Selasa, 24 Juli 2012

motor trail lawas - 3


Greeves 20T (Inggris), Trail Bersuspensi Unik!

Scrambler asal Inggris ini emang simpel dan imut-imut. Kapasitas cuma 197 cc bertenaga 8,5 dk pada pusingan maksimum 4.000 rpm. Dengan berat 103 kg, dia termasuk ideal untuk ukuran motor gunung, lihat aje spek kecepatannya, motor 2-tak ini mampu ngacir sampai 80 km/jam!

Kali pertama melindas tanah Britania Raya taon 1953. Coba tilik lagi kaunikannya. Wilayah down-tube nggak dibuat dari bahan besi umumnya motor. Pabrikan negeri grup legendaris Led Zeppelin ini pakai lempengan aluminium.

Bukan cuma itu, sok belakang konstruksi unik. Greeves nggak pakai per spiral, tapi karet menahan getaran. Enggak kebayangkan   (motorplus-online.com)



Honda "Scrambler" CT50, Bebek Trail 68

Bisa jadi profil nih motor inspirator bebeker Tanah Air. Misal ente tinggal di kawasan pegunungan atau daerah terpencil yang jalannya jelek. Lantas.... punya C-70/90 yang mesinnya masih oakley. Kagak  salah mencontek sosok CT50  yang cocok disebut scrambler ini.

Secara desain mengingatkan kita pada Kanzen Taurus yang pernah dijual di Indonesia, basic-nya bebek tapi di modifikasi menjadi kendaraan multi fungsi berdesain ala motor trail.

Coba perhatikan desainnya, motor ini masih keluarga Honda pispot karena tangkinya  terpisah dari bodi. Tapi menggunakan knalpot bergaya scrambler, bukan lagi di kolong mesin agar ground clereance-nya makin tinggi. Setang baplang khas motor trail dan spatbor depan yang mendongak juga jadi cirinya.

Roda depan-belakang menganut ban pacul ukuran pelek 17 inci. Sedang mesinnya masih menganut empat langkah dua katup kapasitas 49 cc. Tenaga  mencapai 4,75 dk dalam pusingan 10.000 rpm. Asik kan! Enggak melulu motor trail harus tipe sport kan???   (motorplus-online.com)

Mesin Austria Untuk Baragio

Taruhan yuk!  Brother  rada-rada janggal denger nih merek. Iya tuh, dia ini bikinan sangat terbatas desainer motor Perancis Patrick Barigo. Dia ngewujudin impiannya lewat kerja sama dengan produsen mesin Austria, Rotax Company.

Tampilannya kawinan antara trail dan jalanan. Ya.., bilang aja sosok supermoto. Garpu depan up-side down suspensi belakang monosok dan rangka aluminium.

Nyusruk rada lebih dalam lagi, motor ini sudah menganut satu silinder, 599 cc, 4 langkah. Kekuatan yang dimiliki, juga lumayan paten lewat 61 dk di kitiran maksimal 8.000 rpm. (motorplus-online.com)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya