Senin, 21 November 2011

Hati-hati! Diabetes Mellitus Juga Terjadi Pada Bayi dan Anak-anak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Diabetes mellitus saat ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Bayi dan anak-anak juga menderita diabetes mellitus.
Data Unit Kerja Koordinasi (UKK) Endokrinologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sejak Mei 2009 hingga Februari 2011 menunjukkan 590 anak dan remaja berusia di bawah 20 tahun yang menyandang diabetes tipe 1 di seluruh Indonesia.
"Data ini diperkirakan merupakan puncak gunung es sehingga jumlah penderita yang sesungguhnya di populasi tentu lebih banyak lagi yang masih belum terdeteksi," tutur Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL),Tjandra Yoga Aditama kepada Republika di Jakarta, Selasa (15/11).
Bila jumlah anak 0-18 tahun Indonesia ± 83 juta jiwa, maka kasus DM tipe 1 pada anak yang telah ditemukan mencapai 0,00711 permil.
Dijelaskan riwayat lahir dengan berat badan rendah, kurang dari 2,5 kg mempunyai risiko yang lebih tinggi terkena dibetes dibanding dengan bayi lahir dengan BB normal. "Faktor risiko ini yang tidak bisa dimodifikasi," kata Tjandra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya