Selasa, 17 Desember 2013

Isyarat tangan saat kita melakukan komunikasi dengan teman yang kita kenal mungkin adalah hal yang biasa karena gerakan tangan merupakan salah satu bentuk komunikasi terbaik. Tetapi di beberapa negara, isyarat tangan ini harus dihindari karena malah berarti menghina seseorang atau tidak sopan. Seperti apa saja kode tangan yang dilarang tersebut? Silahkan agan/aganwati mengetahuinya.

Spoilerfor Mengibaskan Dagu (Chin Flick)

Jarang terlihat dalam kebudayaan kita karena memang hanya dimengerti di Belgia, Perancis, Italia Utara, dan Tunisia. Di Itali, isyarat ini secara sederhana adalah Anda mengatakan "tidak", akan tetapi berhati-hatilah jika Anda berada di Perancis. Isyarat tangan ini dapat berarti Anda seperti menunjukkan kelamin Anda dan dikenal secara sebagai bentuk makian yang juga dapat berarti "PERGI!" atau mengusir seseorang. Isyarat dimulai dengan Anda meletakkan jari tangan Anda di dagu dan mengibaskan atau seperti menyentil dagu Anda ke luar.


Spoilerfor Mengacungkan Jempol (Thumbs Up)

Dalam kebudayaan umum yang kita kenal seperti di Barat, mengacungkan jempol adalah bentuk tidak formal dari respon positif. Tapi berhati-hatilah jika Anda ada di Russia, Amerika Latin, Yunani, Afrika Barat, Sardinia, Itali Selatan dan Timur Tengah, isyarat ini dapat berarti sama halnya dengan Anda mengacungkan jari tengah Anda ke orang tersebut - dan tentu kita tahu apa arti isyarat negatif itu. Cobalah dengan cara sederhana dengan berkata daripada melakukan isyarat walaupun Anda tidak begitu fasih dengan bahasa mereka.


Spoilerfor Peace

Isyarat tangan peace atau "V" datang dalam dua bentuk: yang pertama adalah dengan telapak mengarah ke dalam dan yang satu lagi mengarah ke luar. Di US dan kebudayaan kita, mungkin kedua hal ini adalah hal yang sama dimana dapat berarti peace atau victory (kemenangan). Namun beda halnya jika Anda berada di Britania Inggris, Australia, Irlandia, New Zealand dan Italia, isyarat tangan 'V' dengan telapak yang mengarah ke dalam dapat melambangkan kelamin wanita (vagina) atau juga dapat berarti 'dirikan kepunyaanmu' (dalam konotasi seksual negatif).


Spoilerfor Tangan Terbuka (Moutza)

Berhati-hatilah jika Anda membuka telapak tangan Anda dan merentangkan semua jari Anda, khususnya di Yunani. Hal ini dikenal sebagai moutza dan merupakan salah satu bentuk cacian atau pelecehan. Kepercayaan atau kebudayaan ini bermulai dari zaman Romawi Timur yang dimana masyarakat membuang kotoran ke muka para kriminal. Isyarat tangan ini memiliki arti seperti itu dan ini juga berlaku di Pakistan, Kebanyakan Afrika, Jepang serta Korea yang juga dapat berarti 'binatang' dengan bentuk yang sedikit berbeda dimana jempol Anda mengarah ke telapak Anda.


Spoilerfor Menyilangkan Jari Telunjuk dan Jari Tengah


Kita mungkin mengenal bentuk isyarat atau gerakan tangan ini sebagai bentuk Anda membuat janji palsu, tapi kebudayaan berbeda tentu kepercayaan berbeda. Di kebudayaan barat, isyarat ini memiliki konotasi yang lebih positif dimana dapat berarti semoga beruntung. Sedangkan di Vietnam, isyarat ini dapat berarti negatif dimana memiliki arti negatif yang serupa dengan isyarat Peace yaitu menggambarkan alat kelamin wanita.


Spoilerfor OK

Membuat lingkaran dengan tangan dan telunjuk Anda sering berarti "baik" atau "ok" dan sering dilihat dalam menyelam sebagai tanda tidak ada masalah dan dikenal sebagai "OK" atau "A-OK." Isyarat ini memiliki arti yang jauh berbeda di beberapa negara di Eropa dimana ini dapat menjadi salah satu bentuk mengatai seseorang bahwa dirinya tidak berarti (kosong atau nol). Lebih buruk lagi, di Brazil, Jerman dan beberapa negara Meditterranean (Laut Tengah), isyarat ini menggambarkan "anus" dan digunakan untuk mengatai seseorang homo atau perlambangannya sendiri.


Spoilerfor Corna

Tangan menggumpal dengan telunjuk dan jari kelingking diacungkan adalah isyarat yang disebut sebagai corna atau di kebudayaan kita isyarat tangan metal dan rock. Isyarat tangan ini sendiri memiliki arti positif dan negatif. Sahabat anehdidunia.com di beberapa kebudayaan dapat bertindak sebagai bentuk positif yang digunakan untuk olahraga dan juga mengusir setan. Akan tetapi ini juga dapat berarti cuckold atau "Istri atau orang tersayang kamu selingkuh."


Spoilerfor Telunjuk Menempel Satu Sama Lain

Jika Anda berkunjung ke Mesir hati-hatilah menggunakan isyarat tangan ini, karena ini berarti Anda ingin sex atau bercinta dengan orang yang menjadi arah isyarat tangan ini. Hampir tidak ada alasan mengapa Anda harus membentuk isyarat ini, tapi jika Anda memang ingin membuat isyarat ini pastikan Anda memang ingin melakukannya dan siap-siaplah jika isyarat tersebut diterima secara negatif dan orang-orang memarahi Anda.


Spoilerfor Memanggil dengan Satu Jari

Menekuk jari telujuk ke arah diri Anda sendiri berkali-kali sudah dikenal sebagai salah satu bentuk isyarat yang menggambarkan memanggil seseorang. Biasanya digambarkan seseorang wanita yang menggunakan isyarat ini untuk menandakan dirinya sedang menggoda si lelaki. Hanya saja ini juga dapat berarti negatif, khususnya di Filipina yang berarti Anda mengganggap lawan Anda sebagai anjing. Bahkan Anda dapat ditangkap pihak berwajib karena isyarat ini dan jari telunjuk Anda mungkin akan dipatahkan sebagai hukumannya. Di kebudayaan yang kita kenal, ini juga merupakan salah satu cara yang tidak sopan untuk memanggil seseorang.


Spoilerfor Cutis

Hanya dikenal dan terlihat di kebudayaan India serta Pakistan dimana Anda meletakkan jempol Anda di gigi seri atau gigi depan Anda dan kibaskan atau sentilkan, untuk lebih jelas lagi sambil katakan "cutta!". Ini dapat berarti "Screw you and your whole family" atau "Sial untuk kamu dan seluruh keluarga kamu."

Tentunya ada isyarat tangan lain yang masih harus Anda hindari, namun dari isyaratnya saja Anda pasti sudah mengenal bahwa itu adalah isyarat atau gerakan tangan yang negatif, dan harus dihindari. Seperti contohnya mengacungkan jari tengah, mengepalkan tangan ke arah seseorang, jempol di antara telunjuk dan jari tengah dengan tangan tergenggam, mengacungkan jempol ke bawah, dan banyak lainnya yang sudah pasti berarti sama di setiap negara.


Spoilerfor sumur
http://www.anehdidunia.com/2013/12/isyarat-tangan-yang-tidak-sopan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya