Senin, 15 Oktober 2012

Download Software Kamus Bahasa Ocu (Melayu Kampar)


Bahasa Ocu adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat di daerah Kampar, Riau. Banyak persepsi mengenai bahasa ini, apakah ia merupakan salah satu dialek dari bahasa Melayu ataukah Minangkabau. Terlebih, dari segi adat istiadat, masyarakat Kampar menerapkan adat Minangkabau yang matrilineal. Di daerah ini dikenal istilah Niniok Mamak, Sumondo, Bako (Boko) dan lain sebagainya sebagai aturan adat yang berlaku.
Bagi saya pribadi, hal ini sebenarnya bukanlah suatu hal yang musykil, sebab dalam persepsi saya, Minangkabau merupakan bagian dari Melayu. Memang di Indonesia, Melayu hanya dianggap sebagai salah satu sub suku. Hal ini sangat dipengaruhi oleh pandangan Van Vollenhoven yang membagi-bagi entis di Hindia Belanda. Padahal, kalau kita lihat di negeri tetangga misalnya (Malaysia), yang disebut Melayu adalah semua orang yang bukan etnis Tionghoa dan bukan India. Jadi, Minang itu Melayu, Banjar itu Melayu, Riau itu Melayu, Bugis itu Melayu dan seterusnya.
Oke, sekarang kita tinggalkan perbedaan persepsi ini, dan kembali ke kamus Bahasa Ocu Kampar. Bahasa serupa Ocu Kampar juga banyak dipakai di daerah lain, seperti di Taluk Kuantan, Rokan, Pelalawan, Peranap (Indragiri), Negeri Sembilan dan Pahang (Malaysia) dan  lain sebagainya. 
Bahasa ini pada umumnya memiliki di alek dengan akhiran “o”. Misalnya :apa = apo; siapa = siapo; kemana = kemano; berapa = bapo; den/ deyen = saya. 
Bahasa Ocu ini nyaris menghilangkan semua huruf “r”, dan kerap menyingkat kata dalam kalimat. Contoh : den pai lu ( saya pergi dulu). Kata den/dan/wakdan sendiri disinyalir berasal dari badan (saya).
Contoh kalimat lainnya: wa ang nak kamano? ( kamu mau kemana?). Kata wa ang berasal dari awak hang yang merupakan panggilan lelaki dalam masyarakat melayu.
Untuk lebih jelas dan lengkapnya, anda bisa mendownload Kamus Bahasa ocu Versi Beta 1.0 (Download)
Atau anda bisa mendownlod Alternatif Versi Lainnya di SINI

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum wr wb
    maaf gan yang buat program siapa ya ? (Y)

    BalasHapus

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya