Selasa, 24 Juli 2012

motor-motor balapan didunia - 3


Honda RC-E, Bangkitkan Roh Motor Balap Tahun 60an

Sang legenda balap di masa lalu Honda RC bakal dihidupkan kembali lewat motor konsep betajuk Honda RC-E. Rohnya akan tetap membawa semangat motor kencang khas tahun 60 sampai 70an.

Roh klasik ini dijaga dengan bentuk fairing yang serba membulat. Pantat tawonnya juga memperkental kesan motor balap jadul khas cafe racer.

Kombinasi warna silver-merahnya juga sama seperti generasi pendahulunya. Meski klasik jangan kaget melihat mesinnya. Bukan lagi mengusung mesin bakar konvensional, tapi kini sudah bertenaga listik.

Sedang secara dimensi, Honda lewat siaran berita yang diterima redaksi menyebutkan ukurannya tak jauh beda dengan motor 250 cc. Yang pasti akan menawarkan kenikmatan berkendara dan kemudahan bermanufer. 

Asiknya, motor ini bukan sekedar sketsa. Tapi akan dipamerkan di Tokyo Motor Show 2011 bulan Desember mendatang. Enggak sabar lihat wujud aslinya! (motorplus-online.com)
Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : Honda

MZ RE 125 (Jerman), Cafe Racer 60-an

 
Kesuksesan motor balap Jepang kelas 125, 2-tak tahun 60-an, membuat greget Walter Kaaden, builder brilian pioner pembangunan mesin 2-tak awal PD II. Makanya ia ngotot membangun MZ RE 125 untuk terjun di kancah balap dunia.

Tidak mau tanggung pabrikan asal Zchopau, Jerman Timur ini membuat dua kapasitas, 125cc dan 250cc. Mereka juga menerjunkan motor ini di seri balap dunia taon 1961.

Yang terlihat di gambar adalah lansiran MZ RE 124 , berkapasitas tepat 124cc, kekuatan 25 dk dengan berat total 91 kg.  (motorplus-online.com)

FB Mondial (Italia), Langganan Juara Balap Dunia Tahun 50an

 
Motor balap era 50-an mesti keder dengan kehadiran FB Mondial. Gimana nggak? Walau tampilan kalem dan sedikit ortodoks, nih motor telah menang kejurdu 125cc 1949, 1950, 1951 dan 1957.    

Yang digambar adalah Mondial 1956 berkapasitas tepat 173cc, dua langkah kekuatan 20 dk dalam kitiran maksimal 6.700 rpm. 

Motor bersetang sempit khas balap ini memiliki berat 120 kg dengan kecepatan maskimum 110  km/jam. Dilihat sekilas, nuansa sport di  motor ini tergolong minim. Palingan ya itu tadi, setangnya sempit khas penyuka lintasan.  (motorplus-online.com)

MV Agusta America 1971 (Italia), Bisa Ngebut Sampai 209 km/jam

Tahun 1971 boleh jadi tahun penting buat MV Agusta. Pasalnya  mereka membuat motor sporty 4 silinder pertama. Idenya comot MV Agusta Touring 600.

Nih motor punya kapasitas gambot, 789cc, tenaga  75 dk dengan kitiran 8.500 rpm. Dengan berat 240 kg, dia bisa ngacir sampai 209 km/jam. Aslinya, menerapkan 4 karburator, knalpot dua-dua, kanan kiri.

Dari namanya, MV Agusta memang menyasar pasar Amerika. Sayang, di pasaran penjualan motor ini meleset dari perkiraan. Dia ambruk di pasaran Amrik.  (motorplus-online.com)

Honda RC164 (Jepang), Bisa Dikebut 225 km/jam

Antara 1959-1964, Honda giat berinovasi melahirkan motor balap sip. Saat Honda RC160 nongol, mereka nggak puas dan membuat kelanjutannya, Honda RC164.

Power varian pertama cuma 35 dk pada kitiran maksimal 14.000 rpm. Nah, yang 164 naik jadi 45 dk di rpm maksimal yang sama. Dengan kapasitas sama, kecepatan maksimal jadi 225 km/jam, jauh lebih cepat dari generasi sebelumnya yang cuma mentok di 202 km/jam.

Sok depan model lengan ayun alias leading link di RC160 diganti teleskopik. Merurut pembuatnya, semangat buat motor ini memang menjadi lebih cepat. (motorplus-online.com) 

H-D Sprint H (Amerika)

 
Harley-Davidson (H-D) memang pernah nyeleneh nggak menganut V-Twin 45 derajat. Salah satunya motor ini. Oh ya, sejarahnya juga unik. Maklum maju en tajir, mereka membeli lisensi pabrikan Italia Aeronatica Macci. Motornya berngaran asli Italian Sport 250 dan berubah jadi H-D Sprint H 250.

Desain motor sederhana banget khas motor keluaran 1974.  Sasis dari back-bone nggak langsung ke belakang tapi melandai dulu ke bawah. Belakang menganut konvensional per dobel berlengan ayun untuk lebih mengimbangi garpu teleskopik di depan.    (motorplus-online.com)

BMW Rennsport (Jerman), Gacoan Balap Tahun 50-an

Dunia balap memang jodoh-jodohan. Coba simak kisah menarik Rennsport yang dibuat kali pertama taon 1954. Spek mesin balap. Girboks 5 percepatan, karbu Dell’Orto.

Malah beberapa unit dibuat eksperimen dengan injeksi untuk menandingi pesaingnya yang pakai 4 silinder. Pas jajal di sirkuit, dia sial melulu. Di GP Eropa taon 1956 Walter Zeller sang rider cuma menang runner-up.

Nggak putus asa, mereka ikutan lagi dua tahun setelahnya. Kali ini, pantat Dickie Dale dipercaya duduk di joknya. Keukeuh tetap aja cuma juara dua.    (motorplus-online.com)

Honda RC160 (Jepang), Motor 4 Silinder Pertama Honda

Varian ini boleh dibilang motor bersejarahnya Honda. Itu karena inilah motor 4 silinder pertama mereka. Nggak cuma itu, spek mesinnya juga tergolong digdaya.

Coba ditilik! Kapasitas tepat 249 cc, tenaga lumayan gede, 35 dk pada gasingan dahsyat 14.000 rpm. Lewat berat yang 124 kg, arahan Daijiro Honda ini mampu terbang sampai 200 km/jam.

Saat keluar dari pabriknya pada 1959, motor ini memang dipersiapkan buat menggasak sirkuit di seantero Jepang. Awalnya mesin menganut silinder tegak dengan kem tunggal.

Boleh dibilang ini kakek buyut Honda RC212V tunggangan Stoner saat ini.  (motorplus-online.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya