Selasa, 24 Juli 2012

motor-motor lawas yang pernah ada-4


Honda CB77 Superhawk (Jepang), Menaklukkan Hati Rider Eropa


Khusus di Inggris, motor ini disebut Honda Supersports. Model ini cukup penting taon 60-an. Pasalnya, motor ini dijadiin bukti kalau desain  dan kekuatan bikinan Jepang bisa menaklukkan hati rider Eropa.

 Oh ya, saat itu! Honda inilah yang ber-cc paling gede. Kapasitas tepatnya 305cc, kekuatan 27,5 dk dalam 9.000 rpm. Berat bersihnya 160 kg dengan kecepatan maksimum lumayan tinggi, 166 km/jam.
   
Yang di foto ini berangka tahun 1966, dua silinder dengan dua karburator macam Triumph Bonenville. Peranti kenyamanan cukup canggih. Motor ini dilengkapi electric starter. (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

BSA Sloper (Inggris)


Motor sporty khas Birmingam Small Arm (BSA) jenis ini, kali pertama nongol pada taon 1926. Tentudengan ciri khas mesin menjorok ke depan. Varian ini cukup variatif dibuat berkapsitas 350cc, 500cc dan 600cc. Model pertama disebut S27 O.H.V dengan down-tube kembar.

Yang dijepret digambar  berangka 1930, kapasitas tepatnya 493cc dengan kekuatan 20 dk, berat 153 kg dengan kecepatan di rentang 113 km/jam sampai 120 km/jam. Varian ini juga menganut kopling basah dengan tiga percepatan di girboks.

Sip banget kan?     (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus
Tags : BSAklasikInggris,

H-D 165 Hummer (Amerika), Nyontek DKW


DKW Jerman boleh bangga. Itu karena pabrikan Harley-Davidson (H-D) Amerika aja nyontek desain motornya. Lihat bukti di H-D Hummer 2-tak 165cc ini. Ia plek ngambil desain dari DKW.

Tepat 1947, pabrikan ini ngotot bikin H-D bermesin ringan, 2-tak. Biker yang disasar penduduk perkotaan yang butuh motor gesit dan simpel.

Melihat pasar menjanjikan, mereka lantas memproduksi Hummer ini. Rentang produksi 1953-1959, girboks menganut 3 percepatan dengan bentuk crankcase unik mirip telur.     (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

BSA Rocket (Inggris), Pesaing Utama Honda 750 Four


Motor racing tulen ini jadi pesaing utama Honda 750 Four. Performa sipnya kelihatan saat dinaiki racer Inggirs John Cooper di Mallory Park taon 1971.

Saat itu timnya sumringah mempecundangi The Legend juara dunia Giocomo Agostini yang naik MV Agusta. Motor ini punya keunggulan handling karena konstruksi frame yang baik.

Rocket 3 menganut kapasitas mesin 740cc, tenaga 69 dk dalam kitiran maksimal 8.500 rpm. Berat bersih 172 kg dengan klaim top-speed 245 km/jam.  (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

Moto Guzi (Italia), Istimewa di Segala Segi


Dia bisa dibilang istimewa di segala segi. Jangan bantah, Bro! Hapunten galak. Coba sampeyan tilik baik-baik. Lekuk dan desian bodi sudah aduhai.

Peranti penunjang keamanan lengkap! Derajat pengapian bisa diatur di setang termasuk choke. Ada juga pembocor kompresi supaya enteng saat disela.

Tuas rem depan dipasang terbalik. Dari ujung setang sebelah kiri, nongol. Spek motor ini juga ideal dipakai turing. Kapasitas tepatnya 498,4cc dari diameter x stroke 80 x 82mm. Power 18 dk/4.000 rpm. Berat 130 kg dan diklaim bisa ‘terbang’ 100 km/jam.   (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus
Tags : Moto GuziItalia,

Gnome and Rhone (Prancis), Desain Sasis Unik


Tengok konstruksi sasisnya, nih motor memang ajeg banget. Rangka dirancang besi bentuk kotak. Dia menginspirasi bentukan modern dengan lengan ayun kotak yang sekarang diminati biker.

Motor Perancis ini bisa dibilang motor pertama yang dibuat perusahaan penerbangan sana. Desainnya mencontek merek ABC buatan Inggris 2 silinder sejajar.

Sebelum taon 1930, mereka cuma buat satu silinder. Sebelum taon 1930 juga, mereka cuma bikin motor hingga lahir konstruksi dua silinder sejajar seperti tampak pada gambar. Kapasitasnya 724cc, tenaga  30 dk.   (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

Deronziere (Perancis), Cuma Bertahan 11 Tahun


Masa hidup motor Deronziere tergolong singkat. Mulai 1903 sampai 1914. Pabrikannya berdiri di kota Lyon, Perancis. Beberapa varian mesin dipasok perusahaan gede macam Zedel dan Peugeot.

Pengcualian motor digambar ini. Mereka pede bikin mesin sendiri. Dengan desain bak sepeda tulen, dia punya kapasitas tepat 282 cc dan tergolong ringan, 45 kg.

Kecepatan maksimal standar pabrikan cuma 32 km/jam dengan penerus daya sistem belt. Buat jejeel di Paris saat itu sih, motor ini dianggap ideal.  (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus
Tags : DeronzierePerancis,

Ariel 1955 (Inggris), Pengembangan Terakhir Mesin OHV


Sejak taon 1937, Ariel Square Four mengembangkan mesin OHV. Yang terlihat digambar punya angka tahun 1955 dan dipercaya sebagai  hasil akhir pengembangan OHV.

Kapasitas mesin 997cc, kekuatan 40 dk dalam kitiran maksimal 5.600 rpm. Berat bersih 135 kg dan top-speed 164 km/jam. Di zamannya, tergolong motor turing berkarakter cepat.

Seluruh mesin berbahan aluminium, 4 percepatan, 4 silinder sejajar dan dilayani satu karburator SU. Kelihatan banget kalau bodi didesain khusus untuk kenyamanan turing jauh.    (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

Excelsior MM (Inggris), Sudah Pakai 4 Klep Tiap Silinder


Dari tongkrongan dan jeroan mesin Excelsior Mechanic Marvel ini, sepertinya memang kuda besi balap sejati. Menjawab tuntutan pasar motor berperforma canggih dan bertenaga.

Mereka bereksperimen dengan mesin twin yang didukung 4 katup tiap silindernya. Kapasitas tepat 246cc, dua silinder dengan tenaga maksimum 25 daya kuda (DK).

Bermesin produk JAP dan Blacburne pada 1933 memenangkan kontes kecepatan bermotor. Sayang, sejarah menyebutkan kalau motor ini enggak begitu sakses di pasaran.    (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus
Tags : Excelsior MMInggris,

BMW R63, 1928 (Jerman), 734 cc Tenaga Lebih Besar

 
Ini
 adalah OHV kali pertama dari BMW lansiran 1928. Motor ini pengembangan R57 500cc dengan tenaga lebih besar.

R63 berkapasitas 734cc, kekuatan 24 dk dalam kitiran maksimum 4.000 rpm. Berat bersih 155 kg dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.

Girboks menganut 3 percepatan. Jeroan mesin hampir persis sama dengan R32 yang nongol lima tahun sebelumnya.

Tapi, tentu saja, semuanya sudah serba lebih komplet, canggih dan juga kuat.

Estetika motor khas Jerman simpel, kekar dan terkesan kaku. Bisa dilihat dari pipa tubular menganut sasis rigid!    (motorplus-online.com)
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus
Tags : BMW R63,

Roper Steam, Motor Uap Tahun 1894 Dilelang

Roper Steam Motorcycle ini digadang-gadang bakal jadi motor dengan harga paling mahal. Memang bukan motor keluaran terbaru, Roper Steam ini berojol tahun 1894. Tapi karena umurnya, harganya melonjak.

Bahkan rumah lelang Auctions American di Las Vegas, Amerika memprediksi harganya bakal lebih mahal dari Cyclone Board Track Racer OHC produksi 1915 yang laku dilelang dengan harga jual 520 ribu US Dolar atau setara Rp 4,5 Milyar.

Selain sudah berumur, Roper Steam Motorcycle juga jadi saksi perkembangan sepeda motor di abad 19. Motor yang cuma diproduksi dua unit ini menggunakan teknologi mesin uap.

Sumber tenaganya dari batubara yang untuk memanaskan air. Uap dari air itulah yang dipakai untuk menggerakan roda. Konon pada kondisi normal, motor ini bisa dibesut hingga 64,3 km/jam.

Acara lelang akan berlangsung di Hotel dan Casino Rio All-Suite, Las Vegas, Nevada pada 12-14 Januari 2012. Tertarik ikutan ngebid? (motorplus-online.com)
Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : motorcycle

Matchless 1901 (Inggris), Pakai Mesin Super Kalem


Waktu Harley-Davidson memproklamirkan silent grey fellow, alias si abu-abu yang kalem dan bersahabat, pabrikasi Inggris juga bikin motor dahsyat.

Mereka pede menamainya silent matchless yang ngedepanin mesin super kalem saat disemplak. Nih motor adalah pertama yang diproduksi pabrikasi Matchless berangka tahun 1901.

Unik, mesin yang biasanya di bagian dalam down tube, ini justru di luar.  Kapasitas motor ini tidak diketahui pasti. Yang jelas kekuatannya 2,7 dk.  (www.motorplus-online.com) 
Penulis : Isf@n | Teks Editor : Nurfil | Foto : Dok.Motor Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya