Minggu, 28 Oktober 2012

13 Dewa Olimpus/Yunani yang KEREN[Serba 13]


Agan2 pasti tau kan soal Dewa Yunani.Ada 17 dewa tapi yang dianggap paling Penting sekitar 13 dewa dan mereka tinggal di Puncak Gunung Olympus.

Bnyk juga film-film yang menggambil cerita dari Dewa-dewa yunani dan kekuatannya masing2 untuk Film,Cartoon,atau Game..masing2 film game pnya cerita dan keunikan tersendiri menurut pndangan dari produser mereka masing2 tentunya.Film yang baru membahas itu lagi contohnya Seperti:
Spoilerfor Film-film yang membahas Dewa

1.Clash Of the Titans

2.Percy Jackson(Son Of Poisedon)

3.Immortals

4.300

5.Troy

Dan film2 lainya gan yang ga mungkn ane bahas soalnya judulnya nanti beda lagi XD 

Tapi ane ga bahas film2 itu gan
Okee gan Back to Topik seperti Judul.
Ane mau bahas Dewa apa aja yang di bahas dan rata2 terkenal banget di Yunani sana..hehe
Dewa yang Pertama yang agan2 pasti kenal adalah :

Quote:1.Zeus

Siapa sih yang ga tau sama Dewa satu ini..dia yang paling berkuasa dan pemimpin dari semua dewa di gunung olympus.Dia di juluki Dewa God of the sky and thunder,Dewa iklim,Dewa Petir dan Cuaca.Zeus adalah anak dari Kronos dan Rea, dan merupakan yang termuda di antara saudara-saudaranya. Zeus menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi dewi penikahan.Zeus terkenal karena hubungannya dengan banyak wanita dan memiliki banyak anak. Anak-anaknya antara lain Athena, Apollo dan Artemis, Hermes, Ares, Hebe, Hefaistos, Persefon, Dionisos, Perseus, Herakles, Helene, Minos, dan Mousai.

Quote:2.Hera

Kalo Hera adalah istri dari dewa zeus,dia juga di kenal sebagai Ratu para dewa,Dewi pelindung pernikahan melambangkan kesetiaan pengorbanan dan kesucian.Hera dikenal atas sifatnya yang pencemburu dan pendendam, terutama pada selingkuhan dan anak-anak Zeus. Hera juga pernah murka pada Pelias karena melakukan pembunuhan di kuil Hera, dan pada Paris yang tidak memilih Hera sebagai dewi tercantik melainkan memilih Afrodit sebagai yang tercantik.

Quote:3.Poisedon

Poisedon yang dikenal sebagai Dewa Laut dengan kemampuannya berupa Gempa bumi,Penguasa samudra dan juga Bapak dari bangsa Kuda(ane juga ga tau kenapa di sebut itu @_@).Poseidon memiliki senjata berupa trisula yang bisa menyebabkan banjir dan gempa bumi.Trisula tersebut dibuat oleh para Kiklops semasa Titanomakhia.Poseidon juga memiliki kendaraan yang ditarik oleh hippokampos(Ada di gambar gan)

Quote:4.Ares

Ares adalah Dewa Perang,Dia adalah anak dari Zeus dan Hera.Dua pengawal utamanya adalah Fobos dan Deimos.Ares adalah dewa yang haus darah dan merupakan perwujudan dari pembunuhan.Ares berkuasa atas alat-alat perang, penyerangan dan pertahanan kota,pemberontakan,penjarahan,kejantanan, serta keberanian.Burung hering dan anjing adalah binatang keramat bagi Ares. Dalam Iliad,dia muncul dengan dikelilingi oleh berbagai penjelmaan dari kengerian perang,tetapi dalam Odyssey karakternya agak sedikit melunak.

Quote:5.Hermes

Hermes di kenal sebagai dewa penunjuk jalan dan pelindung para pengembara.Dia juga sebagai penghibur para dewa.Hermes biasanya di tugaskan oleh zeus untuk mengirim pesan karna kemampuannya dalam perjalananan.Dia memiliki ciri khas sayap di kakinya.Sebagai dewa pembawa pesan,Hermes bertugas mengantarkan pesan dari para dewa di Olimpus kepada manusia.Dia mengenakan sandal bersayap dalam menjalankan tugasnya.Tugas membawa pesan juga dilakukan oleh dewi Iris.

Quote:6.Hefaistos

Dewa ini di kenal juga sebagai dewa api,tukang kayu,penempa besi,dan pengrajin senjata.Hefaistos adalah putra dari Zeus dan Hera.Dia adalah dewa yang pincang.Dia beperan sebagai pandai besi bagi para dewa dan sering membuat berbagai alat dan senjata yang sangat berguna bagi para dewa. Hefaistos disembah di semua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena.Bengkel dan pusat pemujannya terletak di pulau Lemnos.

Quote:7.Afrodit

Afrodit atau afrodite adalah adalah dewi cinta,kecantikan,dan seksualitas dalam mitologi Yunani.Afrodit memiliki banyak nama lokal lainnya,seperti misalnya Akidalia,Kythereia dan Kerigo,yang digunakan di daerah tertentu di Yunani.Tiap-tiap nama memiliki sedikit perbedaan dalam hal kultusnya namun secara keseluruhan orang Yunani mengenali kesamaan mereka sebagai satu Afrodit.Para filsuf Attika pada abad keempat SM memisahkan dewi Afrodit menjadi dua,yaitu Afrodit surgawi dengan prinsip-prinsip transender dan Adoridt umum yang dikenal oleh orang-orang (Afrodit Pandemos).

Quote:8.Athena

Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai perempuan dewasa dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil.Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos(perawan),Hefaistos pernah mencoba memperkosanya namun gagal.Menurut legenda,Athena adalah putri kesayangan Zeus,dewa terkuat.Ibunya adalah dewi Metis,yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian,dan terkenal sebagai dewi kebijaksanaan. Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya,kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya.

Quote:9.Apollo

Dewa ini tidak sering di bahas dalam cerita2 tapi di yakini oleh mitologi Yunani bahwa dia adalah Dewa cahaya,musik,pemanah,pengobatan,Matahari,dan penyair.Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis.Ia mempunyai busur yang terbuat dari emas.Hermes menciptakan lira untuk Apollo dan alat musik tersebut menjadi atribut penting Apollo.

Quote:10.Artemis

Dia adalah Dewa dlm alam dalam mitologi Yunani adalah dewi perburuan, alam liar,hewan liar,perawan,dan perbukitan.Dia adalah pembawa dan penghalau penyakit pada perempuan serta merupakan Dewi yang menolong dalam proses kelahiran.Dia merupakan putri dari Zeus dan Leto,serta saudari kembar Apollo.Dia digambarkan sebagai pemburu dan membawa busur dan anak panah.

Quote:11.Dementer

Ia merupakan dewi pertanian dan kesuburan.Demeter mengendalikan panen, kesuburan tanah,musim,dan gandum.Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea.Setelah lahir,Demeter dan saudara-saudaranya ditelan oleh Kronos,yang takut jika suatu saat nanti tahtanya akan digulingkan oleh anak-anaknya.Demeter diselamatkan oleh Zeus dan kadang disebut sebagai salah seorang dewa Olimpus menggantikan Hades karena Hades lebih sering berada di dunia bawah.

Quote:12.Hestia

Dewi ini adalah dewi perapian,dan keluarga.Hestia adalah anak tertua dari Kronos dan Rhea.Hestia menerima persembahan pertama dalam setiap ritual dalam rumah tangga.Tungku perapian merupakan tempat suci untuknya.Dia digambarkan sebagai perempuan sederhana yang berkerudung.Dia duduk di singgasana kayu polos dengan bantal wol putih.

Dan Terakhir adalah Dewa yang tidak tinggal Di Puncak Gunung Olympus.Dia tinggal di dalam bumi atau biasanya juga di sebut alam baka,Neraka,Underworld,dimana terdapat kematian dan Kesedihan.
Quote:13.Hades

Ane juga ga tau gan Hadesnya dmana di gambar @_@
Kalo Hades ini adalah dewa dunia bawah dalam Mitologi Yunani.Hades merupakan putra tertua dari Kronos dan Rea.Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia.Zeus,Poseidon dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades mendapat dunia bawah.Karena asosiasinya dengan dunia bawah,Hades sering dianggap sebagai dewa kematian meskipun bukan.Hades juga kadang-kadang disebut sebagai dunia bawah itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya