Selasa, 24 Juli 2012

motor jalanan jadul yang pernah ada-1


Enfield (Inggris-India), Awalnya Untuk Militer

 
Motor ini terbilang unik karena mendekatkan dua Negara, Inggris dan India.  Antara tahun 1949 sampai 1962 perusahaan Inggris ini getol membuat Enfield yang berkapasitas 350cc dan 500cc yang kemudian diekspor ke India untuk keperluan tentara mereka.

Motor paling sipnya berjuluk Enfield Bullet 500cc (1990). Mesinnya berpendingin udara, OHV kapasitas 499cc. Panjang X langkah, 84 mm X 90 mm.

Tenaga yang dikeluarkan mumpuni, 22 dk dalam kitiran ideal 5.400 rpm. Berat 169 kg dan diklaim bisa ngacir sampai 128 km/jam. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus

Ducatio Desmo (Italia), Berawal Sejak 1926

 
Kisah bermula dari Bologna Italia, Adriano dan Marcello yang membuat perusahaan ini pada tahun 1926. mereka membuat motor lewat debut motor Cucciolo.

Baru pada 1954, pabrikan ini mengajak desainer motor keren bernama Fabio Taglioni yang berambisi bikin motor kebanggaan orang Italia lewat adopsi  sistem desmodromic yang mengatur buka tutup katup dengan kem bukan pakai spring sebagai trade mark Ducati.

Bebuka awal Ia membuat 100cc Grand Sport (1955) yang beken disebut Marianna. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus

Benelli 750 (Italia), Usung Mesin 6 Silinder!

 
Motor 6 silinder karya pabrikan Italia ini cukup eksotis. Aslinya berkelir merah dengan desain sport cruiser menawan. Diperkenalkan kali pertama tahun 1975 sebagai saingan berat Honda CB 750 yang juga punya enam silinder segaris.

Para tester saat itu merasakan kalau Benelli punya tenaga oakley dan enak di sisi handling. Bertenaga sampai 71 dk dan mempersembahkan kecepatan maksimal 193 km/jam. 

Walau sukses di dunia balapan, Benelli nggak sukses di soal pemasaran motor. (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus

Buell RS 1.200 (Amerika), Nih Tampangnya di Awal 80-an

 
Saat Harley-Davidson Company pengen bikin motor sport, banyak perusahaan kecil mau gabung. Salah satu yang sukses adalah Eric Buell mantan roadracer dan engineer di H-D company.

Ia mampu mencuri perhatian petinggi H-D saat merancang Buell RR 1000 di tahun 80-an. Itu membuatnya disuport bikin motor pengembangan RR 1000, hingga lahir Buell RS 1200.

Desain unik, setengah fairing, setengah naked dari basic Sportster 1.200 cc. ‘Kuncian’ Buell adalah sasis tubular menopang mesin dengan engine mounting  mumpuni!  (motorplus-online.com)  
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus

BMW R60/2 (Jerman), Paling Popular di Tahun 50-60an

Kalau rider ditanya, motor paling popular untuk BMW silinder ganda di rentang 50-60-an, pastinya bakal dijawab BMW R60 494cc atau R 60/2 yang dilaunch tahun 1960.

R60 motor asyik untuk disemplak. Punya tenaga 28 dk berpen-dingin air dengan struktur mesin  boxer. Saat digeber, bisa ngacir sampai 145 km/jam dengan getaran kecil dan suara adem.

Bagi yang sudah pernah jajal pasti bakal merasakan kelembutan suspensi di motor ini. Dirancang khusus untuk turing jauh dengan berat  195 kg dan panjang X langkah,  68 X 68mm. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Bohmerland (Chekoslovakia), Dibuat Menyimpang Hukum

Motor yang didesain  Albin Liebisch ini tergolong nyeleneh dan outlaws abis. Maksudnya menyimpang hukum karena dibuat untuk 3 orang berboncengan. Makanya, motornya lebih panjang dari motor kebanyakan.

Maksud Albin tentunya  misterius tapi yang jelas desainer ini memang tergolong nyentrik dan bikin motor menyimpang pakem.  Dibuat di Chekoslovakia di rentang 1923-1939 dengan kapasitas mesin 600 cc bertenaga 16 dk, silinder tunggal. 

Dari rentang tahun itu, mereka juga membuat tipe sporty yang khusus untuk balapan berjuluk Racer. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

BFG (Perancis), Disupport Mesin Citroen GS

Motor Perancis ini tergolong langka. Mesinnya berbasis 4 silinder 4-tak sejajar dan dibuat pabrikan mobil, Citroen GS. Dari bentuknya, BFG tergolong kalsik plus nyeni. Sasis  pipa tubular, dengan duo sok belakang konvensional.

Secara ergonomis, motor ini cocok untuk kepentingan turing jauh. Posisi ridernya santai dan tegak dengan setang bullhorned yang mengutamakan ketahanan ridernya.

Sejarah motor Perancis bilang kalau motor ini memang diperuntukkan buat kepolisian sana dan dipakai sampai pertengahan tahun 80-an. (motorplus-online.com)

Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok. Motor Plus

Montgomery (Inggris), Terkenal Nyaman dan Murah

Lahir di Britania Raya 1902 di Bury Stedmund atas prakarsa William Montgomery, biker pintar yang jadi biang kerok desain sespan atau sidecar yang dikenal sampai sekarang. Awal PD 1, pabrikan ini pindah ke Coventry dan terus berkarya.

Montgomery dikenal nyaman dan murah. Juga gape bikin sasis dan springer depan untuk motor lain di Inggris. Produk legendaris mereka berkapasitas 150 cc, 2- tak bermesin Villiers, 1.000 cc.

Juga pernah membuat Greyhound 500 cc di kisaran tahun 30-an mampu ngacir sampai 120 km/jam. Sayangnya pabrikan ini berhenti produksi saat PD II meledak. (Motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : KR15 | Foto : DOK. MOTORPLUS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya