Kamis, 03 November 2011

Mengenal Selaput Pelangi, Si Warna Mata Kita




siang agan-agan
xilouette ingin berbagai informasi bagus pagi ini.
meskipun berawal dari sebuah karya potografi tajam dan fokus terhadap iris atau selaput pelangi, namun ane juga akan berbagai informasi tentang apa itu selaput pelangi. ok, langsung aja gan!


Quote:
Iris atau Selaput Pelangi merupakan jaringan berbentuk cakram melingkar yang terdapat persis di depan lensa. Jaringan ini tersusun atas serabut otot sirkuler dan radial. Di bagian ini terdapat pigmen yang mengatur warna mata. artinya warna pada mata agan sekarang adalah Iris atau Selaput Pelangi
Fungsinya mengatur jumlah cahaya yang masuk ke mata dengan mengatur ukuran pupil. Tekstur visual dari selaput pelangi dibentuk selama perkembangan janin dan menstabilkan diri sepanjang dua tahun pertama dari kehidupan janin. Tekstur selaput pelangi yang kompleks membawa informasi sangat unik dan bermanfaat untuk pengenalan pribadi. Kecepatan dan ketelitian dari sistem pengenalan berbasis Iris sangat menjanjikan dan sangat memungkinkan untuk digunakan pada sistem identifikasi berskala besar. Masing-masing selaput pelangi adalah unik dan seperti sidik jari, tekstur selaput pelangi dari kembar identik adalah berbeda.
makanya kenapa klo ada mayat yang ga ada matanya itu sulit dilacak identitasnya, persis kayak di film Crimson River.

kenapa warna mata kita berbeda?
untuk menjawab pertanyaan itu kita perlu tau lapisan iris mata
Spoiler for lapisan iris:

lapisan paling depan adalah lapisan batas anterior, yang banyak mengandung pigmen (melamin). lapisan yang berada tepat di belakangnya adalah lapisan stroma tabekular yang mengandung serat kolagen. Lapisan ini berwarna biru kelabu. lapisan yang berada di belaknagnya lagi adalah pembuluh darah iris, yang berwarna kemerahan. tiga lapisan berikutnya (lapisan otot sfingter, dilator, dan pupil) tidak berperan dalam menentukan warna iris, lapisan paling depan berwarna coklat, lapisan berikutnya berwarna biru kelabu, dan lapisan berikutnya yang berwarna merah.

warna mata sebenarnya diatur multigenetik. artinya bahkan ketika agan2 menikah dengan pasangan yang berwarna mata coklat juga, maka ada kemungkinan warna mata anak agan bisa jadi biru!. Konsep yang dianggap paling mudah menjelaskan bagaimana warna iris diturunkan secara herediter adalah konsep hereditas 2 alel seperti ini

Spoiler for probabilitas:
Quote:
rupanya di dunai ini juga ada kelainan dalam mata makhluk hidup yang dikenal dengan nama Heterochromia yang sering kita ketahui sebagai kelainan karena kedua bola matanya berbeda warna. aneh? memang...
warna gelap mata ditentukan oleh jumlah melanin, suatu pigmen coklat gelap, yang terdapat dalam begian mata yang disebut iris. Mata berwarna biru disebabkan sedikitnya jumlah melanin, sementara mata berwarna berwarna coklat menunjukkan iris dengan kandungan melanin yang banyak.
orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap ,memiliki lebih bnayak mealanin sehingga mereka memiliki mata yang berwarna coklat. sementara orang dengan warna dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga biasanya memiliki warna mata yang lebih terang. saat seorang individu memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris di mata mereka, maka mata mereka pun akan memiliki warna yang berbeda. nah .. biasanya langka banget ada manusia yang memiliki kelainan tersebut. tapi ada yang namanya heterochromia Iridium yang umumnya terjadi pada kaum hewan.

Spoiler for manusia:
ini cewek asli gan .. dan ia memang cwe beruntung mengalami Heterochromia. asli dan no sotosop!






Spoiler for hewan:




Quote:
nah rupanya ada fotografer bernama Suren Manvelyan yang dengan luar biasa melakukan pemotretan terhadap iris mata manusia dengan ketajaman yang cukup membuat agan menganga lebar. ini adalah beberapa foto yang ane ambil dari webnya, ada yang warna coklat, kekuningan, hingga hijau, namun dibutuhkan kejelian agan juga buat ngeliatnya. enjoy it!!.
Spoiler for Foto Iris:




















Kurang Puas gan? hmm..
mampir langsung aj ke web nya di
Suren Manvelyan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya