modern tentara Inggris bukan tandingan rakyat Surabaya. tapi itu lah keajaiban dari Revolusi,dimana rakyat bertekad melawan tentara Inggris. dan tentara Inggris pun terjepit kedudukannya.Datanglah pada 29 Oktober 1945 dengan pesawat terbang bung Karno,Bung Hatta dan Mr. Amir Sjarifuddin. hentikan pertempuran !! perintah Bung Karno. dan berhentilah seketika
pertempuran.Di Surabaya pada Permulaan Revolusi orang2 Tionghoa berjuang bahu membahu dengan rakyat Indonesia.

Spoiler for detail
Quote:
Kongres Pemuda di Jogja yang bertepatan dengan Pertempuran Surabaya.kongres pertama ini sangat penting untuk perjalanan Revolusi selanjutnya.
gmr bwh :sudah barang tentu kongres tidak lengkap jika tidak ditutup dengan rapat raksasa.Bung Karno menyampaikan wejangan di alun2 jogja (10 Nopember).

Spoiler for detail
Quote:
Pemancar Radio di Solo dan Jogja terus mengudara dengan Semangan Revolusi. Inggris dan Belanda tahu benar akan hal ini, bahwa pada sumber2 inilah antara lain semangat perjuangan bangsa
Indonesia harus dipatahkan. maka datanglah pesawat2 R.A.F pada tgl 25 November jam 8.30 pagi menyerang stasiun radio Jogja dan Solo. Kemudian datang lagi pada tgl 27 November pesawat R.A.F mengebom gedung2 siaran radio, Balai Pertemuan dan Sono Budono (Jogja) Stelah Pengeboman dipasang Poster pengejek yang berbunyi : "Gagah benar !",Ditujukan kepada
angkatanudara Inggris yang mengebom dengan semena-mena.Gedung S.R.V Solo setelah pengeboman,Kerusakan pada gedung Sono Budoyo dan Komplek sekitarnya.

gbr bawah : di Jogja akibat pengeboman lebih besar dab berpusat pada gedung siaran radio yang menjadi sasaran.
Spoiler for detail
Quote:
gambar-gambar Korban tentara Nica (Belanda). tentara Nica membunuh Orang Tua,perempuan sampai anak-anak.

Spoiler for detail
Quote:
Api peperangan berkobar dimana-mana. Di Bandung,Semarang,Semarang,Ambarawa, Surabaya. surat Kabar waktu itu sungguh tidak kekurangan berita hangat.

gbr tengah : dengan penghancuran ini Bandung ikut pula mencatat sejarah Revolusi dengan Tinta Emas.

gbr Bawah : Di Jawa Tengah Perang berpusat di Semarang,Kapal-kapal perang Inggris menembaki Pertahanan Rakyat dari Laut. Kemudian menembuslah pasukan-pasukan bermotor Inggris ke Ambarawa dan Magelang. Dimana-mana mereka menghadapi Perlawanan sengit dari rakyat. Berkat kesabaran dan keuletan rakyat akhirnya tentara Inggris berhasil dihalau dari kota Magelang (21 November).gambar Pemuda dengan berbondong2 menuju ke Kota Tidar.

Spoiler for detail

By sawahz at 2012-08-09
Quote:
Atas : maklumat Pemerintah tanggal 1 November 1945, lebih dikenal dengan Manifes Politik, yang seterusnya menjadi Pedoman Pemerintah Republik Indonesia.
bawah : Maklumat Dewan Menteri, memuat program kabinet Sjahrir pertama yang pada tanggal 14 November 1945 menggantikan kabinet Presidentil.
Spoiler for detail

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya