Senin, 15 Oktober 2012

Mengenal File Hosting Gratis dan Keunggulannya


Di dunia internet, File Hosting bukanlah barang asing. Secara umum, File Hosting adalah layanan penyedia penyimpanan data di Internet, layaknya hard disk pada komputer pribadi (PC). Dengan file hosting, seseorang dapat menyimpan file apa saja dengan aman dan dapat diambil sewaktu-waktu diperlukan.
Bagi para blogger, file hosting mutlak diperlukan, apalagi kalau blog tersebut berisi informasi-informasi tentang download file tertentu. Nah, daripada menyimpan sendiri di hosting web, tentu kapasitasnya akan langsung membengkak dan menghabiskan jatah hosting, jadi lebih baik disimpan di laman file hosting gratis, dan tinggal menyimpan linknya.
Saat ini ada beberapa situs penyedia file hosting yang terkenal, di antaranya:
 
MediaFire
Mediafire adalah file hosting yang paling terkenal karena kecepatan upload dan downloadnya yang mengagumkan.
Dengan cukup mendaftarkan email di situs mediafire ini, seseorang akan mendapatkan fasilitas penyimpanan data yang cukup besar, bahkan bisa tanpa batasan.
Selain itu, mendownload file di mediafire juga ridak ribet, tanpa perlu melalui proses yang berputar-putar antar link seperti di file hosting lainnya (misalnya di ziddu). Sekali membuka akses download, kita akan langsung dihadapkan dengan filenya. Maka, sangatlah patut jika mediafire dinobatkan sebagai salah satu penyimpanan file online terbaik didunia.
Hanya saja, bagi pecinta download, mediafire kadang mengecewakan, karena mediafire kerap meremove file-file yang dianggap laris tapi illegal. Namun ini sebenarnya karena mediafire taat hukum, apalagi hukum hak cipta di Amerika Serikat juga sangat ketat.
Ziddu
Kelabihan file hosting yang satu ini adalah karena kita bisa menambah penghasilan (earning) dari internet. Dengan mengupload suatu file di Ziddu, kita bisa mendapatkan penghasilan dari pengunjung website yang mendownload file milik kita.
Ziddu memiliki sistem yang unik dengan program download. Kita meng-upload file, kemudian saat file kita didownload maka kita akan mendapatkan 0,001 $. Cukup menarik memang, bayangkan jika yang mendownload file sebanyak 10.000 orang setiap bulannya, maka kita akan mendapatkan 10 $ atau sejumlah 100 ribu Rupiah per bulan, itu hanya keuntungan dari satu file yang kita upload, trus jika kita meng-upload 100 file, maka kalikan saja totalnya. Adapun yang membayar 0.001$/file kita adalah free unlimited file hosting  jika file-file kita di download. Dengan begitu, selain kita dapat free hosting file, dapat dollar pula
Dulu, file di ziddu akan disimpan selama 30 hari, jika tidak ada yang mendownload file selama 30 hari otomatis file yang kita simpan akan terhapus, tapi kabarnya aturan ini tidak berlaku lagi. artinya, Ziddu tetap akan menyimpan file kita selama situsnya masih ada.
Kekurangan ziddu lainnya adalah karena ziddu menggunakan ad.fly sehingga kita harus menunggu beberapa detik sebelum sampai ke link download, dan harus juga memasukkan captcha.
 
4shared
Namanya saja sudah asyik, 4shared (for shared=untuk dibagi-bagikan). File hosting ini sudah mendukung pengguna bahasa Indonesia, karena itu 4shared merupakan salah satu free file hosting yang banyak dipakai. 4shared menawarkan space 10 GB untukfree account. Aku biasa pakai 4shared untuk menyimpan file atau juga mengirim file yang besar pada seseorang.
Rapidshare
File Storage yang satu ini adalah layanan file gratisan yang paling banyak diminati di seluruh dunia, bahkan di Indonesia. Makanya, pemiliknya pun sering digugat di Pengadilan Amerika karena tuduhan menyebar konten berbayar alias pembajakan.
Ada dua jenis member di Rapidsharefree member dan member premium. Free Member hanya bisa meng-upload file maksimal sebesar 100 MB, tempat penyimpanan 1 GB, bandwidth 2,5 GB untuk 3 hari, jika file yang di upload tidak didownload selama 30 hari, maka Rapidshare akan secara otomatis menghapus file tersebut. Untuk menjadi member premium kita akan mendapatkan fasilitas seperti upload file maksimal 1 GB, penyimpanan data sebesar 20 GB, bandwidth tak terbatas. File akan disimpan selamanya, bahkan jika tanpa didownload sekalipun
Hotfile
Sama seperti rapidhsare, hotfile juga mengenal dua jenis membership, yang yang gratis dan berbayar. Kekurangan filehosting ini adalah karena proses unggah dan unduhnya yang cukup lama bagi pengguna gratisan.
Indowebster
Merupakan andalan file hosting Indonesia. Tidak hanya Indonesia saja yang memanfaatkan penuh layanan hostingan ini, Indowebster bahkan laris manis di luar negeri. Space yang besar dan akses yang lumayan cepat menjadi favorit di kalangan pengguna file hosting.
Pendaftarannya gratis! dan ada layanan forumnya juga buat bagi-bagi file. 
 
Filedropper
Keutamaan Filedropper adalah karena layannya yang sangat mudah pakai. Cukup dengan memilih file dan meng-klik “Upload”, kita sudah bisa langsung mengunggah.
Selain itu, file dropper juga memberi kapasitas yang besar. Filedropper memungkinkan kita meng-upload sampai dengan 5GB! Hanya saja, saat ini  filedropper hanya memberi layanan upload selama 7 hari (trial), selebihnya harus bayar.
 
Easyshare
Sama seperti situs file hosting ziddu, yaitu akan membayar file kita yang di download. Bedanya, jika di ziddu dibayar per file, sedangkan di Easyshare dibayar $20 untuk 10.000 kali download file. 
MegaUpload
Namanya saja sudah mega. File hosting yang satu ini menyediakan memori penyimpanan yang besar, akses download yang cepat dan fitur multiupload menjadi karakter andalan dari penyimpanan file MegaUpload. Saking terkenalnya MegaUpload sekarang ini, MegaUpload juga meluncurkan situs baru yang khusus untuk mengupload video bernama MegaVideo.com.
Di Amerika, situs megauupload mendulang sukses besar. Karena memang diluar negeri, kebanyakan penguna internet memanfatkan MegaUpload dengan fitur Premium, dengan membayar sekitar 2,5 dollar setiap bulannya. Di Indonesia bagaimana? Ternyata di negara kita, nama MegaUpload masih terdengar asing dibandingkan situs File Host lainnya, seperti Rapidshare dan Ziddu.
Namun sama seperti rapidshare, megaupload juga diskriminatif memperlakukan antara pengguna berbayar dan pengguna gratisan.
 
Badongo
File hosting yang satu ini juga tak kalah hebat. Untuk Non anggota saja, Badongo, membolehkan upload sampai dengan 4.8GB. Sedangkan jika kita terdaftar sebagai anggota, maka kita dapat upload sampai dengan 12GB dalam satu hari.
 
MyFreeFileHosting
MyFreeFileHosting memiliki tampilan yang mirip dengan MediaFire. Ia memiliki pilihan untuk pengiriman notifikasi email yang dapat memberitahu apa yang akan di-upload, tag untuk mengkategorikan file, dan lainnya. Hanya saja, kelemahannya, tampungan file gratisan cukup kecil, di mana ukuran file maksimal yang diizinkan hanya 100MB.
 
Fileden
Fileden merupakan salah satu situs layanan file hosting yang cukup powerfull dengan memberikan pengguna akan mendapatkan space yang tak terbatas (unlimited), tapi sayangnya kita hanya diberi jatah 100mb per upload. melakukan upload file tanpa memiliki rekening sampai dengan 100MB. Disana juga terdapat pilihan untuk menciptakan proyek, kemampuan untuk menggantikan file, statistik file dll.
 
Fileqube
Fileqube sama seperti situs layanan file hosting lainnya. Ia memiliki desain yang jelas-jelas menunjukan maksudnya. Ia juga sangat cepat. Namun sayangnya Fileqube hanya memungkinkan kita meng-upload sampai dengan 150MB.
 
ShareCash
Sama halnya dengan ziddu, sharecash akan membayar membernya jika file yang diupload di unduh orang lain. Bedanya, sharecash akan membayar lebih tinggi daripada ziddu, tergantung dari negara asal yang mendownload file nya. Contoh untuk pengunduh dari US, kita akan di gaji $0.40/download. Proses uploadnya pun relatif stabil dan cepat.
 
MyBloop
Fasilitas yang diberikan oleh MyBloop.com adalah pengguna dapat menyimpan file sebanyak-banyaknya, dan hanya membatasi besaran file maksimal 1 GB. File-file yang diupload di sana bersifat publik, jadi memungkinkan pengguna lain untuk menemukannya dengan adanya fasilitas pencarian dan juga pengkategorian file yang diupload: Musics, Playlists, Videos, Pictures, Programs, dan Documents.
 
FileBanker
FileBanker dapat membantu kita mengirim file dengan cepat tanpa spam. Kita tidak akan dipaksa untuk mendaftar atau membayar. Ketika kita harus mengirim sebuah file yang terlalu besar untuk dikirim melalui email, maka FileBanker dapat membantu kita dengan cepat.
 
DropSend
Situs untuk berbagi file yang bagus untuk mengirim dan menerima file besar, kita juga dapat menyimpan file di DropSend. Jasa mereka cepat, sederhana dan aman.
 
2Big2Send
Memungkinkan kita untuk mengirim file besar yang melebihi batas penyedia jasa email. Mereka melakukan hal ini dengan meminta kita meng-upload file sebesar apapun ke server penyimpan mereka lalu kita dapat mengirim email dari sistem mereka dengan sebuah link ke file tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya