Rabu, 17 Oktober 2012


Nostalgia Djakarta Tempo Doeloe (+pics before after)

Salam kaskusers...

Kali ini ane mau share bbrp foto kenangan Djakarta dr jaman 1900an.
Berikut penampakan kota tercinta, J-town, di masa lampau...
Mungkim banyak yg sudah bikin thread n post foto2 jadul, tp di thread ini ane research juga latar belakang sejarahnya supaya bisa memberikan info yang lbh lengkap daripada hanya sekedar foto....dan ane juga post foto jaman sekarangnta untuk perbandingan 

Cekidot nyok


Djakarta Tempo Doeloe

Spoiler for Istana Merdeka



1900an

Istana Merdeka awalnya merupakan kediaman gubernur Batavia. Dibangun pd thn 1870an, pada saat itu diberi nama Istana Rijwijk atau Istana Gouvernor-Generale. Kemudian pada tahun 1949 di gedung ini dikibarkan bendera merah putih dan diubah menjadi Istana Merdeka.


Istana Merdeka sekarang


Spoiler for Stasiun Gambir



Stasiun Gambir di era 1940an
Dibangun pada tahun 1880an, diberi nama Setasiun Gambir. Kemudiaan direnovasi pada tahun 1920-1930an dan dirubah namanya menjadi Setasiun Batavia. Dan setelah kemerdekaan namanya diubah kembali menjadi Stasiun Gambir


Stasiun Gambir sekarang....udah keren


Spoiler for Museum Fatahilah, dahoeloenja Stadhuis (Balai Kota)


Balai Kota di tahun 1900an. Di pelataran depannya dulu tempat eksekusi hukuman gantung.


Sekarang menjadi Museum Fatahilah. Kalau dulu menjadi tempat yang disegani cenderung ditakuti, sekarang jadi tempat wisata  merdeka !!!
Tapi serem jg ya gan, tempat eksekusi mati paling gk ada hawa2 angkernya kali yak.


Spoiler for Museum Seni Rupa, dahoeloenja Palais van Yustitie Batavia


Dibangun pada tahun 1860an, digunakan oleh bangsa Belanda sebagai gedung Dewan Pengadilan.


Sekarang udah jadi Museum Seni Rupa dan Keramik, lokasinya di wilayah Kota Tua


Spoiler for Kali Besar Timur - Barat, a.k.a. Roa Malaka



Pada jaman VOC, di kanan kiri kali besar toean2 VOC yang kaya membangun rumah2 besar dan elite. Kemudian pada thn 1800an daerah itu menjadi daerah perkantoran dan perbankan.




Kali Besar di masa sekarang.
Masih banyak gedung2 tua yg sudah berusia ratusan tahun yang masih berdiri. Ada yang masih digunakan sebagai kantor, bank dan toko. Kl gk salah, salah satu perusahaan asuransi besar kantornya ada di salah satu gedung tua itu d.
Walaupun banyak yang masih dihuni tapi tidak sedikit juga yg hancur dan rusak tidak terawat.
Sebenarnya sayang bgt, coba kl pemerintah Jakarta bs bikin tempat itu jadi deretan cafe n resto, dipinggir sungai gitu, sungainy dibersihin diksh lampu2, kan cantik menarik, bs jd tujuan wisata, kayak Clarke Quay di Singapore gitu.


Spoiler for Pasar Baru, dahoeloenja Passer Baroe



Passar Baroe thn 1910an

Passar Baroe thn 1930an

Tahun 1940an

Passar Baroe di era jaman pendjadjahan. Pasar Baru adalah salah satu pusat perdagangan tertua di Indonesia. Dulunya adalah tempat perbelanjaan yang elite. Pedagang dari berbagai latar belakang meramaikan Passer Baroe.
Btw dr jaman dulu aja udah rame n emang trend parkirnya dipinggir jalan gan hehehehehe smp sekarang


Dua gedung di pojok, msh ada dr jaman dulu (liat foto pertama), hanya sekarang ad gapura.


Pasar Baru hari ini.....SUMPEK 


Spoiler for Pasar Senen


Passer Senen dinthn 1890an

Passer senen thn 1940an....msh ada tram gan



Pasar Senen sekarang....udah gak ada sisa2 bangunan historisnya


Spoiler for Mester, Jatinegara...dahoeloenja Maester Cornelis


Pada thn 1923... Ada tram gan

Mester sekarang....tragis macetnya gan


Spoiler for Kali Ciliwung, Kampung Melayu


Tahun 1900an


Ciliwung sekarang....


Spoiler for Patung Dirgantara Pancoran


Didirikan pada masa G30S PKI, pd thn 1964-1965. Patung yang melambangkan keberanian dan kesatriaan ini dibuat oleh Bung Karno menggunakan dana pribadi yang didapatnya dari hasil menjual mobil pribadi *salut*

patung Pancoran sekarang...di tengah kemacetan Jakarta. Nyaris gak ada yg tahu makna dari patung tersebut, bahkan sering dibuat lelucon dan candaan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

jika agan dan aganwati mau titip komentar atau pesan dipersilahkan ya