Selasa, 24 Juli 2012

motor jalan raya jadul didunia-2


Amazonas (Brasil), Pakai Mesin Volkswagen

Motor ini pastinya masih sangat asing buat para motoris. Kehadiran Amazonas lumayan bikin sensasi. Motor buatan negeri pesepakbola andal, Brasil ini terkenal bukan karena performa motornya yang yahud tapi lebih pada ukuran dan kapasitas yang dibuat.
   
Mereka konsen bikin motor yang supergambot, dari mesin 4 silinder ganda sejajar yang digamit dari mesin Volkswagen di pertengahan tahun 80-an.

Motor yang dibuat kapasitas 1.584cc dengan tenaga yang bikin adrenalin bergolak, 65 dk.(motorplus-online.com)
Penulis : Isf@an | Teks Editor : Popo | Foto : Dok. Motor Plus

AJW (Inggris), Operasional Tentara Inggris di Perang Dunia II


Varian motor ini masih jarang dikenal. Ia lahir di Inggris dengan debut pertamanya di bebuka abad 20 tepatnya. Spesialisasi mereka membuat motor silinder ganda paralel di awal tahun 20-an.

AJW dikenal super tangguh. Dibuktikan dengan keikutsertaan mereka dengan menjadi kendaraan operasional tentara Inggris sampai PD II.

Model paling dikenal dari produk AJW adalah AJW 500cc. Dibuat pada tahun 1930 bermesin JAP juga dibantu oleh engineer mesin legendaris, Stevens. Secara desain, bentuk bodi memang sangat klasik khas model motor di era itu. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@an | Teks Editor : Popo | Foto : Dok. Motor Plus

Adler (Jerman), Sukses di Balap Berakhir Jadi Mesin Tik


Motor buatan Jerman ini punya masa hidup sebentar. Mereka memulai tahun 1902 dan setelah itu nggak lagi bikin motor. Baru tahun 1949, Adler mulai bikin motor lagi.

Dengan varian paling populernya, M250, sebuah motor bersilinder ganda, dua nada bergaya roadster yang lahir tahun 1953.


Buatannya ini terbilang sukses di dunia balap dan enduro tapi gagal dalam penjualan. Baru akhirnya pada 1958, perusahaannya diambil alih oleh Grundig Corporation  yang ogah membuat motor dan lebih nyaman membuat mesin tik.

Waduh sayang ya!  (motorplus-online.com)
 
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : Adler JermanM250,

Aermacchi (Italia), Dari Pesawat Terbang Bikin Motor


Ini adalah motor buatan Italia hasil dari perusahaan yang sebenarnya konsen membuat pesawat terbang. Karya legendarisnya berkapasitas 250cc dan 350cc, silinder tunggal 4 langkah.

Tahun 50-60-an, varian buatannya dihormati di arena balap dan ngacir sampai 160 km/jam, motornya berjuluk Ala d’Oro 250 yang diperkenalkan pada 1959.


Aermacchi juga bikin motor 2-tak setelah kerja bareng dengan AMF Harley-Davidson tahun 60-an. Racer Walter Villa terbilang pembalap legandaris Aermacchi, lewat skillnya ia mengantarkan motor ini merebut kejuaraan dunia 1974. (motorplus-online.com)

Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. Motor Plus

Ariel VH500 (Inggris), Legenda Dari Pabrikan Motor Tertua di Dunia

Info dikit gosip di Bandung, Ariel Peterpan diberi nama Ariel karena bokapnya doyan banget  varian ini. Yang jelas, ini memang motor legendaris sebagai motor yang dibuat pabrikan motor tertua di dunia.

Di awal 30-an, tiga orang Edward Turner, Val Page dan Bert Hopwood merancang Red Hunter yang mengguncang dunia. Berdesain klasik, perpendingin udara, 2 katup OHV, single pushrod.

Kapasitas mesin 497cc, panjang kali langkah 81,8 x 85 mm, tenaga 26 dk dalam 5.600 rpm. Berat bersih 170 kg, Red Hunter bisa ngebut sampai batas kecepatan 131 km/jam. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : Ariel VH500,

AJS Model 30 (Inggris), Produksi Akhir 50-an Bisa Ngebut 152 km/jam

Roadster asal Wolverhampton Inggris ini punya penampilan klasik abiz. Mesin berpendingin udara punya spek 4 katup OHV, sistem pushrods ganda paralel.

Kapasitas tepatnya 593 cc dengan panjang kali langkah, 72 X 72,8mm, bertenaga 33 dk dalam kitiran maksimum 6800 rpm. Dengan bobot 180 kg, mampu ngacir sampai 152 km/jam.

Model ini diproduksi di akhir tahun 50-an dan sama persis dengan mesin tipe G11. Sayangnya perusahaan AJS sudah diambil alih oleh Matchless asal London 1931. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. Motor Plus
Tags : AJS Model 30Langka,

Welbike (Inggris), Motor Perang Terkecil


Ketika Perang Dunia ke-2 sepertinya semua negara yang ikut perang dituntut memiliki pasukan cepat dengan mobilitas tinggi, Termasuk negara sekutu seperti Inggris.

Welbike adalah motor buatan Inggris yang digunakan pasukan Special Operations Executive (SOE) tentara rahasia Winston Churchill yang punya tugas sebagai spionase dan sabotase.

Karena tugasnya dituntut memiliki mobilitas tinggi Welbike dipercaya menjadi motor terkecil dengan kapasitas mesin 98cc, two stroke, dengan gearbox single speed. (motorplus-online.com) 
Penulis : Hanggi | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

Ural (IMZ-72) Russia, Motor Tempur Uni Soviet

Ural (IMZ-72) adalah pabrikan roda dua asal negeri ‘merah’ Rusia, sepeda motor ini dibuat untuk kendaraan tempur Uni Soviet yang saat itu dianggap belum cukup untuk menghadapi invasi Nazi Jerman.

Melalui diskusi panjang di Departemen Pertahanan Uni Soviet dipilihlah mesin BMW R71.  Sepanjang perang dunia ke-2 motor ini diproduksi sejumlah 9.799 unit.

Namun setelah tahun 1950 Ural (IMZ- 72) terus menelurkan genererasi berikutnya. Yaitu, Ural T, Patrol T,  Retro, Gear Up, Patrol, Tourist, Taiga, dan Red October. (motorplus-online.com)
Penulis : Hanggi | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

NSU Motorcycle Tank Hybrids (Jerman), Andal di Segala Medan


Saat PD ke-2 si kumis nyentrik, Adolf Hittler nuntut tentaranya untuk tangguh di segala medan. Heinrich Ernst Kniekamp sepertinya tahu benar keinginan Sang Fuhrer.

Maka pada 1939  dia menciptakan motor berkemampuan luar biasa, All Terrain Motorcycle atau disebut juga Motorcycle Tank Hybrids.


Motor ini multi fungsi dan bisa menerjang segala medan karena kaki-kaki unik yang sudah dirancang menyerupai tank. Nggak heran, di trek mulus dia bisa lari kencang dan nyaman diajak menerabas jalan kribo sampai tingkat paling ekstrem. (motorplus-online.com)
Penulis : Hanggi | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

Brought SS100 (Inggris), Motor Cepat di Jamannya

Mahal, cepat dan macho adalah predikat yang disematkan motor ini. Di pasaran, dia nggak pernah jeblok. Selalu laku keras dan digilai rider.

Biang keroknya, William Brough yang merancang nih motor sampai sakses. Waktu digelar balapan di Inggris taon 1920-an  ia sendiri nyemplak motornya dan menang.

Setelah itu, gantian pembalap legendaris yang merajai event seperti Eric Fernihough, Freddie Dixon dan Bert Le Vack. Mesin Brough Superior SS100 dibuat di kota Notingham, antara 1925 sampai 1940. Mesin digamit JA Prestwich (JAP). (motorplus-online.com)
 
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+

Heinkel (Jerman), Lebih Mahal Dari Vespa dan Lambretta

Heinkel Tourist adalah jenis skuter unik. Pabrikan ini awalnya memproduksi pesawat terbang canggih di masa  Luftwaffe (AU Jerman) pada perang dunia ke-2.

Setelah Jerman kalah, Heinkel baru mulai memproduksi scooter di tahun 1953 berjuluk Heinkel Tourist. Variannya banyak, ada seri 101 A0 (1953-1954), 102 A1 (1954-1955), 103 A0 (1955-1957), 103 A1 (1957-1960), dan 103 A2 (1960-1965).

Motor ini lebih mahal dari Vespa dan Lambretta. Bahkan di Inggris motor ini biasa disebut The Rolls-Royce of Scooters. (motorplus-online.com)
Penulis : Hanggi | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok. M+
Tags : Heinkel Tourist,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya