Hoffman (Jerman)
Lihat di gambar, pada 1951 dia memproduksi Hoffmann Gouvernour (HG) yang terinspirasi kuat BMW boxer kapasitas gede, dua silinder.
HG ini punya kapasitas tepat 248 cc, kekuatan 15 dk di kitiran 6.000 rpm. Berat bersih 148 kg dan bisa lari sampai 112 km/jam. Bentuk motor tergolong konvensional dan khas bentuk motor Jerman yang kekar padat dan anggun. (motorplus-online.com)
husqvarna V-Twin Racer
Desain keseluruhan mengacu motor sport. Sok cangkrang di depan dibuat lebih efisien alias pendek karena kemiringan komstir mendekati vertikal. Lucunya, konstruksi sasis banyak ke depan. (motorplus-online.com)
Honda CX650 Turbo, Lahir Tahun 70an Dilengkapi Turbocharger
Lihat desainnya memang murni sport dan memanjakan performa. Mesin O.H.V silinder ganda lengkap dengan turbocharger. Sebagai catatan, motor Jepang lainnya banyak menganut turbocharger tapi untuk mesin 4 silinder.
Bukan cuma itu, karbu juga sudah adopsi part canggih dengan sistem injector. Makin mantaf, redam kejut di belakang konstruksi monosok. Keseluruhan bodi juga sudah ditutup fairing aerodinamis.
Keren kan! (motorplus-online.com)
Indian 402 (Amerika)
Pertama dibuat 1928. Penyempurnaan desain oleh Arthur Lemon. Kapasitas 1.265 cc, 30 dk, berat 175 kg. Sasis depan double down tube berikut sok depan tradisional cangkrangnya jauh lebih kokoh. Bearing di crankshaf mesin ada lima, jauh lebih kuat ketimbang Ace yang hanya 3 bearing di tempat sama. (motorplus-online.com)
H-D Silent Gray Fellow (Amerika)
Basis bodi dan mesin sesuai prototipe H-D awal di taon 1903. Mesin silinder tunggal ini dibuat sampai tahun 1918. Kapasitas tepatnya 30 kubik inc atau 492 cc dengan tenaga 6,5 dk dalam putaran 2.700 rpm. Berat 89 kg dan mampu membelah angin dalam kecepatan maksimal 72 km/jam.
(motorplus-online.com)
BSA Rocket 3 (Inggris), Ini Bukan Honda!
Soal tongkrongan memang begitu kental nuansa ala Jepang. Di sisi lain Rocket 3 ini hampir sama dengan konstruksi Triumph Trident. Sekadar ngingetin, Trident memiliki kapasitas persis sama, 740 cc dengan tenaga 58 dk.
Tongkrongan memang sporty untuk ukuran motor yang diproduksi di era 1969, waktu motor ini nongol. Perhatikan desain knalpot yang bener-bener spektakuler.
Tapi sekali lagi ingat ini bukan Honda, hanya untuk menyaingi Honda (motorplus-online.com)
Exelsior Talisman Sport (Inggris)
Yang digambar ini dipercayai memiliki angka tahun 1952, Desain Talisman cukup simpel. Bagian belakang menganut sistem sok plunger untuk mengimbangi garpu teleskopik di bagian depan. Untuk memasok bensin di dua silindernya, pabrikan Inggris ini menyimpan dua karburator.
Menurut data yang berhasil dihimpun, produk Exelsior ini termasuk yang sukses di pasaran Inggris dan Eropa. “Produk ini lebih laku dijual ketimbang versi standar. Padahal mesinnya sama dengan standar cuma perbaikan di sektor girboks,” jelas pabrikan Exelsior dalam buku Encyclopedia Of Motorcycle. (motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya